Top News :
Home » » Umat Islam di Siberia Rayakan Idul Fitri Dengan Khidmat

Umat Islam di Siberia Rayakan Idul Fitri Dengan Khidmat

Posted on Monday, 20 July 2015 | garis 05:25

Muslimedianews.com ~ Ribuan umat muslim di Siberia, Rusia berbondong-bondong menuju masjid untuk melaksanakan salat Idul Fitri, Jumat, 17 Juli 2015. Tidak kurang dari lima belas ribu umat muslim melaksanakan salat Idul Fitri bersama di Masjid Besar Krasnoyasrk, yang merupakan mesjid satu-satunya di kota yang berjarak 4100 km dari pusat Moskow ibu kota Rusia.

Selain mayoritas berasal dari etnis Tatar yang merupakan etnis minoritas terbesar di Rusia, umat muslim di Krasnoyarsk berasal dari negara-negara yang berbatasan dengan bagian selatan negara Rusia seperti Tajikistan, Uzbekistan, Kirgistan, dan Turkmenistan.

Rangkaian salat Idul Fitri dimulai dengan takbir bersama dan sambutan dari mufti Krasnoyarsky Krai, Gayaz Fatkullin. Dalam pidatonya mufti menyampaikan Idul fitri tidak memandang dari mana kita berasal dan lahir, mari semua berkumpul merayakan dengan penuh rahmat dan kasih sayang.

Mufti juga mengajak umat muslim di Krasnoyarsk yang berasal dari berbagai latar belakang suku dan negara untuk bersama-sama menjaga wilayah ini dari pengaruh-pengaruh luar yang bisa memicu hal-hal yang tidak kondusif seperti yang terjadi di Irak, Libya, maupun Suriah. Beliau mengatakan bahwa perang hanya menimbulkan kelaparan dan kesengsaraan.

Ucapan selamat juga disampaikan oleh Uskup Besar Krasnoyarsk untuk para umat muslim agar senantiasa diberikan kebahagiaan, damai dan sejahtera dalam perayaan Idul Fitri tahun ini atau Uraza Bairam dalam bahasa Rusia.

Turut serta hadir memberi selamat pemimpin umat katolik, walikota, dan wakil gubernur Krasnoyarsk.

Usai sambutan dan ucapan selamat acara dilanjutkan dengan salat Idul Fitri, pembacaan khutbah, dan doa bersama. Tidak ketinggalan pengurus mesjid juga membagikan makanan khas suku Tatar plov untuk para jamaah.

Walau jauh terletak di tengah-tengah daratan Siberia, umat muslim sebagai kaum minoritas di Krasnoyarsk tetap mendapatkan penghargaan dan  dapat merayakan Idul Fitri dengan penuh rahmat.

Kontributor: Renato


Share this post
:
Comments
0 Comments

Post a Comment

 
Konten boleh dicopy dan disebarkan untuk dakwah | Cantumkan www.muslimedianews.com
Copyright © 2013-2014. Muslimedia News - Media Islam | Voice of Muslim - All Rights Reserved
RSS | Sitemap | MMN dan Redaksi | Disclaimer | Contact | Iklan
Support IT : MK | JT | MT and IT Muslimedia News