Top News :
Home » , » Wisata Rohani Di Negeri Seribu Wali

Wisata Rohani Di Negeri Seribu Wali

Posted on Wednesday, 13 May 2015 | garis 11:20

Muslimedianews.com ~ Salah satu kota yang terkenal di Yaman adalah kota Tarim, Kota yang populer dengan kewaliannya, yang kental akan kereligiusannya, mengaji, halaqoh di masjid - masjid, berziarah di makam adalah rutinitas masyarakatnya, kota yang selalu di kunjungi orang Indonesia hususnya, dan juga ada yang berkata bahwa kota Tarim adalah yang paling utama ke 3 setelah Makkah Madinah, tidak bisa di pungkiri karena memang sangat terasa energi keislamannya.

Banyak di kota ini yang menjadikan suasana semakin tentram, banyak ulama , masyarakat yang pecinta ulama , bahkan yang lebih menakjupkan adalah makamnya makam Zanbal namanya.

Makam zanbal adalah makam yang di hususkan untuk mengubur para habaib bahkan lebih terhusus lagi para wali , makam ini di himpit dua makam yaitu makam Akdar dan makam Farid, dua makam ini untuk keturunan selain habaib meskipun itu wali, makam yang terletak di jantung kota Tarim ini, mempunyai perbedaan yang sangat signifikan dengan makam - makam yang lainnya, bukan dari segi bangunannya, bukan pula dari segi desain penataannya, tetapi dari segi kerohaniyahannya, karena ada beberapa hal yang mengagumkan seperti :

Banyak Walinya
Ya makam yang bertanahkan pasir kering ini menyimpan mayat - mayat para wali, hal ini bisa nampak dan terbukti dari hampir semua batu nisan di makam ini bertuliskan : waliyullah habib ... Waliyullah habib... Wali qutub .. Dsb yang membuat hati semakin tenang, ada yang mengatakan bahwa jumlah wali yang berada di makam Zanbal dan dua lagi di sampingnya ini mencapai 10 000 wali dan 80 wali kutub, hal ini bisa di benarkan karena memang masyarakatnya yang pecinta ilmu, banyak yang mempunyai karangan kitab, dan banyak pula yang ahli ibadah.

Makam Yang Ber Kelompok - Kelompok
Salah satu yang unik di makam ini adalah makamnya yang ber kelompok - kelompok, misalnya keluarga yang bermarga Al Haddad berada di sebelah pojok, keturunan As Segaf di samping kiri, Bin Syihab sebelahnya Al Haddad, Ba Alawi di tengah dan seterusnya, jadi ketika ada keluarga Ba Abud meninggal, tinggal menempatkan di sampingnya saudara - saudaranya, hal itu juga memudahkan peziarah apabila ingin mencari makamnya mayat yang di kenalinya.

Ada Makam Sahabat Nabi SAW
Salah satu yang menakjubkan dan menarik untuk di kunjungi dan berziarah yaitu ada beberapa makamnya sahabat Nabi saw, sahabat yang ikut perang Badar perang Uhud dan peperangan lainnya seperti sahabat Ziyad bin Lubaid Al Anshori, di utus oleh kholifah Abu Bakar Sidiq ra ke Yaman untuk memerangi orang - orang yang keluar dari islam atas wafatnya Nabi saw, ketika itu terjadi peperangan dan sebagian ada meninggal lalu di makamkan di makam ini, dan sahabat - sahabat tersebut termasuk yang pertama kali mayat yang di kuburkan di tanah tarim ini, adapun letak makamnya di timur makam Faqih Muqaddam.

Banyak Peziarah
Karena memang makam para wali, habaib, maka pastilah banyak peziarah di makam ini, kita bayangkan saja para Wali Songo yang menurut riwayat adalah aslinya dari Yaman, dan juga termasuk pamannya Faqih Mukaddam, yang makamnya berada di Indonesia setiap harinya tidak sepi dari peziarah, apalagi di sini yang tidak terhitung jumlah para walinya, dan keluarga dari para wali songo tersebut yang menyebar di Indonesia, dan itupun termasuk rutinitas masyarakat Tarim sendiri, salah satu contoh yang kita kenal adalah Habib Umar Al Hafidz yang setiap jum'at pagi selalu berziarah bersama santri- santrinya. Seperti layaknya di Indonesia ada ritual haul- haul para ulama, pastilah di sini selalu ada, yaitu tepatnya pada tanggal 15 bulan Sya'ban setelah melakukan ritual haul di makam Nabi Hud AS.

Walaupun makam ini banyak para walinya, banyak peziarah, populer di kalangan umat islam di seantero dunia tetapi tidak lepas dari bencana, tahun 1224 h atau sekitar 200 tahun yang lalu makam Zanbal ini di datangi sekelompok orang dari kota Najd yang tidak suka berziarah kubur, yang tidak senang dengan para wali, dan anti dengan hal - hal yang tidak nyata, mereka merusak sebagian makam ini, merusak bangunan makam para wali dan membakar kitab - kitabnya ulama, sungguh sangat menyedihkan mengingat bencana di kala itu.

Jadi jangan lupa ketika mampir di negara Yaman untuk menyempatkan berwisata di kota Tarim, lebih terhusus lagi berziarah di makam Zanbal. Hampir semua orang Indonesia yang ke negara ini tidak melewatinya, entah itu mampir ketika umroh atau selainnya.

Oleh : Moeslich El Malibary. / Koresponden Yaman

Share this post
:
Comments
0 Comments

Post a Comment

 
Konten boleh dicopy dan disebarkan untuk dakwah | Cantumkan www.muslimedianews.com
Copyright © 2013-2014. Muslimedia News - Media Islam | Voice of Muslim - All Rights Reserved
RSS | Sitemap | MMN dan Redaksi | Disclaimer | Contact | Iklan
Support IT : MK | JT | MT and IT Muslimedia News