BREAKING NEWS
latest

728x90

468x60

Thursday, July 02, 2015

ISIS Ancam Menggulingkan Hamas dari Jalur Gaza

Gaza, Muslimedianews.com ~ Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS), Selasa (30/6/2015), mengancam akan menggulingkan Hamas yang menguasai Jalur Gaza karena ISIS menganggap Hamas kurang tegas dalam menegakkan aturan agama.

"Kami akan menghancurkan negara Yahudi dan kalian (Hamas) serta Fatah serta semua kelompok sekuler bukan apa-apa. Kalian akan segera kami gilas," kata seorang anggota ISIS bertopeng dalam pesan video yang disampaikan kepada "Para Tirani Hamas".

"Hukum agama akan kami terapkan di Gaza. Kami bersumpah semua yang terjadi di Suriah, khususnya di kamp pengungsi Yarmouk, akan terjadi di Gaza," tambah pria itu merujuk sebuah distrik di Damaskus yang didirikan para pengungsi Palestina.

Pesan video, yang dirilis dari sebuah basis ISIS di Suriah, berisi ancaman terhadap Hamas belum pernah terjadi sebelumnya.  Hamas sendiri telah beberapa kali menindas kelompok-kelompok yang menentang kesepakatan damai dengan Israel dan rekonsiliasi dengan Fatah yang mendapat dukungan Barat.

Secara ideologi, Hamas juga mengobarkan perang suci atau jihad melawan Israel. Namun, Hamas tidak pernah menyatakan perang agama secara global dan membatasi diri dalam kerangka nasionalisme Palestina.

Upaya Hamas melawan kelompok-kelompok militan yang terkait ISIS di Jalur Gaza tak mendapat simpati global. Sebab, AS dan Uni Eropa masih menganggap Hamas sebagai organisasi teroris sementara tetangga Jalur Gaza, Mesir melihat Hamas sebagai ancaman.

Setelah menguasai sebagian wilayah Irak dan Suriah, kini ISIS tengah berupaya melebarkan sayapnya ke Mesir, Libya, Tunisia dan Yaman.
Militan IS mengancam HAMAS dan akan menguasai Gaza sebagaimana IS menguasai Yarmouk, Suriah.  (Iqbal.K))

sumber al arabiya via kompas
« PREV
NEXT »

No comments