Top News :
Home » » Waspadai! Terjemahan Fathul Bari Banyak Diedit Oleh Wahabi

Waspadai! Terjemahan Fathul Bari Banyak Diedit Oleh Wahabi

Posted on Saturday, 11 July 2015 | garis 11:35

Muslimedianews.com ~ Ini (gambar ini) adalah terjemah dari Kitab Fathu-l-Bâry penjelasan Shohih al-Bukhary. Buku ini diterjemahkan menjadi 11 jilid dari 16 jilid atau 18 jilid versi bahasa Arabnya.

Buku ini diterjemahkan dengan mengikuti hasil editing Syaikh Abdul Aziz bin Baz, Mufti Saudi Arabia terdahulu.

Dari perbandingan jumlah jilid antara versi Indonesia dan Arab saja bisa diduga bahwa cukup banyak bagian yang tidak diterjemahkan atau dihilangkan dari terjemahan.

Asumsinya adalah jika 1 jilid versi Arab bisa menghasilkan 2 jilid versi Indonesia, semestinya terjemahan Fath-u-l Bâry ini bisa mencapai 32 atau 34 jilid. Saya menduga mungkin terjemahan ini tidak bisa diselesaikan seluruhnya.

Namun yang menjadi pertanyaan kenapa terjemahan ini tidak menyertakan al-Hadyu-s-Sâry yang merupakan pengantar dari Fathul Bary dan di dalamnya terdapat informasi penting seputar penyusunan al-Jâmi' al-Shahih karya Imam al-Bukhâry.

Hal lain yang perlu dicermati dari versi terjemahan ini adalah penghilangan beberapa riwayat yang menjelaskan amaliyah Ahlussunnah wal jama'ah.

Di jilid 4 buku ini kitab al-Istisqa, tidak ditemukan riwayat tentang tawassulnya Umar kepada Abbas bin Abdul Muthallib radhiyallahu anhu. Padahal penerjemahan riwayat itu penting untuk menjelaskan kepada umat bahwa amalan tawassul telah ada contohnya pada masa sahabat Radhiyallahu anhum.

Sangat disayangkan jika tidak ada yang menerbitkan terjemahan pembanding. Sehingga umat bisa mengetahui siapa yang jujur atau tidak dalam menyampaikan informasi. Janganlah politik menyedot energi terlalu banyak hingga umat terbengkalai.

Ust. Abdi Kurnia Djohan

Share this post
:
Comments
2 Comments

+ comments + 2 comments

Ben'z Rasyid
11 July 2015 at 13:21

Harap berhati-hati z we lh...
udh tdk aneh lh dg Abdullah bin Baz mh...

Reagen Shop
18 July 2015 at 08:02

Kurang ajar wahabi suka2 mengedit2 kitab ulama...ini mesti diwaspadai karena orang awam mengambil rujukan kitab fathul bari terbitan riyadh ...bahaya nanti ini terbitan riyadh yg bisa diklaim kitab asli karangan imam ibnu hajar..

Post a Comment

 
Konten boleh dicopy dan disebarkan untuk dakwah | Cantumkan www.muslimedianews.com
Copyright © 2013-2014. Muslimedia News - Media Islam | Voice of Muslim - All Rights Reserved
RSS | Sitemap | MMN dan Redaksi | Disclaimer | Contact | Iklan
Support IT : MK | JT | MT and IT Muslimedia News