BREAKING NEWS
latest

728x90

468x60

Wednesday, July 15, 2015

Seribu Tumpeng di Surakarta, Berharap Mendapat Lailatul Qadr

Muslimedianews.com ~ Memasuki sepuluh hari terakhir Bulan Ramadan, atau tepatnya pada malam ke 21, tradisi rutin digelar Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat dengan mengadakan acara “Malam Selikuran”.

Menurut Wakil Pengageng Sasana Wilapa Keraton Surakarta, Kanjeng Pangeran (KP) Winarnokusumo, tradisi “Malam Selikuran” ini telah digelar bahkan sebelum berdirinya Keraton Surakarta, yakni sejak
Kerajaan Demak, yang dipioniri para wali.

“Tradisi ini digelar untuk menyambut malam lailatul qadr atau malam seribu bulan,” terangnya, di sela acara “Malam Selikuran”, Selasa (7/7) malam.


Acara diawali dengan Kirab Seribu Tumpeng yang menjadi perlambang seribu bulan, dimulai dari Keraton Solo menuju Masjid Agung Solo. Usai kirab mereka membagikan 1000 tumpeng kepada warga, yang sebelumnya dibawa dalam acara kirab.

“Keraton mengirab 1.000 tumpeng ke masjid Agung, dan akan kita doakan setelah selesai salat tarawih. Setelah selesai akan kita bagikan ke masyarakat,” papar Winarno.

Pantauan nujateng.com, pembagian tumpeng kepada warga berlangsung secara kilat. Usai didoakan oleh ulama Masjid Agung, tumpeng yang berisi aneka makanan seperti nasi gurih, telur puyuh dan lain sebagainya tersebut langsung ludes diserbu ratusan pengunjung yang memadati serambi Masjid Agung.

Kegiatan diakhiri dengan membawa kembali kotak tempat wadah tumpeng kecil, kembali ke kompleks Keraton Surakarta. [Ajie Najmuddin/003]

sumber nujateng
« PREV
NEXT »

No comments