Top News :
Home » » Ini Nasehat untukmu wahai Mama (h) Dedeh tentang Islam Nusantara

Ini Nasehat untukmu wahai Mama (h) Dedeh tentang Islam Nusantara

Posted on Monday, 13 July 2015 | garis 23:31

Muslimedianews.com ~ Ustadzah (baca: mama) Dedeh yang populer itu menolak term 'Islam Nusantara' karena kata beliau Islam itu rahmatan lil alamin. Lhoo..? Kok 'Islam’ dirangkai dengan kalimat rahmatan lil ‘alamin. 

Kalimat ini terdapat dalam surah al-Anbiya’ ayat 107, wa ma arsalnaka illa rahmatan lil alamin (Aku tidak utus engkau Muhammad kecuali untuk mengasihi alam semesta)


Ibn Abbas menegaskan bahwa subyek dari misi ‘mengasihi alam semesta’ adalah Nabi Muhammad saw. Sedangkan obyeknya adalah seluruh umat manusia (at-Thabari: 919M). 

Maka rangkaian kata ‘Islam rahmatan lil ‘Alamin’ pun memunculkan kekacauan arti yang disebabkan oleh kesalahan merangkai kata.

 Fakta di atas tentu problem besar mengingat kalimat 'rahmatan lil ‘alamin' adalah bagian dari nash al-Qur’an. 

Padahal telah menjadi kesepakatan ulama bahwa hanya orang-orang dengan kriteria tertentu saja yang punya otoritas untuk memaknai al-Qur’an.

Saya sudah tulis di sini  (BACA DILINK INI :
Menjawab Islam Nusantara)


http://www.muslimedianews.com/2015/07/menjawab-islam-nusantara.html
Baca dilink http://www.muslimedianews.com/2015/07/menjawab-islam-nusantara.html

*Muhammad Sulton Fatoni
Wakil Sekretaris Jenderal PBNU, Dosen Sosiologi Universitas Nahdlatul Ulama Indonesia, Jakarta


Share this post
:
Comments
3 Comments

+ comments + 3 comments

Bakir
14 July 2015 at 01:34

Setiap negara itu py budaya Dan tradisi krn Islam itu rohmat maka budaya Dan tradisi di mana saja yg bersesuaian dgn ajaran Islam maka harus di lestarikan contoh tradisi orang Jawa sll memakai sarung dan tradisi orang Arab sll memakai juba Dan di Arab sana orang kafir jg memakai juba krn juba itu hasil budaya orang Arab dan sudah mentradisi di Arab sana nah yg di maksud Islam nusantara itu bukan ajaran baru tapi ciri khas orang Islam di nusantara ini kalau pergi Masjid pakai sarung Dan pakai kopyah tapi kalau mahu memakai juba atau celana juga boleh saja yang penting menutup aurot

harahuru
23 July 2015 at 11:23

yakin nih? Emang udah tau islam nusantara itu yg kaya apa? Jgn terlalu fokus ke kata "nusantara"nya yaa.. kalo bisa cari tau info2 lagi biar tau yg bener kaya apa

harahuru
23 July 2015 at 11:24

yakin nih? Emang udah tau islam nusantara itu yg kaya apa? Jgn terlalu fokus ke kata "nusantara"nya yaa.. kalo bisa cari tau info2 lagi biar tau yg bener kaya apa. Jgn2 ente pengikutnya islam nusantara yaa? Hehe

Post a Comment

 
Konten boleh dicopy dan disebarkan untuk dakwah | Cantumkan www.muslimedianews.com
Copyright © 2013-2014. Muslimedia News - Media Islam | Voice of Muslim - All Rights Reserved
RSS | Sitemap | MMN dan Redaksi | Disclaimer | Contact | Iklan
Support IT : MK | JT | MT and IT Muslimedia News