Top News :
Home » » Masuknya Islam ke Nusantara menurut Teori Persia dan Tiongkok

Masuknya Islam ke Nusantara menurut Teori Persia dan Tiongkok

Posted on Monday, 18 May 2015 | garis 07:10

Muslimedianews.com ~ 1. Teori Persia menyatakan bahwa Islam datang ke Nusantara karean adanya beberapa unsur budaya yang hampir mirip dengan Persia.

2. Kemiripan unsur kebudayaan Perisa-Nusantara tersebut menurut sebagian pakar antropologi lebih condong kepada kebudayaan Syiah.

3. Menurut Hoesein Djajadiningrat yang melakukan analisis terhadap sufisme Persia dengan beberapa ajaran mistik Islam Nusantara...

3. Menurut Hoesein Djajadiningrat yang melakukan analisis terhadap sufisme Persia dengan beberapa ajaran mistik Islam Nusantara...


5. al-Hallaj sendiri merupakan salah satu tokoh sufi berpengaruh di Persia, yang akhirnya dieksekusi karena ajarannya yg dianggap menyimpang

6. Selain kesimpulan persamaan ajaran Manunggaling kaula gusti dan Wahdat al-Wujud tersebut, ada kesimpulan lain yang melatarbelakanginya.

7. Yaitu penggunaan Istilah Persia dalam sistem ejaan huruf Arab, terutama untuk tanda2 bunyi harakat al-Qur'an.

8. Bunyi tanda2 harakat tersebut adalah Jabar untuk Fathah, Jeer pada Kasrah dan Pyes pada Dhammah.

9. Dalam hal ini, admin sendiri dahulu sering memakai istilah ini saat belajar membaca al-Qur’an pada kyai kampung di Madura.

10. Kesimpulan selanjutnya adalah peringatan Asyura pada tgl 10 Muharram yg diperingati oleh Syiah sebagai wafatnya Husein bin Ali.

11. Peringatan 10 Muharram ini, di Jawa ditandai dengan pembuatan bubur Asyura, di Minangkabau bulan Muharram disebut bulan Hasa-Husein.

12. Di Sumatera Tengah dan Barat ada upacara Tabut, yaitu mengarak Keranda Husain untuk dilempar ke dalam sungai atau laut.

13. Sedangkan Tabut sendiri berasal dari B. Arab yang berarti kotak, yg di dlm al-Qur'an istilah ini dinyatakan sebagai pusaka Bani Israel.

13. karena itu, dri persamaan2 kebudayaan antara Persia-Nusantara inilah kemudian para pakar melahirkan sbuah teori yg dikenal Teori Persia.

14. Selanjutnya di samping Teori Persia yg telah admin bahas, ada teori lain yg tidak kalah pentingnya dalam penyebaran Islam di Nusantara.

15. Yaitu Teori China, di mana peran orang China terhadap Islamisasi di Nusantara sangat banyak.

16. Hal ini diketahui dengan banyaknya unsur kebudayaan China dlm kaitannya dengan beberapa unsur kebudayaan Islam di Nusantara.

17. Teori China ini dipaparkan oleh H.J. de Graaf dlm sebuah buku Catatan Tahunan Melayu yg memperlihatkan peran orang China dlm Islamisasi.

18. H.J. de Graaf memaparkan tokoh2 besar semisal Sunan Ampel atau Bong Swi Ho dan Raden Fatah atau Jin Bun merupakan keturunan China.

19. Paparan H.J. de Graaf terkait Teori China ini mendapat dukungan penuh dari Sejarawan Indonesia, yaitu Slamet Muljana.

20. Dalam bukunya yg berjudul "Runtuhnya Kerajaan Hindu Jawa dan Timbulnya Negara2 Islam di Nusantara" ia banyak mengurai peran orang China.

22. Denys Lombar dalam bukunya juga mengurai besarnya pengaruh China dlm aspek kehidupan Bangsa Indonesia seperti makanan, bahasa, dan seni.

21. Terutama dlm pendirian kerajaan2 Islam di Nusantara. Salah satu bukti yg paling mencolok adlh berdirinya Masjid Laksamana Cheng ho.

23. Buku Denys Lomber yang admin maksud adalah "Nusa Jawa; Silang Budaya".

24. Sekian paparan teori Persia dan China. Dengan ini maka paparan keempat teori Masuknya Islam di Nusantara telah purna. Semoga Bermanfaat!

@KajianNusantara http://chirpstory.com/li/266592


Share this post
:
Comments
0 Comments

Post a Comment

 
Konten boleh dicopy dan disebarkan untuk dakwah | Cantumkan www.muslimedianews.com
Copyright © 2013-2014. Muslimedia News - Media Islam | Voice of Muslim - All Rights Reserved
RSS | Sitemap | MMN dan Redaksi | Disclaimer | Contact | Iklan
Support IT : MK | JT | MT and IT Muslimedia News