Top News :
Home » » Mengapa Harus Senang dengan Datangnya Ramadhan ?

Mengapa Harus Senang dengan Datangnya Ramadhan ?

Posted on Thursday, 11 June 2015 | garis 18:30

Muslimedianews.com ~ Ibnu Rajab menjelaskan, sampainya orang pada bulan Ramadhan serta kesempatan berpuasa di bulan itu, adalah nikmat besar dari Allah swt. Hal ini ditunjukkan oleh hadits Nabi Muhammad saw tentang tiga orang yang dua di antaranya menjadi syahid (gugur di medan perang karena membela agama Allah, penj). Kemudian orang ketiga meninggal dunia di atas tempat tidurnya (bukan syahid, penj).

Maka dilihat dalam mimpi bahwa orang ketiga ini mendahului kedua temannya. Sahabat heran, lalu menanyakan hal itu. Maka Nabi saw menjawab:

أَلَيْسَ بَعْدَهُمَا كَذَا وَكَذَا صَلاَة، وَأَدْرَكَ رَمَضَانَ فَصَامَهُ، فَوَالّذِيْ نَفْسِيْ بِيَدِهِ، إِنَّ بَيْنَهُمَا لَأَبْعَدُ مِمَّا بَيْنَ السَّمَاءِ وَالأَرْضِ.
“Bukankah setelah keduanya (dua orang syahid, penj) ada sekian-sekian shalat, dan ia (orang ketiga) mendapati bulan Ramadhan dan ia berpuasa di dalamnya. Demi Dzat yang jiwaku berada dalam kekuasaan-Nya, sesungguhnya antara keduanya pasti lebih jauh dari pada jarak langit dan bumi.” (HR. Baihaqi dan Ibnu Hibban)

Luar biasa! Pahala dan kedudukan syahidpun dikalahkan oleh orang yang dapat mendapati dan melaksanakan puasa Ramadhan.

Kita tahu bagaimana menyeramkannya neraka, melalui penjelasan dari al-Qur’an dan hadits Rasulullah. Maka, kita pun memohon perlindungan agar dijauhkan dari siksanya. Apa yang akan didapatkan oleh orang berpuasa, terkait dengan dijauhkannya dia dari neraka yang perih itu?

Perhatikan hadits ini. Rasulullah saw bersabda:

مَا مِنْ عَبْدٍ يَصُومُ يَوْمًا فِي سَبِيلِ اللَّهِ إِلَّا بَاعَدَ اللَّهُ بِذَلِكَ الْيَوْمِ وَجْهَهُ عَنْ النَّارِ سَبْعِينَ خَرِيفًا.
“Tidak ada dari seorang hamba yang berpuasa satu hari di jalan Allah, kecuali Allah akan menjauhkan wajahnya dari neraka sejauh 70 tahun (jarak tempuh perjalanan selama tujuh puluh tahun, penj), sebab (puasa) di hari itu.” (HR. Muslim)

Itu artinya, ada orang berjalan tujuh puluh tahun lamanya, tidak pernah berhenti. Nah, sepanjang perjalanan yang ditempuhnya itulah, ia akan dijauhkan dari neraka. Ambil contoh dalam sebulan ada 30 hari. Maka, 30 hari X 70 tahun = 2100 tahun. So, ada orang berjalan 2100 tahun lamanya, kira-kira berapa ribu mil yang ia tempuh? Maka, sejauh perjalanan itulah, ia akan dijauhkan dari neraka oleh Allah, karena berpuasa di bulan Ramadhan. Bila Ramadhan tahun ini 29 hari misalnya, maka sejauh perjalanan 2030 tahun ia dihindarkan dari siksa pedih tak berkesudahan itu.

Akhirul kalam, kita mengakui diri kita ini banyak berlumur dosa. Tak senangkah bila kita diberi janji oleh Allah, melalui lisan suci Nabi Muhammad saw:

مَنْ صَامَ رَمَضَانَ إِيمَانًا وَاحْتِسَابًا غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ .
“Barangsiapa berpuasa di bulan Ramadhan karena iman dan mengharap (ridha) Allah, niscaya ia akan diampuni dari dosa-dosanya yang telah lalu.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Ramadhan adalah media untuk meraih ampunan Allah. Ini kesempatan besar, yang barangkali tak terulang di tahun depan. Karena kita tak tahu kapan kita kehabisan nafas untuk hidup. Nabi merasa heran, ada orang yang mendapati Ramadhan, namun dosanya tidak diampuni Allah!

Kanjeng Nabi dawuh dalam bahasa bertanya:

بُعداً لِمَنْ أَدْرَكَ رَمَضَانَ وَلَمْ يُغْفَرْ لَهُ، إِذَا لَمْ يُغْفَرْ لَهُ فِيْهِ؛ فَمَتَى؟
“Sangat rugi bagi orang yang mendapati bulan Ramadhan namun ia tidak diampuni. Kalau ia tidak diampuni di bulan itu, lalu kapan?” (HR. Ibnu Abi Syaibah dan al-Thabrani)

رَمَضَانُ تَجَلَّى وَابْتَسَمَ
طُوْبَى لِلْعَبْدِ إِذَا اغْتَنَمَا
أَرْضَى مَوْلاَهُ بِمَا التَزَمَا
طُوْبَى لِلنَّفْسِ بِتَقْوَاهَا
رَمَضَانُ زَمَانُ البَرَكَاتِ
رَمَضَانُ زَمَانُ الحَسَنَاتِ
Ramadhan telah datang dan tersenyum
Sungguh beruntung hamba yang mengambilnya sebagai kesempatan
Dia membuat Allah ridha dengan keistiqamahan ibadah
Sungguh beruntung manusia dengan takwanya!
Ramadhan waktu bagi senarai keberkahan
Ramadhan waktu bagi senarai kebaikan…

Ya Marhaban Bika, ya Ramadhan!

Oleh : Ustadz Faris Khoirul Anam

Share this post
:
Comments
0 Comments

Post a Comment

 
Konten boleh dicopy dan disebarkan untuk dakwah | Cantumkan www.muslimedianews.com
Copyright © 2013-2014. Muslimedia News - Media Islam | Voice of Muslim - All Rights Reserved
RSS | Sitemap | MMN dan Redaksi | Disclaimer | Contact | Iklan
Support IT : MK | JT | MT and IT Muslimedia News