BREAKING NEWS
latest

728x90

468x60

Saturday, October 26, 2013

23 Mahasiswi Afganistan Akan Belajar di Perguruan Tinggi NU di Semarang

23 Mahasiswi Afghanistan di Indonesia
Muslimedianews.com, Jakarta ~ Sebanyak 23 calon mahasiswi Afganistan yang berusia antara 19 – 23 tahun mendapatkan beasiswa penuh dari PBNU untuk belajar di Fakultas Ekonomi, Farmasi, FISIP dan Ilmu Hukum di salah satu perguruan tinggi Nahdlatul Ulama (NU), yaitu Universitas Wahid Hasyim (Unhawas) di Semarang. 

Mereka merupakan perwakilan dari beberapa daerah di Afganistan yang akan menempuh pendidikan di Indonesia selama 4 tahun. Namun, mereka akan mengikuti matrikulasi bahasa Indonesia terlebih dahulu selama 1 tahun.

Mereka tiba di Indonesia pada Selasa (21/10/2013) dan dikenalkan tentang NU, budaya serta bahasa Indonesia.  Pada Jum’at (25/10/2013), mereka disambut dan diberikan pembekalan oleh Sekjen PBNU H Marsudi Syuhud di kantor PBNU. Selain itu, mereka juga disambut langsung oleh Ketua Umum PBNU KH Said Aqil Siroj dan Wakil Ketua Umum PBNU KH As’ad Said Ali, Wakil Sekjen PBNU Abdul Mun'im DZ dan Enceng Shobirin, dan Adnan Anwar, serta Ketua PP LAZISNU KH Masyhuri Malik dan Wakil Ketua PP Lakpesdam Lilis Nurul Husna.

Ketua Umum PBNU KH Said Aqil Siroj mengingatkan bahwa Afganistan mempunyai banyak ulama dan tokoh muslim kaliber dunia, seperti Imam Abu Hanifah, Abu Bakar Al-Baqillani, dan Jamaluddin Al-Afgani.

“Afganistan telah melahirkan banyak sekali ulama yang diikuti oleh umat Islam di seluruh dunia dan insyaallah akan teus lahir generasi ulama dari Afganistan,” kata KH. Said Aqil Siraj saat memberikan pembekalan kepada 23 calon mahasiswi Afganistan di kantor PBNU Jakarta, Jum’at (25/10/2013).

Afganistan juga pernah menjadi pusat perhatian dunia, saat para mujahidnya berhasil mengalahkan Uni Soviet. Kemenangan Afganistan waktu itu telah menggetarkan dunia dan membuat citra umat Islam terangkat. Namun kebesaran Afganistan mulai hilang semenjak negara muslim ini dirundung konflik yang semuanya mengatasnamakan Islam.

Usai menerima pembekalan dari PBNU para calon mahasiswa juga sempat diajak mengunjungi beberapa ruangan di kantor PBNU seperti ruang redaksi NU Online di lantai 5 dan Pojok Gus Dur di lantai dasar.

Sabtu (26/10/2013)  mereka akan berangkat ke Unwahas Semarang. Mereka akan tinggal di asrama dan berbaur dengan mahasiswi NU lainnya.


Redaktur: Ibnu Manshur
Sumber : nu.or.id
« PREV
NEXT »

No comments