Top News :
Home » , » Buya Yahya: Wahabi Banyak Kesesatan yang sangat Luar Biasa

Buya Yahya: Wahabi Banyak Kesesatan yang sangat Luar Biasa

Posted on Tuesday, 2 June 2015 | garis 09:12

Muslimedianews.com ~ Pada sebuah kesempatan, dalam ceramahnya, Buya Yahya Pengasuh Lembaga Pengembangan Dakwah Al Bahjah Cirebon ditanya mengenai Wahhabi, apakah Wahhabi secara aqidah sudah murtad atau tidak? apakah masih bisa dikatakan sebagai orang Islam?. dan bagaimana sikap kepada Wahhabi?.  Berikut penjelasan Buya Yahya :

******
Permasalahan Wahhabiyah. Didalam kelompok Wahhabiyah banyak kesesatan-kesesatan yang sangat luar biasa.  Diantara kesesatan secara global mudah mengkafirkan dan membid'ah orang lain tanpa kompromi. Artinya belum pernah dibuka sebuah diskusi yang baik, akan tetapi mereka dibalik keputusan dan fatwa-fatwa mereka menyesatkan.

Bahkan kadang mengatakan kafir. Dari sini adalah keluar dari Manhaj Ahlussunnah wal Jama'ah yang sesungguhnya karena manhaj Ahlussunnah wal Jama'ah adalah manhaj Tahqiq, tidak akan mudah mengkafirkan atau membid'ahkan, tidak akan semacam itu. Dari sisi itu, kesesatan. Belum lagi kalau kita rinci, dan bukan disini tempatnya. Itu harus dibahas khusus.

Jadi dikelompok Wahhabiyah, mereka itu sesat karena mereka mudah menyesatkan dan mengkafirkan orang lain. Dan masalah ini adalah, kita juga pernah terjadi obrolan beberapa dari mereka, mereka tetap mengukuhkan bahwa tawassul syirik, dan sebagainya. Padahal sudah dijelaskan gamblang, waktu didepan kita juga ngangguk-ngangguk, tapi setelah keluar masih saja. Artinya menunjukkan bahwa didalam aqidah mereka itu mudah mengkafirkan. Bukan masalah tawassul saja, itu salah satu contoh.

Kemudian, disaat kita menemukan kelompok yg mereka itu dari kaum muslimin, kok mereka mempunyai kesesatan-kesesatan, Jangan serta merta dihubungkan dengan agama lain, apakah Yahudi atau Nasrani, atau Amerika, tidak, bukan seperti itu cara kita.

Bisa saja kesesatan itu muncul dari dalam mereka, karena pemikiran-pemikiran mereka yang dikelabui oleh setan sehingga sesat. Terpengaruh iya, akan tetapi jangan langsung dikatakan bahwasanya ini adalah memang upaya-upaya Yahudi masuk ke orang Wahabi kemudian merusak, tidak seperti itu caranya.

Yang jelas sesat sudah, terlepas apakah ada pengaruh Yahudi dan sebagainya. Intinya adalah kalau kita melihat kelompok bahwa mereka memiliki kesesatan, kita anggap kesesatan itu, kesesatan itu saja yang paling penting. Jangan berkata bahwasanya ini adalah susupan dari Yahudi dan sebagainya. Tidak usah kita katakan yang semacam ini.

Karena kalau kita tuduh semacam itu, kasian mereka, malah mereka tidak sadar-sadar. Mereka tinggal bantah "nggak, kami tidak mengambil dari Yahudi kok. Ini pemikiran dari guru-guru saya", mereka akan ngomong begitu. Akan tetapi kita ingin membuka hati mereka, mata mereka, yuk kita diskusikan. Memang itu pemikiran dari dirimu, kelompokmu, aqidahmu, akan tetapi yuk didiskusikan.

Tetapi kalau kita katakan, pemikiran dari Yahudi, mereka katakan "tidak, kami benci Yahudi, kami memerangi Yahudi", bahkan alangkah mudahnya bagi mereka untuk menolak "bagaimana kami bisa bersama Yahudi, sedangkan Yahudi musuh kami". Jadi tidak usah dihubungkan dengan Yahudi.

Memang ada kelompok dari Ahlussunnah wal Jama'ah Asy'ariyah menghubung-hubungkan antara Wahhabi dengan Yahudi, memang ada keputusan-keputusan mirip iya, akan tetapi kita mau mengatakan mereka seperti Yahudi, tidak. Kita cukup katakan mereka itu sesat.

Kemudian, masalah apakah mereka keluar dari Iman? kita tidak mudah mengatakan orang itu kafir, kecuali terang-terangan mereka. Kalau masih dengan ta'wil, dengan alasan-alasan, paling banter kita katakan mereka itu sesat. Termasuk masalah Tajsim (menjisimkan Allah) yang ada pada mereka, pada hakikatnya Mujassimah telah keluar dari iman, tetapi mereka dikatakan Mujassimah pun karena ta'wilan, salah didalam memahami ayat-ayat al-Qur'an, maka kita tidak mengatakan mereka itu kafir. Ingat ya! kita tidak mengatakan mereka itu kafir. Adapun kesesatan, ada.
******
Simak lanjutannya dalam video berikut : https://www.youtube.com/watch?v=0zD9VtxVtJk

red. Ibnu Manshur


Share this post
:
Comments
0 Comments

Post a Comment

 
Konten boleh dicopy dan disebarkan untuk dakwah | Cantumkan www.muslimedianews.com
Copyright © 2013-2014. Muslimedia News - Media Islam | Voice of Muslim - All Rights Reserved
RSS | Sitemap | MMN dan Redaksi | Disclaimer | Contact | Iklan
Support IT : MK | JT | MT and IT Muslimedia News