BREAKING NEWS
latest

728x90

468x60

Saturday, October 05, 2013

Firanda Andirja (Ustadz Wahhabi) Nyatakan Siap Dialog dengan Ustadz Aswaja

Firanda Andirja, MAMuslimedianews ~ Beredar sebuah screenshoot kolom komentar facebook terkait perkataan salah seorang ustadz Wahhabi bernama Firanda Andirja, MA yang menyatakan kesiapannya berdialog (berdebat) dengan salah seorang ustadz Aswaja bernama Ust Muhammad Idrus Ramli.

Dalam screetshoot tersebut Firanda mengaku sudah lama menunggu tantangan debat Ust. Muhammad Idrus Ramli meskipun tantangan debat tersebut tidak pernah sampai kepadanya.

"Ana menunggu kabar dari Idrus Ramli. Sudah lama ana menunggu tantangan debatnya, cuma tantangan beliau tidak pernah sampai ke ana" tulis alumni Fakultas Hadits Islamic University of Madinah tersebut.

Ia juga mengaku sudah mengirim pesan kepada Ust. Idrus Ramli saat ditanya lebih lanjut mengenai hal tersebut oleh salah seorang komentator lainnya di facebook .. 

"Saya sudah kirim pesan ke Idrus ramli sebagai berikut : Assalamu'alaikum, tersebar berita di internet bahwa antum mengajak ana berdebat. Ana sangat siap dan menunggu tantangan tersebut". tulis narasumber Radio Rodja dan Rodja TV tersebut.

Belum dapat dipastikan apakah benar ada tantangan dari Ust Muhammad Idrus Ramli ataukah tidak. Diakun jejaring sosial facebook pribadi Ust Idrus Ramli maupun di fanpagenya belum ada konfirmasi mengenai hal ini.

Abu Abdil Muhsin Firanda Andirja, MA, Lc. merupakan ustadz Wahhabi kelahiran Sorong Papua. Ia menempuh pendidikan S1 di Fakultas Hadits Islamic University of Madinah, S2 mengambil Fakultas Dakwah Jurusan Aqidah. Progam S3 tetap pada jurusan yang sama dengan tesis Ajwibah Syaikhil Islam bni Taimiyyah 'an al-Syubhaati al-Tafshiliyyah lil-Mu'aththilah fi al-Shifaati al-Dzatiyyah.

Dikalangan salafy-wahhabi sendiri, Firanda banyak mendapatkan pujian dan sangat di eluh-eluhkan. Namun sayang dari kalangan salafy-wahhabi juga ia mendapatkan 'gelar' Al Kadzdzab (Sang Pendusta), fajir dan jahat.

Gelar "al-Kadzdzab" yang disandang Firanda Andirja bukan ia peroleh dari kalangan ustadz Wahhabi di Indonesia namun dari salah seorang 'ulama besar' di Madinah yang bernama Syaikh Abdullah bin Abdirrahim Al-Bukhari.

Syaikh tersebut berkata didalam fatwanya sebagaimana dimuat disitus wahhabi Balikpapan Kaltim (www.salafybpp.com) : "Termasuk orang yang paling fajir diantara mereka (ahli fitnah). paling buruk dan pendusta sekarang ini adalah si jahat yang dikenal dengan nama Firanda yang berasal dari Indonesia."

Didalam situs asuhan Ust Abu Karimah Askari bin Jamal tersebut bahkan dikatakan bahwa gelar itu layak bagi Firanda. "Gelar “kadzdzab” (gemar berdusta) yang disematkan oleh salah seorang ulama besar di Madinah Asy-Syaikh Abdullah bin Abdirrahim Al-Bukhari Hafizhahullah kepada seorang pelajar di Madinah yang bernama Firanda Andirja memang merupakan gelar yang layak disandangnya. "

Hal itu juga dimuat dalam situs Wahhabi lainnya seperti darussalaf.or.id asuhan Ust Muhammad Ar Rifai yang berlokasi di Bontang Kalimantan Timur.

Adapun Ust Muhammad Idrus Ramli merupakan salah seorang ustadz Aswaja-NU kelahiran Jember Jawa Timur yang telah lama malang melintang didunia perdebatan ilmiah, mulai dari kalangan Wahhabi, liberal hingga Hizbut Tahrir Indonesia (HTI).

Ia juga aktif menjadi narasumber sejumlah kegiatan Aswaja dan sangat produktif menulis buku-buku keislaman berbasis Ahlussunnah wal Jama'ah, diantaranya : Benarkah Tahlilan dan Kenduri Haram?, Kiai NU atau Wahabi yang Sesat Tanpa Sadar?, Jurus Ampuh Membungkam HTI, Hizbut Tahrir dalam Sorotan, Bekal Pembela Ahlussunnah wal Jama'ah Menghadapi Radikalisme Salafi-Wahhabi, Buku Pintar Berdebat Dengan Wahabi, Madzhab Al-Asy'ari- Benarkah Ahlussunnah wal Jama'ah? Jawaban Terhadap Aliran Salafi, dan lain sebagainya.

Sebelumnya, Ust Muhammad Idrus Ramli pernah terlibat saling bantah argumen dengan Firanda Andirja MA sebagaimana dimuat di fanpagenya https://www.facebook.com/MuhammadIdrusRamli. Profil lengkap Ustadz Muhammad Idrus Ramli dapat dibaca disitus pribadinya yang beralamat di  http://www.idrusramli.com/profil/ .



Penulis : Ibnu Manshur

Ustadz Abu Abdil Muhsin Firanda Andirja MA

« PREV
NEXT »

17 comments

  1. Benarkah Ustd firanda Masalah Al kadzab?

    ReplyDelete
  2. Kalau seandainya beliau Al kadzab tidak mungkin beliau menjadi pengisi Kajian di Masjid Nabawi....

    ReplyDelete
  3. bos.. saran ana nih.. datangi Syaikh Abdullah bin Abdirrahim Al-Bukhari. rekam pernyataannya mengenai Ustd.Firanda dan tampilkan di youtube.. atau dimedia apa kek.. tapi jelas seterang matahari.. situ kan musuh banget nih sama ustd.ini.. jadikan deh peluru ente buat "bunuh" saudara ente.. kalo cuma kayak beginian info-nya.. apa yang mesti dicermati dan di pelajari. ana ke link yg disarankan juga cuma begitu isinya.. ngga informatif dan cenderung provokatif dan cenderung fitnah.. ayolah gentle.. jangan pecundang kayak gini..

    ReplyDelete
  4. Heemmmmh,..sebagai orang awam sya semakin bingung,...mengapa uamat islam seperti ini .Pada dasrnya semuanya bertujuan untuk mendekatkan diri kpd yang Maha Kuasa.Tpi anehnya meski sudah punya pedoman dan panutan yg sama ,namun dlm praktek kehidupan beribadah tiap induvidu memiliki pemahaman yg saling bertentangan dn perdebatan yg tdk pernah ada ujung pangkalnya,...aaahhh,.. Innallooha 'alaa kulli syai'in qodiir

    ReplyDelete
  5. Subhanallah.. sungguh luar biasa keji fitnahnya thd ust. Firanda.. smoga Allah sll melindungi ust. Firanda.. aamiin

    ReplyDelete
  6. Subhanallah.. sungguh luar biasa keji fitnahnya thd ust. Firanda.. smoga Allah sll melindungi ust. Firanda.. aamiin

    ReplyDelete
  7. itu fitnah, akun tersbt akun klonengan yg di buat sm persis dg nama ust. firanda,,

    ReplyDelete
  8. Tabayyun dulu mas....ini situs kayanya mencurigakan ya....

    ReplyDelete
  9. Abdullah (wahabi,Pengikut sunn30 December 2014 at 13:13

    selama yang saya ketahui duduk di kajian,mendengarkan ceramah langsung
    mapun lewat media atau baca artikel www.firanda.com beliau adalah orang
    baik.berdakwah mengikuti para ulama salafush shalih ...para
    shahabat,tabi'in, tabiut-tabi'in dst....Memerangi orang2 sesat,syirik,
    bid'ah dan....dengan cara ilmah. Dan hanya orang sesat yang tidak suka
    dengan dakwah TAUHID. Ya Allah lindungilah orang yang menolong
    agamaMU.Amin

    ReplyDelete
  10. Abu Fikri Faisal2 February 2015 at 22:42

    Kalo NU beneran gak akan serampangan kaya gini, menghakimi saudara Muslimnya. Taqiah dan kelompok Munafik pada zaman Nabi dan sahabat banyak. Apalagi zaman sekarang. Syiah gentayangan dimana mana. Hati2 saudaraku, dgn hembusan aroma busuk ini.

    ReplyDelete
  11. Saya jg heran...sewaktu ibadah haji..ikut kajian beliau...di Mesjid Nabawi...bukankah tdk sembarang orang yg bisa berdakwah di dlm mesjid itu...apalagi kl dipandang pendusta/jahat yg berasal dr buku karangannya...tentunya termonitor oleh KSA....dan pasti dilarang keras berdakwah....mohon jgn saling mencaci maki...krn semua akan dipertanggungjawabkan...kebaikan hanya membawa kebaikan...keburukan hanya membawa keburukan...marilah berdakwah untuk kebaikan....

    ReplyDelete
  12. ahlussunnah adalah yang berpegang pada alquran, hadits dan ijma, sahabat, siapun itu...tidak perlu bangga anda organisasi ini, itu, buktikan anda mengikuti Allah, rosul dan sahabat yang mulia, Yang tidak mengikutinya berarti menyimpang dan jauh dari islam yang sebenarnya

    ReplyDelete
  13. Semua sudah terbukti

    ReplyDelete
  14. di sana ustad kayak firanda banyak pak..prend sama prend ya g mungkin dilarang..aneh apa kalian pura2 ga tau

    ReplyDelete
  15. wal jamaah berarti berjamaah/mayoritas, maka berdasar alquran dan hadist juga memiliki sanad ilmu yang benar hingga kepada rasulullah melalui pewarisnya yaitu ulama2.. ulama di bagi 2, ulama dunia dan ulama akhirat
    satu hal yang pasti dan tak mungkin, jumhur ulama / mayoritas ulama tak akan pernah bersepakat pada kesesatan
    cari ulama yang bermadzhab, maka insya allah keilmuan yang benar yang didapat

    ReplyDelete
  16. harus liat pucuk kali, pergerakan ini baru muncul abad 18
    hati2 dengan kata2 orang sesat, syirik, bid'ah
    kalian (wahabi) bisa jaya sekarang ini karena dsokong om saud sebagai penguasa dan wahabiyun dijadikan madzhab resmi, jangan lupa tanah saudi arabia itu adalah hibah dari inggris setelah runtuhnya utsmaniyah.
    kalian membuat banyak simbol illuminati di arab saudi, tinggal nunggu keluarnya pemimpin kalian yaitu DAJJAL
    ingat, islam itu akan balik ke zaman keterasingannya, saat kalian (WAHABI) menguasai tanah saudi dan dipimpin DAJJAL, hanya tinggal menunggu kalian (WAHABI) diserang AL MAHDI

    ReplyDelete
  17. ah bapak pura2 polos, mereka didukung pemerintah arab saudi
    keburukan sudah menjadi kebaikan di mata pemerintah, kebaikan sudah menjadi keburukan di mata pemerintah
    liat TKI atau TKW deh ga usah liat agama dulu, menurut anda bagaimana hukumnya???

    ReplyDelete