Top News :
Home » , » Menjawab Ocehan #Jonru terhadap Islam Nusantara

Menjawab Ocehan #Jonru terhadap Islam Nusantara

Posted on Wednesday, 1 July 2015 | garis 20:03

Muslimedianews.com ~ "Menentang ‪#‎IslamNusantara‬ TIDAK SAMA dengan menentang NU. Islam Nusantara adalah produk kaum liberal yang ingin menghancurkan Islam.

Memang, ada sebagian pegiat Islam Nusantara yang merupakan anggota NU. Namun mereka hanyalah oknum. Secara umum, saya tak pernah ingin menentang organisasi atau harokah apapun di dalam Islam, selama mereka masih sesuai Al Quran dan Sunnah. Perbedaan mazhab itu biasa. Yang penting adalah tetap bersatu membangun ukhuwah. Kalau Islam Liberal, Islam Nusantara, dan Syiah, tentu mereka itu jelas-jelas sesat. Harus ditentang!"

Demikian ditulis oleh Jonru di facebooknya pada link https://www.facebook.com/jonru.page/posts/10153499272519729 . Umat Islam perlu tahu, mengapa Jonru tidak menyebut Wahhabi ? Sebab dia sendiri sebagai muallaf yang terjerumus kedalam Wahhabi, dan termasuk daripada orang PKS. Hal ini patut menjadi catatan tersendiri bagi kalangan Aswaja (Ahlussunnah wal Jama'ah).

Jonru mengatakan bahwa Islam Nusantara adalah produk kaum liberal. Ini tuduhan yang tidak benar. Apalagi mengatakan bahwa itu hanya oknum yang menyuarakan. Perlu diketahui bahwa tema Muktamar NU pada Agustus 2015 mendatang adalah "Meneguhkan Islam Nusantara untuk peradaban Indonesia dan dunia". Ini tema organisasi Islam terbesar, NU, bukan oknum.

Maka ada baiknya membaca penjelasan salah seorang ulama, KH Afifuddin Muhajir,  Guru utama fiqih dan ushul fiqih di Ma’had Aly Pesantren Salafiyah As-Syafi’iyyah, Sukorejo, Situbondo. Beliau seorang ulama Aswaja, bukan liberal, bukan Syi'ah, bukan Wahhabi, tetapi Katib Syuriyah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) yang beberapa waktu lalu melaunching kitab karya terbarunya, Fathul Mujib sebagai syarah kitab Taqrib.


Maksud Istilah Islam Nusantara,
Oleh KH. Afifuddin Muhajir
 Istilah Islam Nusantara akhir-akhir ini mengundang banyak perdebatan sejumlah pakar ilmu-ilmu keislaman. Sebagian menerima dan sebagian menolak. Alasan penolakan mungkin adalah karena istilah itu tidak sejalan dengan dengan keyakinan bahwa Islam itu satu dan merujuk pada yang satu (sama) yaitu Al-Qur’an dan As-Sunah.

Kadang suatu perdebatan terjadi tidak karena perbedaan pandangan semata, tetapi lebih karena apa yang dipandang itu berbeda. Tulisan singkat ini mungkin menjadi jawaban bagi mereka yang menolak “Islam Nusantara” menurut apa yang saya pahami dan saya maksudkan dengan istilah tersebut.

Seperti jamak diketahui, Al-Quran sebagai sumber utama Agama Islam memuat tiga ajaran. Pertama, ajaran akidah, yaitu sejumlah ajaran yang berkaitan dengan apa yang wajib diyakini oleh mukallaf menyangkut eksistensi Allah, malaikat, para utusan, kitab-kitab Allah, dan hari pembalasan. Kedua, ajaran akhlak/tasawuf, yaitu ajaran yang berintikan takhalli dan tahalli, yakni membersihkan jiwa dan hati dari sifat-sifat tercela dan menghiasinya dengan sifat terpuji. Ketiga, ajaran syariat, yaitu aturan-aturan praktis (al-ahkam al-‘amaliyah) yang mengatur perilaku dan tingkah laku mukallaf, mulai dari peribadatan, pernikahan, transaksi, dan seterusnya.

Yang pertama dan kedua sifatnya universal dan statis, tidak mengalami perubahan di manapun dan kapanpun. Tentang keimanan kepada Allah dan hari akhir tidak berbeda antara orang dahulu dan sekarang, antara orang-orang benua Amerika dengan benua Asia. Demikian juga, bahwa keikhlasan dan kejujuran adalah prinsip yang harus dipertahankan, tidak berbeda antara orang Indonesia dengan orang Nigeria. Penipuan selalu buruk, di manapun dan kapanpun. Dalam segmen keyakinan dan tuntunan moral ini, Islam tidak bisa di-embel-embeli dengan nama tempat, nama waktu, maupun nama tokoh.

Sementara yang ketiga, yaitu ajaran syari’at, masih harus dipilah antara yang tsawabith/qath’iyyat dan ijtihadiyyat. Hukum-hukum qath’iyyat seperti kewajiban shalat lima kali sehari semalam, kewajiban puasa, keharaman berzina, tata cara ritual haji, belum dan tidak akan mengalami perubahan (statis) walaupun waktu dan tempatnya berubah. Shalatnya orang Eropa tidak berbeda dengan salatnya orang Afrika. Puasa, dari dahulu hingga Kiamat dan di negeri manapun, dimulai semenjak Subuh dan berakhir saat kumandang azan Maghrib. Penjelasan Al-Quran dan As-Sunah dalam hukum qath’iyyat ini cukup rinci, detil, dan sempurna demi menutup peluang kreasi akal. Akal pada umumnya tidak menjangkau alasan mengapa, misalnya, berlari bolak-balik tujuh kali antara Shafa dan Marwa saat haji. Oleh karena itu akal dituntut tunduk dan pasrah dalam hukum-hukum qath’iyyat tersebut.

Sementara itu, hukum-hukum ijtihadiyyat bersifat dinamis, berpotensi untuk berubah seiring dengan kemaslahatan yang mengisi ruang, waktu, dan kondisi tertentu. Hukum kasus tertentu dahulu boleh jadi haram, tapi sekarang atau kelak bisa jadi boleh. Al-Quran dan As-Sunah menjelaskan hukum-hukum jenis ini secara umum, dengan mengemukakan prinsip-prinsipnya, meski sesekali merinci. Hukum ini memerlukan kreasi ijtihad supaya sejalan dengan tuntutan kemaslahatan lingkungan sosial.

Para tabi’in berpendapat bahwa boleh menetapkan harga (tas’ir), padahal Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi wa Sallam melarangnya. Tentu saja mereka tidak menyalahi As-Sunah. Perbedaan putusan itu karena kondisi pasar yang berubah, yaitu bahwa pada masa Nabi SAW harga melambung naik karena kelangkaan barang dan meningkatnya permintaan, sedangkan pada masa tabi’in disebabkan keserakahan pedagang. (Nailul Authar, V, 220) Di sini, para tabi’in membedakan antara-apa yang disebut ekonomi modern dengan-pasar persaingan sempurna dari pasar monopoli atau oligopoli misalnya.

Para tabi’in juga memfatwakan larangan keluar menuju masjid untuk perempuan muda karena melihat zaman demikian rusak, banyak laki-laki berandal yang sering usil hingga berbuat jahil, (Al-Muntaqa Syarḥul Muhadzdzab, I, 342) padahal Nabi sendiri bersabda-seperti dalam riwayat Abu Daud (لا تمنعوا اماء الله مساجد الله، ولكن ليخرجن تفلات. رواه أبو داود عن أبي هريرة.)-supaya jangan sampai perempuan dilarang keluar menuju masjid.

Dalam pengertian hukum yang terakhir ini kita sah dan wajar menambahkan pada ‘Islam’ kata deiksis, seperti Islam Nusantara, Islam Amerika, Islam Mesir, dan seterusnya. Makna Islam Nusantara tak lain adalah pemahaman, pengamalan, dan penerapan Islam dalam segmen fiqih mu’amalah sebagai hasil dialektika antara nash, syari’at, dan ‘urf, budaya, dan realita di bumi Nusantara. Dalam istilah “Islam Nusantara”, tidak ada sentimen benci terhadap bangsa dan budaya negara manapun, apalagi negara Arab, khususnya Saudi sebagai tempat kelahiran Islam dan bahasanya menjadi bahasa Al-Qur’an. Ini persis sama dengan nama FPI misalnya, saya benar-benar yakin kalau anggota FPI tidak bermaksud bahwa selain mereka bukan pembela Islam

Oleh : Ibnu Manshur
http://www.nu.or.id/a,public-m,dinamic-s,detail-ids,4-id,60458-lang,id-c,kolom-t,Maksud+Istilah+Islam+Nusantara-.phpx


Share this post
:
Comments
1 Comments

+ comments + 1 comments

Kang Malik www.1.hol.es
2 July 2015 at 16:35

http://kangmalik.blogspot.com/2015/07/islam-nusantara-menurut-saya-orang-awam.html

Ya ya ya, logis mudah dicerna.
Aliran minoritas yang usil gak mungkin bisa menggunakan istilah ISLAM NUSANTARA (mencakup makna keseluruhan/mayoritas), sedangkan mereka adalah minoritas.
Bagi mereka, mengakui makna positif istilah ISLAM NUSANTARA = mengangkat citra aliran mayoritas yang terbukti secara elegan dan luwes mampu memanfaatkan keberadaan budaya sebagai kendaraan agama tanpa menjatuhkan tatanan agama yang menumpangi laju budaya.

Post a Comment

 
Konten boleh dicopy dan disebarkan untuk dakwah | Cantumkan www.muslimedianews.com
Copyright © 2013-2014. Muslimedia News - Media Islam | Voice of Muslim - All Rights Reserved
RSS | Sitemap | MMN dan Redaksi | Disclaimer | Contact | Iklan
Support IT : MK | JT | MT and IT Muslimedia News