Top News :
Home » » Pentingnya Pemilihan Makanan yang Tepat untuk Ibu Hamil

Pentingnya Pemilihan Makanan yang Tepat untuk Ibu Hamil

Posted on Monday, 29 June 2015 | garis 16:43

Muslimedianews.com ~
PENTINGNYA PEMILIHAN BUAH
DAN MAKANAN YANG TEPAT UNTUK IBU HAMIL
Oleh : Ust.Hadi Mulyanto,A.Ma.,S.Pd.I.,M.Pd.I
Kehamilan merupakan dambaan bagi semua pasangan suami istri khususnya yang belum mempunyai keturunan. Kehamilan yang normal adalah kehamilan yang tidak mengalami masalah terhadap kandungannya,baik sewaktu mengandung maupun pasca melahirkan. Semua orang menginginkan demikian, namun hal itu harus di barengi dengan niat dan usaha keras agar keinginan tersebut dapat terwujud.Menurut Prof. Dr. H. Muhammad Quraish Shihab, MA, bahwa seseorang yang menginginkan ankanya baik maka sebelum proses kehamilan yaitu sewaktu proses mau melakukan hubungan suami istri juga harus di siapakan dengan matang di sebabkan akan menyambut kedatangan anak yang baik.Sebagai contoh  analogi kalau kita akan kedatangan tamu istimewa maka sudah sewajarnya kita mempersiapkan segala sesuatunya yang juga istimewa.Di samping itu, dalam proses sehari-hari seseorang yang hamil juga harus meperhatikan makanan yang baik untuk di konsumsi. Sehingga segala sesuatu yang di butuhkan janin yang ada di dalam kandungan semuanya terpenuhi.Berikut ini ada 9 ( sembilan ) macam buah dan 9 ( sembilan ) jenis makanan yang sangat bagus untuk di konsumsi seseorang yang lagi hamil.
Sebagaimana yang di lansir  dari  situs www.gudangkesehatan.com  dan situs  bidanku.com  bahwa di peroleh kesimpulan ada  9 ( sembilan ) macam buah yang sangat bagus sekali dan ini sangat disarankan untuk ditingkatkan konsumsinya selama masa kehamilan seseorang yaitu :
  1. Buah Kurma
Buah kurma sangat akrab bagi umat muslim ketika memasuki bulan ramadhan. Mereka sering menggunakan kurma sebagai menu wajib dalam berbuka dan sahur. Ternyata buah kurma yang mengandung serat tinggi, kalium, mangan, fosfor, besi, belerang, kalsium dan magenesium sangat baik dikonsumsi untuk ibu hamil. Buah kurma adalah buah yang memiliki tingkat tinggi gula, 60-65 % dibandingkan buah-buahan lainnya. Manfaat yang lain yang bisa anda dapatkan dari buah kurma adalah kandungan zat besi yang dapat membantu meningkatkan hemoglobin mengingat ibu hamil sangat rentan terhadap anemia. Mengatasi kram selama kehamilan yang didapat dari kandungan kalium. Memiliki jumlah vitamin B kompleks tinggi yang dibutuhkan selama kehamilan, kurma memiliki manfaat untuk kesehatan kehamilan dalam memperkuat dinding rahim dan juga bagi anda yang memasuki kehamilan trimester akhir buah kurma sangat baik dalam memberikan asupan energi mempersiapkan persalinan.
  1. Buah Apel
Menurut Wikipedia apel adalah sejenis buah-buahan yang dihasilkan dari pohon apel, warna apel ada yang merah dan hijau. Rasanya manis, asam dikit, buahnya sedikit lembek, dan kulitnya keras tetapi aman untuk dikonsumsi. Apel kaya nutrisi, dan dalam buah apel terdapat beberapa vitamin salah satunya vitamin A, B1, B2, B3, B5, B6, B9, dan vitamin C. Dan untuk ibu hamil, fungsi apel untuk ibu hamil sangat berguna untuk mengatasi sembelit atau diare dan tentunya baik untuk perkembangan janin. Kandungan gizi dan nutrisi pada apel sperti tannin, asal malat dan serat lainnya sangat diperlukan untuk keperluan gizi ibu hamil dan apel disamping itu, dengan mengkonsumsi buah apel setiap hari dapat menjaga berat badan tetap ideal bagi ibu hamil.
  1. Buah Anggur
Anggur adalah buah berbentuk bulat atau elips yang memiliki biji kecil di dalam daging buahnya. Tidak sedikit orang yang senang dengan anggur karena rasanya yang manis. Anggur pun terdapat 2 macam, yaitu anggur merah dan anggur hitam. Kandungan anggur sangat berguna bagi ibu hamil karena anggur kaya antioksidan selain mencegah timbulnya kanker anggur juga memiliki senyawa polifenol dan resveratol yang berfungsi untuk berbagai metabolisme tubuh antara lain memberikan asupan zat besi, dan sumber energi.
  1. Buah Manggis
Kandungan yang terdapat di dalam buah manggis mampu memberikan asupan nutrisi selama kehamilan. Buah manggis mengandung vitamin C berperan di dalam daya tahan tubuh selama kehamilan dan menjaga elastisitas kulit anda selama kehamilan diakibatkan adanya pertumbuhan janin yang semakin membersar. Kandungan lain yang terdapat di dalam buah manggis adalah asam folat dan mangan. Asam folat untuk membantu dalam menurunkan resiko bayi prematur atau kelainan janin seperti cacat organ tubuh bayi. Sedangkan mangan untuk melindungi anda dan janin dari beberapa ancaman lingkungan dan makanan seperti radikal bebas, fungsi lainnya dari mangan adalah dalam membantu pembentukan tulang rawan dan kerangkan janin.
  1. Jambu Air
Jambu air adalah Buah dari jambu-jambuan yang berasal dari Asia Tenggara. Kandungan yang terdapat pada jambu air adalah vitamin A, C dan air, karena pada jambu air terdapat kandungan air yang banyak sehingga dapat mengurangi dehidrasi. Pada ibu hamil dapat menanggurangi rasa haus, melancarkan pencernaan dan mengoptimalkan kinerja sel darah putih.
  1. Buah Alpukat
Buah yang berasal dari meksiko ini tidak saja memberikan perlindungan untuk kecantikan kulit saja, penelitian yang menemukan adanya hubungan gizi buah alpukat dengan kesehatan ibu hamil. Di dalam buah alpukat terdapat asam folat, kalium dan vitamin B kompleks yang dibutuhkan dalam perkembangan janin selama kehamilan. Buah alpukat memiliki jumlah asam folat yang tinggi yang mempunyai peranan dalam membantu perkembangan otak dan tulang belakang janin. Pada awal kehamilan asam folat sangat dibutuhkan dalam jumlah yang tinggi, untuk itu anda persiapkan dengan mengkonsumsi buah alpukat dalam porsi yang seimbang setiap harinya. Selain itu kandunganan vitamin B kompleks di dalam alpukat digunakan dalam mengatasi mual dan muntah selama kehamilan periode pertama.
  1. Buah Strawberry
Strawberry adalah buah yang berwarna merah berbintik hitam memiliki rasa manis dan asam. Kandungan strawberry diantaranya terdapat vitamin C, vitamin K, vitamin B5, B6, magnesium, omega 3, dan lain sebagainya. Strawberry sering juga digunakan untuk kecantikan karena kandungan vitamin C yang menyegarkan kulit, tetapi untuk ibu hamil strawberry berguna untuk merangsang nafsu makan dan membakar lemak makanan dalam tubuh, mencegah cacat prematur pada bayi dan mencegah cacat pada janin.
  1. Buah Naga
Buah Naga adalah salah satu buah yang sejuta khasiatnya, diantaranya untuk ibu hamil hal ini disebabkan karena kandungan buah naga yang sudah matang dapat membantu mengeluarkan dahak yang sering diderita pada ibu hamil. Buah naga juga jarang menggunakan pestisida karena kulit luarnya yang sangat tebal, sehingga sangat aman untuk dikonsumsi ibu hamil.
  1. Buah Cherry
Buah cherry seringkali disebut sebagai buah surga bersanding dengan apel yang memang dimitoskan sebagai buah terlarang yang pernah di makan oleh adam dan hawa, buah cherry berbentuk kecil seperti kelereng dengan warna mulai dari hijau hingga merah kehitaman tergantung jenis dan spesies buah cherry itu sendiri, buah cherry seringkali dijadikan sebagai garnis untuk kue dan minuman.Buah cherry yang kadang disebut buah kersen adalah buah yang memiliki kandungan nutrizi 20x lipat dari buah apel dan jeruk. Untuk kehidupan sehari-hari buah cherry memiliki beberapa manfaat yaitu anti peradangan, melawan kanker, anti penduaan dini, menenangkan saraf karena kandungannya dapat melancarkan peredaran darah ke otak sehingga membuat sistem saraf lebih rileks. Cherry memiliki kandungan mineral zat besi, kalium, tembaga, mangan, dan lain sebagainya. Untuk ibu hamil, fungsi buah chery dapat melancarkan pencernaan dan membantu kulit bayi sehat dan putih.
Adapun  9 ( sembilan ) jenis makanan yang sangat membantu menjaga kesehatan janin sewaktu kehamilan seseoranag    yang sedang    berlangsung
sebagaimana yang di lansir di situs bidanku.com adalah :
  1. Bayam
Bayam merupakan makanan dengan kandungan asam folat yang tinggi sangat penting dalam menentukan pembentukan tabung saraf bayi anda diawal kehamilan. Bayam mempunyai kandungan kalsium selain itu kandungan zat besi sehingga mendorong produksi darah sehingga dapat meningkatkan kebutuhan darah di rahim.
  1. Telur
Kandungan yang terdapat di dalam telur yaitu protein, kolin dan juga lemak omega 3 sangat berperan dalam pertumbuhan otak janin selama kehamilan. Disarankan untuk mengkonsumsi telur ayam organik tanpa terdapat kandungan zat kimia .
  1. Nasi Merah
Karbohidrat sangat dibutuhkan untuk memberikan energi pada ibu hamil. Pada keadaan hamil butuh energi ekstra selain untuk anda juga untuk janin. Nasi merah memiliki serat yang tinggi, antioksidan yang tinggi untuk kekebalan tubuh anda selama kehamilan. Selain nasi merah karbohidrat bisa anda dapatkan dari nasi putih, jagung, kentang, roti.
  1. Daging Tanpa Lemak
Makanan dengan kandungan zat besi yang memberikan asupan gizi pada plasenta untuk mencukupi kebutuhan persedian nutrisi selama pertumbuhan kehamilan. Plasenta juga dibutuhkan dalam proses persalinan. Anda dapat mendapatkan zat besi dari daging tanpa lemak, hati, sayuran hijau yang dapat dikonsumsi secara teratur.
  1. Kacang-kacangan
Kacang banyak mengandung serat dan protein, peranan dua nutrisi tersebut sangat dibutuhkan selama masa kehamilan. Serat dapat mengurangi resiko sembelit dan gangguan pencernaan saat anda hamil. Jenis kacang-kacangan yang bisa anda pilih, kacang buncis, kacang hitam, kacang almond.
  1. Ubi jalar
Ubi jalar memiliki warna oranye dari karotenoid, pigmen tanaman yang dikonversi menjadi vitamin A dalam tubuh anda. Meskipun banyak yang menemukan bahwa vitamin A yang terlalu banyak dikonsumsi akan mengundang resiko kesehatan akan tetapi untuk vitamin A yang bersumber dari sayur dan buah tidak akan membahayakan tubuh anda.
  1. Tahu dan tempe
Mudah untuk anda dapatkan dengan harga terjangkau akan tetapi kandungan gizi sangat luar biasa untuk tubuh anda dapat membantu dalam memberikan kebutuhan protein. Kebutuhan protein meningkat selama kehamilan anda dikarenakan janin anda membutuhkannya dalam perkembangannya, kebutuhan protein adalah 12 gram/kilo berat tubuh.Tahu dan tempe memiliki protein nabati yang membantu perkembangan janin anda.
  1. Variasi warna dari sayur dan buah
Kandungan perwarna alami yang sangat membantu masa kehamilan anda. Sayur dan buah yang memiliki warna hijau, ungu, kuning, orange, merah dan putih memiliki vitamin dan mineral yang dibutuhkan janin. Ketuban akan menyediakan nutrisi yang dibutuhkan janin dalam perkembangannya.
  1. Yogurt dan susu
Dibutuhkan dalam masa kehamilan apalagi memasuki bulan ke 7 - 9. Dalam membantu pencernaan selama kehamilan apalagi sistem pencernaan yang terganggu karena perut yang semakin besar. Begitu pula dengan susu yang memiliki peranan dalam memberikan kenyamanan istirahat anda sehingga lebih rileks.
Mari sampaikan sedini mungkin ke keluarga, tetangga dan teman untuk  bersama-sama memperbaiki pola konsumsi yang tepat dalam pemilihan buah dan makanan agar tidak ada lagi ibu hamil yang mengalami kematian. Angka Kematian Ibu (AKI) merupakan salah satu indikator dari rendahnya kesadaran masyarakat tentang kesehatan ibu hamil. Salah satu dari unsur kesehatan ibu hamil yang paling utama adalah dari persoalan buah dan makanan.
Dengan demikian begitu besarnya manfaat buah dan makanan untuk ibu hamil selagi tidak salah memilih.Pemilihan buah dan makanan sungguh sangat menentukan kualitas dan hasil anak yang di lahirkan nanti. Dengan seraya memohon keselamatan dan kelancaran kepada Allah SWT.Semoga janin yang di kandungnya kelak lahir dengan mudah tanpa ada halangan sedikit pun dan akan menjadi anak yang berbakti kepada orang tua,agama,nusa dan bangsa.
\
Ustadz Hadi Mulyanto,A.Ma.,S.Pd.I.,M.Pd.I
Alumnus Pondok Pesantren Mahadut Tholabah Babakan Lebaksiu Tegal  dan Pascasarjana Universitas Wahid Hasyim Semarang. 

Share this post
:
Comments
0 Comments

Post a Comment

 
Konten boleh dicopy dan disebarkan untuk dakwah | Cantumkan www.muslimedianews.com
Copyright © 2013-2014. Muslimedia News - Media Islam | Voice of Muslim - All Rights Reserved
RSS | Sitemap | MMN dan Redaksi | Disclaimer | Contact | Iklan
Support IT : MK | JT | MT and IT Muslimedia News