BREAKING NEWS
latest

728x90

468x60

Tuesday, June 16, 2015

Tarekat Syattariyah Sumbar baru akan Rukyatul Hilal pada Kamis 18 Juni

Muslimedianews.com ~ Bila Pemerintah RI melalui Kementerian Agama dalam sidang itsbah yang digelar pada Selasa 16 Juni 2015 telah menetapkan bahwa awal Ramadhan atau 1 Ramadhan jatuh pada hari Kamis tanggal 18 Juni 2015, namun ternyata berbeda dengan salah satu penganut Tarekat Syattariyah Sumatera Barat.

Penganut Tarekat Syattariyah di Sumatra Barat (Sumbar) baru akan menentukan waktu awal puasa Ramadhan pada Kamis (18/6) mendatang. "Hari Kamis kita maniliak (melihat) bulan untuk menentukan jadwal kita mulai berpuasa,” kata pimpiman Tarekat Syattariyah Ulakan, Ali Imran Tuangku Bagindo Qadhi, Selasa (16/6), sebagaimana dilansir Republika.

Diketahui, berbeda dengan Tarekat Naqsabandiyah yang menghitung awal Ramadhan berdasarkan kalender Al Manak Tahunan Metode Hisab Munjid yang ada dalam Kitab Munjid.

Tarekat Syattariyah, yang mayoritas berada di Ulakan, Kabupaten Padang Pariaman menentukan awal Ramadhan dengan melihat posisi bulan.

Ali Imran mengatakan, proses melihat bulan akan dilakukan para ulama dan ribuan jamaah Tarekat Syattariyah di Pantai Ulakan, Kamis (18/6) pukul 18.00 WIB. “Kita melihat bulan secara kasat mata tidak memakai alat teropon, atau melihat bulan secara mata telanjang, kalau nampak bulan sabit di ufuk barat, maka besoknya kita puasa,” tutur Ali.

Ia menjelaskan, proses melihat bulan tidak hanya dilakukan pada satu titik, namun di kabupaten/kota lainnya di Sumbar juga melakukan hal serupa. Sebab, ujar dia, hal tersebut untuk mengantisipasi kondisi cuaca buruk di Pantai Ulakan.

“Kita tidak ada masalah dengan pemerintah, soalnya kita juga mengikuti ajaran Rasullah,” akunya.

sumber republika


« PREV
NEXT »

No comments