Top News :
Home » » Benarkah Berdirinya Hamas Didukung Israel untuk Saingi PLO ?

Benarkah Berdirinya Hamas Didukung Israel untuk Saingi PLO ?

Posted on Monday, 24 August 2015 | garis 11:13

Muslimedianews.com ~ Berbicara mengenai Hamas (Harakat al-Muqawwamatul Islamiyyah) tidak lepas daripada kelompok yang berafiliasi kepada Ikhwanul Muslimin (IM) seperti PKS (Partai Keadilan Sejahtera) dan lainnya. Setidaknya akan menjadi sorotan kader-kader PKS, baik yang berkecipung didunia politik, maupun lainnya seperti KAMMI, sebagian di FSLDK, dan sebagainya. Mereka termasuk daripada yang paling getol mencitrakan Hamas di Indonesia dengan berita-berita Palestina.


Perlu diketahui bahwa organisasi perlawanan resmi rakyat Palestina adalah PLO (Palestine Liberation Organisation) atau  Munazzamat al-Tahrir Filastiniyyah. Berdiri sejak 1969. Didalamnya terdiri dari banyak faksi, faksi terbesar adalah Fatah.

Faksi-faksi tersebut memiliki latar belakang yang berbeda-beda namun bersatu padu dalam melawan Israel. (Baca: Faksi Dalam Gerakan Perlawanan Rakyat Palestina). PLO dibawah kepemimpinan Yasser Arafat sekaligus pimpinan partai politik dan mantan pasukan milisi Fatah, menjadi kekuatan yang disegani oleh Israel. PLO selalu menyerang Israel secara terus menerus.

Sedangkan Hamas berdiri tahun 1987 dan mencatatkan organisasinya secara legal di Israel pada tahun tersebut.  Memang sangat mengejutkan bahwa, pemerintah Israel  sangat menyokong Hamas, yang waktu itu bergerak  di bidang sosial, moral, dan pendidikan. Tel Aviv juga memanfaatkan Hamas untuk menyaingi kepopuleran PLO yang dipimpin Yasser Arafat.

Dukungan Israel ke Hamas waktu tu bukan hal yang rahasia. Sejumlah pengamat banyak mengungkap hal tersebut.  Dalam buku Zionism, Islam and the West karya Kerry Bolton.  disebutkan bahwa Tel Aviv memberikan bantuan keuangan (finansial) secara langsung dan tidak langsung kepada Hamas pada periode tahun 70-an untuk memecah belah dukungan terhadap PLO. 

Seorang Analis Timur Tengah yang bekerja untuk Center for Strategic Studies, Anthony Cordesman mengatakan "Israel aided Hamas directly—the Israelis wanted to use it as a counterbalance to the PLO (Israel memberikan bantuan langsung kepada HAMAS, Israel ingin menggunakannya sebagai penyimbang kekuatan PLO)".


Zionism, Islam and the West, halaman 230

Hal yang sama disebutkan pula didalam buku "Terrorism and Tyranny: Trampling Freedom, Justice and Peace to Rid the World of Evil" karya James Bovard.





Didalam buku Black Terror White Soldiers: Islam, Fascism & the New Age  karya David Livingstone, disebutkan, bahwa Charles Freeman, seorang veteran diplomat AS dan mantan Dubes AS untuk Arab Saudi, mengatakan :

"Israel started Hamas. It was a project of Shin Bet [Israeli domectic intelligence agency], which had a feeling that they could use it to hem in the PLO. (Israel yang mulai menciptakan Hamas. Itu merupakan proyek Shin Bet [proyek intelijen], mereka menggunakannya untuk menetralisir PLO)".




Seorang pensiunan pejabat pemerintah Israel, Yahudi kelahiran Tunisia yang sekarang menjadi sukarelawan kemanusiaan di Gaza, Avner Cohen mengatakan: "Hamas, to my great regret, is Israel's creation, (Hamas, dengan sangat menyesal saya harus akui bahwa Hamas ciptaan Israel)".


red. Ibnu Manshur 
How Israel Helped to Spawn Hamas http://www.wsj.com/articles/SB123275572295011847 , A combination of war propaganda and a publishing hoax http://www.amazon.com/review/R3COIJ0O0ZCPMB


Share this post
:
Comments
0 Comments

Post a Comment

 
Konten boleh dicopy dan disebarkan untuk dakwah | Cantumkan www.muslimedianews.com
Copyright © 2013-2014. Muslimedia News - Media Islam | Voice of Muslim - All Rights Reserved
RSS | Sitemap | MMN dan Redaksi | Disclaimer | Contact | Iklan
Support IT : MK | JT | MT and IT Muslimedia News