Top News :
Home » » Mahasiswa Ilmu Perpustakaan Undip Sosialisasi Taman Baca

Mahasiswa Ilmu Perpustakaan Undip Sosialisasi Taman Baca

Posted on Monday, 15 June 2015 | garis 15:20


Semarang, Muslimedianews.com ~ Mahasiswa Ilmu Perpustakaan Universitas Diponegoro (UNDIP) Semarang mengadakan lomba dan pemutaran film tentang pentingnya perpustakaan dan taman baca masyarakat.

Bekerja sama dengan Pesantren Budaya Lembah Manah gelar acara diikuti oleh anak-anak usia pra sekolah dan sekolah dasar yang dilaksanakan di halaman Masjid Iktikaf Ar-Rosyid Banjardowo Rt 2 Rw 6 Genuk Semarang, Minggu (14/6)

Gelar lomba dan pemutaran film ini bertujuan mengenalkan pentingnya gerakan membaca, sebagai pelaksanaan  praktek mata kuliah lapangan para mahasiswa pada mata kuliah marketing informasi. Nantinya, ada tim peneliti untuk pengumpulan data tentang potensi dan seberapa jauh minat kesadaran memanfaatkan fasilitas taman baca.

Mahasiswa ilmu perpustakaan Undip ini memberikan lima perlombaan yakni lomba puzzele, menyampul buku, joget balon, memasukan paku ke dalam botol dan tebak gambar. Sedangkan pemutaran film bertemakan pentingnya perpustakaan sebagai pintu ilmu pengetahuan.

Cindra Fajar S Koordinator mahasiswa Ilmu Perpustakaan mengatakan, kami memiliki tanggung jawab mengenalkan betapa besar manfaat taman baca masyarakat. Bertujuan menumbuhkan motivasi dan mintar membaca masyarakat untuk membangun manusia Indonesia cerdas dan mencintai buku.

Peran taman baca
Antusiasme anak-anak dalam mengikuti acara ini sangat tinggi, lebih dari empat puluh lima anak melaksanakan apa yang telah diagendakan para mahasiswa Undip tersebut.

Lukni Maulana pengelola Taman Baca Lembah Manah berharap lomba dan pemutaran film ini bukan semata-mata permainan dan hiburan. Tapi supaya menumbuhkan rasa kepedulian kita terhadap buku, dengan buku dapat membuat kita menyadari betapa ada nilai manfaat dari gerakan membaca.

Senada dengan hal itu Muslimin ketua Rt 02 dan Ketua GP Ansor Genuk menyatakan dibutuhkan sosok peran pemuda atau mahasiswa yang langsung terjun ke obyek sasaran, melakukan sosialisasi dan tidak berhenti semata-mata hanya tugas kampus maupun kegiatan praktek pengalaman lapangan.

Koleksi jenis bahan bacaan sangat berpengaruh sekali pada kreatifitas masyarakat untuk membaca, jangan sampai bahan bacaan yang ada tidak berkembang dan bertambah. Hal inilah yang mendorong taman baca bukan semata-mata program pemerintah maupun berjalan sendiri secara independen. Namun dapat menjalin kerja sama antar pihak, baik dengan mahasiswa, pemerintah, swasta, masyarakat maupun mereka yang sangat peduli dengan dunia sosial dan pendidikan.

“Semoga jalinan kerja sama tidak terhenti di sini, kami siap turut berperan aktif untuk perkembangan perpustakaan khususnya taman baca masyarakat,” tutur Kak Cifaa panggilan akrab  Cindra Fajar

Pada akhir acara mahasiswa ilmu perpustakaan Undip angkatan 2013 memberikan kenangan dan bingkisan buku kepada pengeloa Taman Baca Lembah Manah sebagai wujud peran aktifnya di masyarakat. Dan bingkisan buku sebagai tambah refrensi dan bacaan bagi anak-anak, semoga pada usia anak sudah memiliki kegemaran membaca.

Kontributor: Lukni M.


Share this post
:
Comments
0 Comments

Post a Comment

 
Konten boleh dicopy dan disebarkan untuk dakwah | Cantumkan www.muslimedianews.com
Copyright © 2013-2014. Muslimedia News - Media Islam | Voice of Muslim - All Rights Reserved
RSS | Sitemap | MMN dan Redaksi | Disclaimer | Contact | Iklan
Support IT : MK | JT | MT and IT Muslimedia News