Top News :
Home » » Bertemu Menag, Dubes Amerika Apresiasi Indonesia Soal Rohingya

Bertemu Menag, Dubes Amerika Apresiasi Indonesia Soal Rohingya

Posted on Thursday, 21 May 2015 | garis 23:43

Jakarta, Muslimedianews.com ~  Indonesia telah menerima eksodus ribuan pengungsi Rohingya ke Tanah Air. Lebih dari 1.300 pengungsi berdiam diri di sejumlah wilayah di Indonesia. Bahkan, tak hanya Rohingya, pemerintah Indonesia juga hingga Maret 2015 juga telah menampung sekitar 11.941 pengungsi dari sejumlah negara lainnya.

Pemerintah Amerika Serikat mengapresiasi langkah Pemerintah Indonesia yang menampung untuk sementara ribuan pengungsi Rohingya yang terdampar di lautan. “Atas nama Pemerintah Amerika Serikat, kami mengapresiasi langkah-langkah yang diambil oleh Pemerintah Indonesia yang berkenan menyediakan tempat penampungan bagi ribuan pengungsi Rohingya,” terang Duta Besar Amerika Serikat (AS) untuk Indonesia, Robert O Blake saat berkunjung ke kantor Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin, Jakarta, Kamis (21/5). Ikut mendampingi Menag, Kepala Balitbang dan Diklat, Abdurrahman Mas’ud, Karo Hukum dan KLN, Gunaryo, serta Kabag Kerja Sama Luar Negeri Kemenag, Agus Sholeh.

Kepada Menag, O Blake bahkan menyampaikan keinginannya untuk ikut membantu Indonesia dalam menangani masalah pengungsi Rohingya. “Jika diizinkan, kami berkeinginan untuk ikut membantu dengan menanggung sebagian biaya yang telah dan akan dikeluarkan, hingga mereka mendapatkan tempat, dan ini bisa bekerja sama dengan UNHCR,” jelasnya.

Atas keinginan baik AS, Menag mengucapkan terima kasih. Menurutnya, permasalahan Rohingya memang bukan masalah yang sederhana. “Apa yang kami lakukan, adalah tentang kemanusiaan. Kita harus mencari akar masalah pengungsi Rohingya, dengan melibatkan Myanmar dan Bangladesh. Kami juga sangat terbatas. Kami sangat berterima kasih, jika Pemerintah AS berkenan memberikan masukan dan pendapat juga. Selain juga bantuan riil dari PBB agar para pengungsi ini, bisa kembali ke tempat asal atau hidup secara layak,” harap Menag.

Blake mengaku pemerintahnya sedang mencari jalan keluar, apakah ada kemungkinan menempatkan para pengungsi Rohingya tersebut di negara-negara anggota OKI. (gpenk/mkd/mkd)

sumber Kemenag

Share this post
:
Comments
0 Comments

Post a Comment

 
Konten boleh dicopy dan disebarkan untuk dakwah | Cantumkan www.muslimedianews.com
Copyright © 2013-2014. Muslimedia News - Media Islam | Voice of Muslim - All Rights Reserved
RSS | Sitemap | MMN dan Redaksi | Disclaimer | Contact | Iklan
Support IT : MK | JT | MT and IT Muslimedia News