Top News :
Home » , » Teori Arab tentang Masuknya Islam ke Nusantara

Teori Arab tentang Masuknya Islam ke Nusantara

Posted on Friday, 15 May 2015 | garis 12:00

Muslimedianews.com ~ Kemaren malam kita telah membahas teori masuknya Islam ke Nusantara lewat India. Insya Allah malam ini kita akan membahasa Teori Arab. (Baca: Islamisasi di Nusantara dan Terbentuknya Masyarakat)

Teori Arab yang melatarbelakangi masuknya Islam di Nusantara. Bismillah Kita mulai pengajian kita.

Teori Arab mengenai masuknya Islam di Nusantara pertama kali diperkenalkan oleh Crawfurd yang kemudian didukung sepenuhnya oleh Keyzer.

Menurut Keyzer, persamaan madzhab syafii yg dianut oleh sebagian besar penduduk Nusantara dengan penduduk Mesir, maka kemungkinan besar...

Islam di Kawasan Nusantara berasal dari Mesir. Pendapat Keyzer ini diperkuat oleh Niemann dan de Hollander dengan beberapa revisi.


Menurut kedua pakar tersebut, tidak hanya Mesir saja yang mejadi negara yg menyebarkan Islam di Nusantara. Akan tetapi Hadramaut Yaman.

Karena kebiasaan orang Arab pada waktu menyebarkan dakwah islam di Nusantara adalah dengan metode perkawinan campur dengan penduduk lokal.

Klaim ini diperkuat oleh data hasil penelitian yang dilakukan oleh PJ. Veth, ia menyatakan: Islam sukses masuk di Nusantara krn perkawinan.

Sedikit menambahi yang dimaksud perkawinan di sini bukan kawin kontrak yang seringkali dilakukan oleh orang arab di kawasan puncak Bogor.

Rupanya teori arab ini mendapat dukungan penuh dari pakar sejarah dari Indonesia sendiri. Hal tersebut diperkuat dengan hasil seminar...

diskusi yang diadakan tahun 1963 dan tahun 1978 menyimpulkan bahwa Islam datang ke Indonesia dari Arab bukan dari India.

Prof. Uka Tjandrasasmita pakar sejarah dan arkeologi Islam menduga bahwa Islam datang ke Indonesia pd abad ke 7 atau 8 M.

Menurutnya, pada abad ini dimungkinkan orang2 Islam dari Arab dan Persia sdh banyak melakukan hubungan perdagangan dengan pendudk lokal.

Masih menurut prof. Uka, kemajuan pelayaran saat itu dimungkinkan adanya persaingan dagang antara kerajaan Bani Umayyah dan Sriwijaya.

Sehingga dengan demikian, Islam dibawa oleh pedagang arab dan diperkenalkan kpd penduduk Nusantara pada abad ke 7 dan 8 ini.

selain prof. Uka, ada pakar lain yang mendukung teori Arab ini. Ia adalah Syed Muhammad Naquib seorang pakar kesusasteraan melayu di UKM. UKM> University Kebangsaan Malaysia. Wlaupun begitu beliau asli orang Indonesia.

Syed Muhammad Naquib mengatakan bhw bukti yang paling penting yg dapat dipelajari ktk mendiskusikan kedatangan Islam di Nusantara adalah...

karakteristik internal islam itu sendiri di kawasan nusantara. Syed Muhammad Naquib menggagas suatu hal yang disebut sebagai teori umum.

Teori umum islamisasi kepulauan melayu-Indonesia yg umumnya banyak dibentuk oleh literatur islam melayu&sejarah pandangan melayu Indonesia.

Menurut prof. azyumardi azra, maksud dari literatur Islam melayu mempunyai empat arti: (1) Islam di Nusantara dibawa langsung dari Arab.

(2). Islam diperkenalkan langsung oleh para pendakwah profesional, (3) orang yg pertama kali masuk islam adalah para penguasa.

sedang yang ke (4) adalah sebagian besar juru dakwah datang ke Nusantara pada abad ke 12 dan 13.

Jika merujuk pada pendapat Prof. Azyumardi Azra tersebut, besar kemungkinan yg dimaksud adlh para wali songo terutama maulana malik ibrahim.

@kajiannusantara, 11 Mei 2015


Share this post
:
Comments
0 Comments

Post a Comment

 
Konten boleh dicopy dan disebarkan untuk dakwah | Cantumkan www.muslimedianews.com
Copyright © 2013-2014. Muslimedia News - Media Islam | Voice of Muslim - All Rights Reserved
RSS | Sitemap | MMN dan Redaksi | Disclaimer | Contact | Iklan
Support IT : MK | JT | MT and IT Muslimedia News