BREAKING NEWS
latest

728x90

468x60

Saturday, July 11, 2015

Hukum Siwak, Berkumur dan Menghilangkan Bau Mulut bagi Orang yang Puasa

Muslimedianews.com ~ Islam adalah agama yang suci dan bersih. Islam menganjurkan kepada pemeluknya untuk hidup bersih. Allah juga mencintai orang-orang yang bersih seperti dalam al-Qur'an surah at-Taubah ayat108 dan sabda Nabi bahwa bersih itu sebahian daripada iman.

Termasuk kebersihan yang perlu dijaga adalah kebersihan gigi dan mulut. Untuk menjaga kesehatan dan kebersihan gigi, Rasulullah menganjurkan siwak, bahkan saking seringnya malaikat Jibril mengingatkan Rasul untuk bersiwak sampai-sampai Rasul khawatir bersiwak menjadi sebuah kewajibkan. Untuk menjaga kesehatan mulut, Nabi menganjurkan berkumur, terutama ketika sebelum wudlu.

Hukum siwak bagi orang yang sedang berpuasa menurut Imam Abi Syuja' adalah sunnah kecuali setelah terlincir matahari sampai terbenam matahari hukumnya adalah makruh. Adapun berkumur bagi orang yang sedang berpuasa hukumnya adalah boleh, dengan catatan berkumurnya jangan terlalu keras karena dikhawatirkan air masuk kedalam perut sehingga membatalkan puasa.

Menurut Imam An-Nawawi, gosok gigi atau menggunakan obat kumur untuk menghilangkan bau mulut bagi orang yang mempunyai masalah dengan bau mulut selama puasa hukumnya boleh, supaya tidak menimbulkan ketidak-nyamanan kepada orang yang ada disampingnya.
Rubrik Halaqah selama Ramadhan hadir di Tribun Jateng di halaman Happy Ramadhan.  Pembaca bisa mengirimkan pertanyaan seputar ibadah Ramadhan di SMS 085712341233. Pakar dari Rabithah Ma'ahid Islamiyyah Nahdlatul Ulama (RMI NU) Jawa Tengah akan menjawabnya.  Mohon dukungannya semoga istiqomah.

Media komunikasi RMI Jateng:
1. Website (rmi-jateng.org)
2. Like Fan Page Rabithah Ma'ahid Islamiyah Jateng (https://www.facebook.com/RabithahMaahidIslamiyahJateng…)
3. Akun Facebook (https://www.facebook.com/pwrminujateng)
4. Follow @kabarpesantren (https://twitter.com/kabarpesantren)


« PREV
NEXT »

No comments