BREAKING NEWS
latest

728x90

468x60

Sunday, October 27, 2013

Bongkar Struktur Partai Politik Hizbut Tahrir (HT)

Struktur Hizbut Tahrir Hizb Ut Tahrir
Muslimedianews.com ~ Hizb ut Tahrir (HT / Partai Pembebasan / Party of Liberation / حزب التحرير‎) lahir di Palestina tahun 1953 Masehi, dengan pendirinya Taqi al-Nabhani, seorang Hakim di Haifa. Berdirinya gerakan ini erat kaitannya dengan invasi Israel ke Palestina dan runtuhnya kekhalifahan Turki Utsmani yang tumbang tahun 1924. Awalnya al-Nabhani merupakan pengagum Sayyid Quthb, dan sempat memberikan beberapa kuliah di markas besar Ikhwanul Muslimin di Yerusalem.

Sebelumnya, pada awal tahun 1953, Hizb ut Tahrir pernah mengajukan izin pendirian partai politik kepada Departemen Dalam Negeri Pemerintah Yordania (Jordan), namun pengajuan tersebut ditolak, bahkan HT dilarang di Yordania karena dipandang illegal. Hal ini di ungkap oleh kalangan HT sendiri, seperti Yahya Abdurrahman dalam bukunya "Biografi Singkat Pendiri Hizbut Tahrir Syaikh Taqiyuddin An-Nabhani", dan didalam Al-Wa'ie maret 2005.

Jaringan gerakan Hizb ut Tahrir (HT) bersifat sel rahasia dengan perorganisasian dan pengontrolan yang baik. Tiap sel dikomandani oleh seorang pemimpin dengan 3 atau 7 anggota. Pemimpin sel ini juga memiliki atasan (Pemimpin).

Data anggota hanya dapat diketahui oleh sedikit kolega mereka yang ada di dalam sel, dan hanya pemimpin sel yang mengetahui atasannya. Tingkat kerahasiaan telah membuat intelijen negara kesulitan melakukan penetrasi terhadap geraka HT. Sebagaimana diungkap dalam buku Zeyno Baran, Hizb ut-Tahrir : Islam's Political Insurgency.

Puncak hierarki kepemimpinan ditubuh Hizbut Tahrir adalah seorang amir yang berbasis di Yordania. Dibawah amir terdapat 3 lembaga, yakni badan administrasi, badan mazhalim, dan penanggung jawab pemilihan amir. Badan-badan ini adalah bagian yang paling rahasia dalam organisasi.

Badan administrasi dan amir akan memilih anggota utama dari HT untuk membentuk kiedat (qiyadah), yaitu komite kepemimpinan. Menurut aturan administratif HT, qiyadah bertugas untuk memimpin partai, meng-administrasi, mengawasi, mensupervisi seluruh perkembangan aktifitas partai.

Qiyadah mempunyai hak eksklusif untuk mengamandemen konstitusi partai dan menegakkan kedisiplinan atas penyimpangan anggota. Qiyadah juga mempunyai departemen politik yang akan mengumpulkan informasi atas peristiwa-peristiwa yang terjadi didunia serta model respons yang perlu dilakukan sebagai bimbingan terhadap umat Islam.

Markas Pusat Hizbut Tahrir
Untuk sementara markas besar gerakan Hizbut Tahrir diyakini berada di Yordania, sedangkan markas yang di London (Inggris) bertugas mengawasi seluruh aktifitas di negara-negara muslim. Kepemimpinan HT akan terus berupaya memperhatikan pemimpin-pemimpin cabang nasional HT yang ada di seluruh dunia, serta mengarahkan aksi-aksi mereka dengan menyediakan dana, materi-materi pendidikan dan kebutuhan lainnya.

Qiyadah di London (Inggris) juga memberikan perintah-perintah kepada anggota HT untuk mengadakan demonstrasi anti pemerintah.

Kerahasiaan Hizbut Tahrir
Untuk menjaga tingkat kerahasiaan secara maksimal, tidak ada komunikasi antara sel-sel. Di dalam aturan HT, hanya ada beberapa cara untuk berinteraksi dengan sel yang lebih tinggi, dan sesama sel tidak ada yang selevel. Masing-masing anggota berkomunikasi dengan yang lain menggunakan nama samaran atau suatu nama ketika masuk menjadi anggota.

Jika salah seorang tidak merasa senang dengan musyrif, dia dapat menulis surat dan meminta kepada mushrif untuk mengirimkan kepada tingkat yang lebih tinggi. Tingkat yang lebih tinggi ini akan memberi solusi.

Komite lokal sering turun ke lapangan guna mengawasi halaqah untuk memastikan integrasi ideologi mereka sebagaimana dicetuskan oleh al-Nabhani. Jika salah seorang anggota dicurigai oleh anggota lain, mushrif atau supervisor lain bisa mengadakan halaqah tersendiri bagi individu yang dicurigai tadi. Taktik ini biasanya ditujukan kepada pegawai pemerintah atau militer yang ikut halaqah.

Anggota dan Amir HTI
‘Atha’ Abu ar-Rasytah (عطاء بن خليل أبو الرشتة)
Dengan memperhatikan struktur HT dan tingkat kerahasiaan mereka, maka tidaklah mengherankan jika syabab HTI dikalangan bawah pun tidak mampu menyelami struktural HT secara mendalam. Bahkan sebagian mereka kesulitan untuk sekedar menjawab "dimana markas pusat HT dan dimana keberadaan amir mereka ?". Apalagi jika ia hanya seorang daris (pelajar/murid), sebutan bagi orang yang baru mengenal HT dan belum resmi menjadi anggota HT.

Disebabkan ketidak tahuan lokasi amir mereka, sebagian mushrif HT terkadang mengatakan bahwa amir HT memang sengaja disembunyikan dan tidak diketahui lokasinya. Alasannya karena khawatir di bunuh oleh pihak tertentu. Selain tidak berdasar, alasan tersebut juga memberikan kesan bahwa amir HT hanyalah sebagai boneka semata yang dikendalikan oleh pihak tertentu dan baru dimunculkan ketika sudah meninggal dunia seraya diiringi dengan menampilkan prestasi-prestasi yang kemudian banyak dinisbatkan kepadanya.

Selain keberadaan lokasi amir HT yang samar, penampakan (foto) amir HT pun tidak jelas, kecuali amir mereka yang sudah meninggal seperti Taqi an-Nabhani, pendiri sekaligus amir HT yang pertama, dan Abdul Qadim bin Yusuf bin Abdul Qadim bin Yunus bin Ibrahim atau dikenal dengan Abdul Qadir Zallum (1924-2003), amir HT yang ke dua. Adapun yang amir HT yang ke-3, 'Atha bin Khalil bin Ahmad bin Abdul Qadir al-Khathib Abu ar-Rasytah (عطاء بن خليل أبو الرشتة) menjadi amir mereka sejak tahun 2003 lalu masih samar, meskipun telah tersebar foto yang dianggap sebagai amir HT ke-3. Atha’ Abu Rasytah sendiri merupakan lulusan Fakultas Teknik. Al-Wasith fi Hisab al-Kamiyat wa Muraqabah al-Mabani wa ath-Thuruq (Metode Penghitungan Kuantitatif serta Kawalan Bangunan dan Jalan) adalah salah satu karya di bidangnya. (*)



Penulis : Ibnu Manshur
Sumber : Membongkar Proyek Khilafah ala HTI, Hizb ut-Tahrir : Islam's Political Insurgency dan lain-lain. Foto (Amir HT ke-3) : Katagogi.com. Struktur HT (Klik Disini)

Related Links : 



« PREV
NEXT »

4 comments

  1. Fatimah Az-Zahra27 October 2013 at 17:21

    lebih tepat diartikan Partai Pembebasan

    ReplyDelete
  2. Wiman Sumaga Rekapermana10 November 2013 at 14:08

    Tidaklah sempurna keimanan seorang muslim, sampai ia mencintai saudaranya bagaikan mencintai dirinya sendiri. Saudaraku.. semoga Allah menyatukan anda dengan saudara saudara muslim lainnya, dalam indahnya Islam, saat islam diterapkan secara kaffah, saat islam menaungi bumi dan seisinya dengan khilafah. Yang menyatukan kaum muslim, bukanlah HTI, PPP, PKS, negeri arab, negeri amerika, negeri malaysia, tapi yang akan menyatukan kita adalah pertolongan Allah melalui khekhilafahan yang semoga tegak di tengah tengah kita. Semoga Allah membimbing mu dan kita sekalian. aamiin..............

    ReplyDelete
  3. JUDULNYA BONGKAR.APANYA YG DI BONGKAR

    ReplyDelete
  4. Alhamdulillah, Hizbut Tahrir, Ustad2nya, telah mengajari aku mengaji dan mengkaji Kitab Suci Alqur'an.

    ReplyDelete