Top News :
Home » » Mendamba Kejayaan Peradaban Islam Kembali

Mendamba Kejayaan Peradaban Islam Kembali

Posted on Tuesday, 30 June 2015 | garis 12:42

Muslimedianews.com ~ Saya masih mendamba kebangkitan Islam seperti yang pernah dicapai di Andalusia atau setidaknya yang dicapai oleh Sultan Muhammad Al-Fatih. Di mana 2 ketercapaian di Bidang Sains dan Technology serta Ilmu Astronomi, Kedokteran dll mencapai pada puncak peradaban Dunia kala itu.

Jika melihat di Andalusia, setelah Panglima Thoriq Bin Ziyad menaklukkan Spanyol atas perintah Gubernur Maroko dan permintaan rakyat Spanyol yang dilanda penindasan oleh pemerintah setempat. Hal pertama yang dibangun adalah Membangun Peradaban Keilmuan, baik Ilmu Agama dan Ilmu Pengetahuan Alam (SAINS).

Rata-rata, Ulama' yang hidup di masa Pemerontahan Spanyol Islam (Andalusia) tidak hanya mendalami Ilmu Syariat semata, tapi juga mendalami Ilmu Kedokteran, Astronomi, Matematika, Filsafat dan lain-lain. Dengan kebijakan dan anggaran yang cukup maka sangat Niscaya sebuah peradaban baru yang maju bisa tercapai.

Begitu juga Sultan Muhammad Al-Fatih, sang penakluk Konstantinopel pada tahun 1453. Selang beberapa saat beliau menaklukkan Konsantin, beliau membangun peradaban baru dalam Keilmuan, Kesenian dan Kebudayaan. Sebelum menaklukkannya pun beliau mengumpulkan para Ahli untuk membuat Meriam terbesar pada masa itu, di sisi Lain beliau Hafal Qur'an dan Banyak Hadits juga ahli dalam dunia kemiliteran dan strategi perang. Bahkan, ketika kapal-kapal Kesultanan Utsmani yang terhalang memasuki teluk Konstantin, beliau justru menariknya melewati hutan yang dibelah sehingga bisa melintasi teluk yang tertutup rantai tersebut.

Dari 2 kejayaan tersebut di atas, mungkin yang perlu kita ambil adalah bagaimana saat ini Kita mencetak Generasi Sholeh yang menekuni Ilmu Agama dan menekuni SAINS, tak lupa hal ini tentunya butuh Dana yang sangat besar.

Saya sendiri masih memebdam harapan, semoga suatu saat kalau pulang ke Indonesia bisa mendirikan Observatorium dan Perpustakaan Umum serta Lembaga Pendidikan yang bersaing dan mumpuni dalam Bidang Agama dan SAINS.

Untuk saat ini, Apa yang dilakukan oleh Buya Yahya -Pengasuh Lembaga Pengembangan Dakwah Al-Bahjah Cirebon- sudah termasuk Luar Biasa bagi saya. Di mana beliau mencetak generasi Qur'ani yang sejak kecil menghafal Al-Qur'an dan menghafal tema-tema Ayat berkenaan dengan Hukum Syariat. Di sisi lain Buya Yahya juga gencar memajukan Media Dakwah beliau di Bidang Penyiaran dan Internet, terbilang 5 Radio yang mengantongi Izin Siar Komersil telah dimiliki oleh Al-Bahjah dan tersebar di beberapa kota di Indonesia. Untuk mengimbangi persaingan ketat Dunia Multimedia, Buya Yahya menguliahkan beberapa santrinya di Universitas Multimedia.

Di sisi lain untuk bidang keilmuan Islam, tak tanggung BuyaYahya mengirim santrinya tiap tahun ke Yaman untuk mempelajari Syariat Islam kepada Syeikh dan Mufti. Hal ini tak lain agar kelak setelah mereka pulang bisa melanjutkan Dakwah yang telah dirintis oleh Buya Yahya di Indonesia bahkan di Manca Negara seperti Singapore, Malaysia, Hong Kong, Taiwan dan Korea.

Tentunya untuk membangun suatu Peradaban Keilmuan yang maju butuh kerjasama banyak Elemen, baij dari Ulama', Pemerintah (Departemen Pendidikan), Para Pakar Keilmuan dan Orang Tua Siswa yang tentunya turut membero andil besar dalam memberi arahan anaknya agar benar-benar menuntu Ilmu setinggi mungkin. Dan Faktanya, Kebanyakan Negara Maju baik di Asia Timur, Eropa maupun Amerika tak lain adalah Anggaran Pembelanjaan Negara yang besar untuk Dunia Pendidikan.
Tarim, 30 Juni 2015.
Oleh : Imam Abdullah El-Rashied
Mahasiswa Imam Shafie College, Hadramaut - Yaman.

Share this post
:
Comments
0 Comments

Post a Comment

 
Konten boleh dicopy dan disebarkan untuk dakwah | Cantumkan www.muslimedianews.com
Copyright © 2013-2014. Muslimedia News - Media Islam | Voice of Muslim - All Rights Reserved
RSS | Sitemap | MMN dan Redaksi | Disclaimer | Contact | Iklan
Support IT : MK | JT | MT and IT Muslimedia News