Top News :
Home » » Ketahuilah Shalat adalah Solusi Masalah Kehidupan

Ketahuilah Shalat adalah Solusi Masalah Kehidupan

Posted on Saturday, 16 May 2015 | garis 05:57

Muslimedianews.com ~ Isra' dan Mi'raj tidak terjadi begitu saja, tapi ada sebab dan latarbelakangnya. 

Sebelum Nabi Muhammad Saw Isra' atau diperjalan oleh Allah Subhanahu wa ta'alaa telah mengalami beberapa cobaan berat, yakni wafatnya Abu Talib -paman Nabi- yang selalu menjaga Rasulullah, wafatnya Khadijah -istri Nabi- yang banyak membantu dakwah Nabi, dan hijrah Nabi yang ditolak oleh masyarakat Thaif.

Dari akumulasi persoalan bagi Nabi ini, Allah memberi mukjizat salat fardhu 5 waktu. Problematika hidup kita tidak seberat ujian para Nabi. Jika saat ini banyak masalah yang belum terselesaikan, musibah silih berganti, bisa jadi kita kurang menjaga salat kita.

al-Hafidz Imam Ibnu Katsir meriwayatkan melalui Ibnu Abi Hatim:

ﻭﻗﺎﻝ اﺑﻦ ﺃﺑﻲ ﺣﺎﺗﻢ: ﺣﺪﺛﻨﺎ ﺃﺑﻲ، ﺣﺪﺛﻨﺎ ﻋﺒﺪ اﻟﻠﻪ ﺑﻦ ﺃﺑﻲ ﺯﻳﺎﺩ اﻟﻘﻄﻮاﻧﻲ، ﺣﺪﺛﻨﺎ ﺳﻴﺎﺭ، ﺣﺪﺛﻨﺎ ﺟﻌﻔﺮ، ﻋﻦ ﺛﺎﺑﺖ ﻗﺎﻝ: ﻛﺎﻥ اﻟﻨﺒﻲ ﺻﻠﻰ اﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ ﺇﺫا ﺃﺻﺎﺑﻪ ﺧﺼﺎﺻﺔ ﻧﺎﺩﻯ ﺃﻫﻠﻪ: " ﻳﺎ ﺃﻫﻼﻩ، ﺻﻠﻮا، ﺻﻠﻮا ". ﻗﺎﻝ ﺛﺎﺑﺖ: ﻭﻛﺎﻧﺖ اﻷﻧﺒﻴﺎء ﺇﺫا ﻧﺰﻝ ﺑﻬﻢ ﺃﻣﺮ ﻓﺰﻋﻮا ﺇﻟﻰ اﻟﺼﻼﺓ.

"Jika Nabi mendapatkan kesulitan maka Nabi berseru: Wahai keluargaku, salatlah, salatlah". Tsabit berkata: "Jika para Nabi mendapat masalah, maka bergegas melakukan salat" (Tafsir Ibnu Katsir)

****
Untuk itu, hendaknya sebagai muslim selalu menjaga shalat fardlu 5 waktu sudah menjadi kewajiban baginya. Selain itu, laksanakan pula shalat-shalat sunnah yang memungkin untuk dilakukan seperti shalat rawatib, shalat tahajjud, shalat dhuha, shalat sunnah mutlaq, shalat taubat, shalat tasbih, shalat hajat, dan sebagainya.

Ketahuilah, begitu pentingnya shalat dalam Islam, hingga perintah shalat diberikan oleh Allah SWT dengan cara yang khusus. Bila zakat, puasa, haji dan sebagainya diperintahkan oleh Allah dengan turunnya, sebaliknya perintah shalat diberikan dengan memanggil langsung Nabi Muhammad Saw.

Shalat merupakan ibadah yang pertama kali akan dihisab oleh Allah, sehingga menjadi kunci utama bagi ibadah-ibadah lainnya.

إِنَّ أَوَّلَ مَا يُحَاسَبُ بِهِ العَبْدُ يَوْمَ القِيَامَةِ مِنْ عَمَلِهِ صَلَاتُهُ فَإِنْ صَلَحَتْ فَقَدْ أَفْلَحَ وَأَنْجَحَ وَإِنْ فَسَدَتْ فَقَدْ خَابَ وَخَسَرَ

"Sesungguhnya amal seseorang yang pertama kali akan dihisab kelak pada hari kiamat adalah shalatnya. Apabila shalatnya baik, maka sunggua dia akan mendapatkan keberuntungan dan keselamatan, tetapi apabila shalatnya rusak, dia akan menyesal dan merugi". (HR. Abu Daud)

Dan ketahuilah, shalat merupakan suatu kewajiban yang diperintahkan oleh Allah tanpa perantara malaikat Jibril ‘alaihis salam, berbeda dengan ibadah-ibadah lainnya. Tetapi Nabi Muhammad shallallahu ‘alayhi wa sallam sendiri yang langsung mendapatkan perintah shalat dari Allah SWT ketika beliau melakukan Isra’ dan Mi’raj.
Oleh : Ust. Ma'ruf Khozin & Ibnu L' Rabassa

Share this post
:
Comments
0 Comments

Post a Comment

 
Konten boleh dicopy dan disebarkan untuk dakwah | Cantumkan www.muslimedianews.com
Copyright © 2013-2014. Muslimedia News - Media Islam | Voice of Muslim - All Rights Reserved
RSS | Sitemap | MMN dan Redaksi | Disclaimer | Contact | Iklan
Support IT : MK | JT | MT and IT Muslimedia News