BREAKING NEWS
latest

728x90

468x60

Friday, March 14, 2014

Banyak Hadits yang Membatasi Hadits 'Kullu Bid'ah Dlolalah'

Muslimedianews.com ~ "Bid'ah Dalam Islam, Kajian Konprehensif Ulama Ahli Hadits", demikian tema sebuah kajian ilmiah dalam program "Hujjah Aswaja" di TV9 yang menghadirkan dua narasumber ustadz muda Aswaja yaitu Ust. Muhammad Ma'ruf Khozin (Wakil Katib PCNU Surabaya) dan Ust. Imron Rosyidi yang populer dengan nama pena "Ust. Ibnu Abdillah Al Katibiy" penulis buku "Rekam Jejak Radikalisme Wahhabi".

Rekaman video dapat di saksikan via Youtube : Kajian Singkat Bid'ah. Meskipun bahasan dalam video tersebut sangat singkat karena dibatasi oleh waktu tapi ulasan kedua narasumber sudah cukup untuk menambah wawasan seputar bid'ah dalam Islam.

Berikut sedikit cuplikan ulasan dalam video tersebut :

(Ust.Ibnu Abdillah Al Katibi) : "Jika kita mau mengkaji lebih dalam pendapat ulama ahlussunnah ataupun ulama ahli hadits, maka bid'ah hasanah itu sudah ada sejak zaman salafush shaleh"

"...bid'ah hasanah dalil-dalilnya berasal dari al-Qur'an maupun hadits, akan tetapi bid'ah hasanah oleh sebagian saudara kita disalah pahami, mereka mengambil dalil-dalil hadits secara tidak menyeluruh, misal hadits "Kullu bid'atin dlolalah..." meskipun berdasarkan hadits secara umum segala bid'ah itu sesat, akan tetapi kita juga perlu mengkaji hadits-hadits yang terkait dengan hadits ini, banyak hadits-hadits shahih yang mentakhshish / membatasi hadits "kullu bid'atin dlolalah", dari sini kemudian dipahami bahwa setiap perkara baru tidaklah sesat, akan tetapi ada perkara baru yang dilegalitas oleh al-Qur'an dan al-Sunnah, ...



Lebih lengkapnya, simak video berikut :
)

Oleh : Ibnu Manshur
« PREV
NEXT »

No comments