Top News :
Home » » Antara Rezim Taliban dan Khilafah IS

Antara Rezim Taliban dan Khilafah IS

Posted on Saturday, 9 May 2015 | garis 00:12

Muslimedianews.com ~ Sebentar lagi bulan Ramadhan, jika IS (ISIS) mampu bertahan hingga bulan tersebut maka genap 1 tahun Khilafahnya berdiri.

Saat IS mendeklarasikan Khilafah tidak sedikit yang memprediksinya tak akan bertahan lama, seperti Taliban yang pernah berkuasa di Afghanistan. Rezim Taliban berkuasa sekitar 5 tahunan dan mendapat pengakuan dari negara Pakistan, Uni Emirat Arab dan Arab Saudi setelah akhirnya diinvasi oleh Amerika dan sekutunya dengan alasan memburu Osama bin Laden atas dakwaan serangan teror 11 September. Taliban juga berafiliasi dengan Al Qaeda.


Ada kesamaan antara negara Afghanistan ketika dipegang Taliban dan IS yg memegang sebagian besar wilayah Suriah & Irak, yakni menerapkan doktrin agama secara brutal dan terbelakang, mengharamkan seni, musik dan juga memusnahkan situs-situs peradaban dunia. Taliban menghancurkan patung raksasa Buddha Bumiyan yang dipahat menyatu dengan gunung. Taliban butuh seminggu lebih menghancurkan warisan berharga ini. Taliban & IS sama-sama berangkat dan tumbuh kembang di negara yang gagal, negara yg dirundung perang saudara, lemahnya pemerintahan, carut marutnya elit negara berebut kekuasaan.

Namun ada perbedaan antara Taliban dan IS dalam mengelola negara khayalannya, Taliban melarang penduduknya menonton televisi dan mendengarkan radio. Mungkin juga kalau pada masa itu ada facebook, Twitter atau YouTube juga bakal mereka haramkan. IS justru sebaliknya, IS justru memanfaatkan media televisi, radio untuk menancapkan pengaruhnya. Di dunia maya IS mendominasi propaganda karena semua lini media sosial difungsikan, video-video durasi pendek dan panjang dirilis resmi dengan kualitas gambar standar film layar lebar, dengan pilihan aneka bahasa, termasuk bahasa Indonesia. Meskipun sama berlatar kaum ekstrimis, antara Taliban dan IS ada rivalitas, pengaruh IS mulai memasuki Afghanistan dan menggerogoti jumlah anggota muda Taliban.

Rezim Taliban memang berhasil digulingkan pada awal tahun 2000-an tapi bukan berarti Taliban sudah tamat, Taliban kini menjadi pemberontak yang terus menebarkan teror di Afghanistan. Amerika telah 14 tahun lamanya memerangi Taliban yang berpusat di Afghanistan dan tak ada tanda-tanda berakhirnya kekuatan Taliban, malahan muncul Taliban Pakistan pada tahun 2007. Bagaimana dengan IS yang kini pengaruhnya tak hanya di Irak atau Suriah tapi sudah menjangkau Libya, Nigeria dan Yaman. Butuh waktu berapa puluh tahun memerangi kelompok ini?

Oleh : Iqbal Kholidi

Share this post
:
Comments
0 Comments

Post a Comment

 
Konten boleh dicopy dan disebarkan untuk dakwah | Cantumkan www.muslimedianews.com
Copyright © 2013-2014. Muslimedia News - Media Islam | Voice of Muslim - All Rights Reserved
RSS | Sitemap | MMN dan Redaksi | Disclaimer | Contact | Iklan
Support IT : MK | JT | MT and IT Muslimedia News