Top News :
Home » » Ulama Ini Haramkan Beli Kitab yang Sedang Dikajinya, Mengapa ?

Ulama Ini Haramkan Beli Kitab yang Sedang Dikajinya, Mengapa ?

Posted on Thursday, 7 May 2015 | garis 10:30

Muslimedianews.com ~  Syekh Hisyam Kamil sosok syekh muda yang semangat dalam belajar dan mengajar. Beliau Imam dan Khatib masjid Sultan Dzahir Bibris di daerah Babus-Sya’riah, Kairo. Seminggu full beliau mempunya jadwal mengajar di berbagai tempat. Dari masjid al-Azhar, masjid Sidi Ahmad Dardiri belakang al-Azhar, masjid Sidi Amin al-Kurdi, Madlyafah Syekh Ismail Shadiq al-Adawi depan kampus al-Azhar, Madlyafah Syekh Ali Jum’ah belakang al-Azhar, Madlyafah Syekh Imran ad-Dah sekitar 200 meter dari al-Azhar dan tempat lainnya. Materi yang diajarkan beragam. Dari tajwid, sirah nabawiyah, akhlak, fikih, tafsir dan lainnya.


Syekh yang sering diantar naik sepeda motor oleh santri dari Madura Indonesia tersebut juga sangat dermawan. Pernah suatu ketika terdengan kabar bahwa rumah salah satu kawan dari Indonesia kebobolan maling di daerah Hay Asyir (Distrik 10) Nasr City. Syekh langsung sigap ke pengurus PPMI (Persatuan Pelajar Mahasiswa Indonesia) Mesir. Dan akan memberi sejumlah uang berapapun kerugian dari musibah tersebut. Setelah ditanyakan ke korban, alhmadulillah tidak ada barang yang hilang.

Syekh Hisyam juga termasuk produktif menulis. Ada belasan buku yang sudah ditulis. Diantara kitab beliau yang populer adalah “al-Imta’ bi syarhi matni abi syuja”, Syarah syamail muhammadiyah lil Imam at-Tirmizi”, “syarah matan rahabiyah”, dan lainnya. Semua kitabnya rata-rata sudah diajarkan dan dijazahkan. Dalam semua pengajiannya, saya belum mendapati bahwa beliau tidak membagikan kitab secara cuma-cuma bagi santri yang mau ngaji.

Setiap hendak memulai pengajian, murid Syekh Ali Jum’ah ini hampir selalu tanya siapa yang belum punya kitab untuk angkat tangan. Kemudian dihitung dan dibelikan.

Saking seriusnya beliau memberi kitab dengan gratis bagi siapapun yang mau ngaji, beliau sering berkata, “haram bagi kalian membeli kitab-kitab saya yang sedang dikaji, kalau ingin mendapatkannya, cukup kalian ikut ngaji nanti saya kasih secara gratis,”

Dermawan Ilmu dan Harta
sumber, via Suara Al Azhar

Share this post
:
Comments
0 Comments

Post a Comment

 
Konten boleh dicopy dan disebarkan untuk dakwah | Cantumkan www.muslimedianews.com
Copyright © 2013-2014. Muslimedia News - Media Islam | Voice of Muslim - All Rights Reserved
RSS | Sitemap | MMN dan Redaksi | Disclaimer | Contact | Iklan
Support IT : MK | JT | MT and IT Muslimedia News