BREAKING NEWS
latest

728x90

468x60

Friday, September 27, 2013

LBM NU Jombang : Boleh Menggunakan Kas Masjid Untuk Kegiatan

Muslimedianews ~ Masjid dan Musholla sudah maklum menjadi kegiatan keagamaan sentral di masyarakat. Seringkali kegiatan PHBI seperti perayaan Maulidin Nabi di masjid atau Musholla mengadakan rapat-rapat demi suksesnya acara PHBI yang di peringati. Sering juga kegiatan Maulidin Nabi atau rapat-rapat persiapanya menggunakan dana Kas masjid atau Musholla untuk membiayai kegiatan tersebut.  

Terkait hal itu, dalam hasil keputusan bahtsul masaail LBM NU Jombang yang berlangsung di Pondok Pesantren Tarbiyatun Nasyiin Paculgowang pada hari Ahad 2 Desember 2012 memutuskan kebolehan penggunaan kas masjid atau mushalla untuk kemaslahatan dan masih mempertimbangkan mana yang lebih penting dalam penggunaan kas tersebut.

Keputusan itu salah satunya didasarkan pada yang tercantum dalam kitab Bughyatul Murtasyidin (1/132) karya Syaikh Abdurrahman Ba'alawi,

، ويجوز بل يندب للقيم أن يفعل ما يعتاد في المسجد من قهوة ودخون وغيرهما مما يرغب نحو المصلين ، وإن لم يعتد قبل إذا زاد على عمارته.
"Diperbolehkan bahkan disunnahkan bagi takmir melakukan sesuatu yang biasa dilakukan di masjid, seperti menyediakan kopi, rokok dan sesuatu yang disukai para jama’ah walaupun hal ini tidak dibiasakan sebelumnya apabila uang kas ini sudah melebihi untuk pembangunan masjid" 

Demikian juga dalam kitab Fathul Ilah Al-Mannan (150),

الموقوف على مصالح المساجد كما في مسئلة السؤال يجوز الصرف فيه البناء والتجصيص المحكم وفي أجرة القيم والمعلم والإمام والحصر والدهن وكذا فيما يرغب المصلين من نحو قهوة وبخور يقدم من ذلك الأهم فالأهم وعليه فيجوز الصرف في مسئلة السؤال لما ذكره السائل اذا فضل من عمارته ولم يكن ثم ما هو أهم منه من المصالح
"Barang yang diwakafkan untuk kemaslahatan masjid seperti yang terjadi pada pertanyaan diatas itu boleh di pergunakan untuk membangun, memperkuat masjid dan juga untuk membayar takmir, pengajar, imam, membeli karpet, minyak dan segala sesuatu yang disukai oleh paara jama’ah seperti kopi dan rokok. dalam hal ini juga harus mempertimbangkan mana yang lebih penting".


Redaktur : Ibnu Mansyur
Sumber : NU Jombang
« PREV
NEXT »

No comments