BREAKING NEWS
latest

728x90

468x60

Wednesday, August 21, 2013

[Video & Foto] Terkait Mesir dan Foto Hoax

Muslimedianews ~ 1. [Video] tanggapan Dr. Syawki 'Allam Mufti Mesir tentang kejadian terkini di Mesir, 19 Agustus 2013. Haram bagi demonstrari membawa senjata.


2. [Foto] Berkaitan dengan Mesir

Foto disudut kota Mesir . Terdapat tulisan "Obama dukung Teroris" dan foto Morsi disilang.

Tentara Mesir lindungi wanita dan anak-anak yang dijadikan temang hidup dalam demontrasi
Dikabarkan bahwa wanita berkerudung biru adalah salah satu korenponden Al Jazeera
Dilansir oleh pihak pro Pemerintah
Pembantaian di Rafah. http://www.muslimedianews.com/2013/08/sebanyak-25-tentara-mesir-syahid.html
Pembantaian di Rafah oleh teroris
Pembantaian tentara Mesir di Rafah oleh teroris

3. [Foto] Hoax


Dalam caption foto tersebut dikatakan bahwa foto yang di sebelah kanan adalah mayat pendukung Ikhwanul Muslimin yang menjadi korban kekerasan militer Mesir. Keadaan mayat yang dalam kondisi tersenyum dikatakan sebagai bukti bahwa korban tersebut meninggal dalam keadaan syahid sehingga yang didukungnya (Ikwanul Muslimin) adalah pihak yang benar.

Namun, ternyata foto yang di sebelah kanan bukanlah foto korban kekerasan yang ada di Mesir, melainkan foto orang-orang di Malaysia yang sedang melakukan latihan pengurusan jenazah. Gambar tersebut dipublikasi pada Juli 2011. Menurut keterangan rekan saya yang dari Malaysia, disana memang biasa melakukan pelatihan jenazah termasuk diajarkan juga di sekolah-sekolah. Lihat disini http://katie-kesahidopku.blogspot.com/2011/06/assalamualaikum-huk3.html



Sebenarnya baik foto maupun keterangan yang ditulis tidak ada yang salah. Memang benar bahwa pelaku kekerasan tersebut adalah militer mesir, namun yang menjadi masalah adalah karena foto ini dikaitkan dengan peristiwa kerusuhan yang terjadi pada tahun 2013, padahal foto ini diambil dari peristiwa demonstrasi penurunan rezim Mubarak yang dilakukan di Tahrir Square pada tahun 2011.Lihat disini http://www.npr.org/blogs/pictureshow/2011/12/21/144098384/the-girl-in-the-blue-bra


Foto diatas diposting oleh Arida Sahputra yang sebagai ketua DPC PKS Kecamatan Kuta Alam. Dalam postingannya dikatakan bahwa ini adalah polisi (padahal pakaianya jelas Militer, red) yang menolak pembantaian pendukung Mursi sehingga justru mereka lah yang ikut menjadi korban pembantaian.

Namun foto tersebut bukan korban pambantaian militer yang menentang Mursi melainkan korban dari bom bunuh diri oleh Al Qaeda yang terjadi Mei 2012 . Kumpulan fotonya bahkan telah dibuat dalam bentuk video dan diunggah di Youtube diupload 8 Agustus 2012.


Foto diatas juga sudah dimuat pada 5 Juli 2012 di situs http://www.yemenat.net/news23242.html dan sebelumnya sudah di muat di http://www.shamarpress.com/news.php?action=view&id=6105 pada 21 Mei 2012.




4. [Foto] Fanpage mengatas namakan Spotlite - Trans 7 sebarkan foto Hoax.

Foto Hoax

Spotlite - Trans7
Gambar diatas disebutkan sebagai foto di Mesir baru-baru ini. Namun, foto diatas sudah pernah di muat pada tahun 2011 disini http://www.arastiralim.net/ilk/seyyar-saticinin-yedigi-tokar-devrim-baslatti.html atau klik disini.


5. [Foto] Mursyid 'Am Ikhwanul Muslimin Dr. Muhammad Badi' ketika ditangkap. Beritanya baca : Tokoh dan Pengusaha Ikhwanul Muslimin Juga Ditangkap.






Dihimpun oleh Ibnu El Rabassa
Sumber pengungkapan foto Hoax [No. 3] dari http://hankam.kompasiana.com/2013/08/20/kumpulan-foto-hoax-terkait-krisis-di-mesir-2013-582445.html

« PREV
NEXT »

1 comment

  1. Cara fitnah baru. Bikin berita hoax. Kemudian setelah tersebar pura pura baru ditemukan bahwa itu hoax. Tujuannya agar semua orang tidak percaya lagi bila ada berita yg bukan hoax. Maklum mereka sdh dilatih cara agitasi dan propaganda.

    ReplyDelete