BREAKING NEWS
latest

728x90

468x60

Tuesday, August 11, 2015

Bung Karno : Saya cinta sekali pada NU

Muslimedianews.com ~ "Saya Cinta Sekali pada NU" itu merupakan judul pidato Presiden RI Pertama Soekarno saat membuka Muktamar ke-23 Nahdlatul Ulama (NU) di Solo, Jawa Tengah, pada 1962. Rupanya judul pidato Bung Karno itu masih terngiang bagi sebagian tokoh NU.

Seperti disampaikan Wakil Gubernur Jawa Timur, Syaifullah Yusuf, yang juga ketua panitia Muktamar ke-33 NU di Jombang, Jawa Timur. Dia menegaskan sejak awal kemerdekaan, sikap NU amat jelas dalam mendukung pemerintah.

"Maka kemudian Muktamar NU di Solo, Bung Karno menyampaikan pidato berjudul 'saya cinta sekali pada NU'," kata wakil gubernur yang akrab disapa Gus Ipul itu.

Dalam buku ' Soekarno dan NU' dijelaskan NU memang selalu membela pemerintah. Hal ini antara lain bisa dilihat dari Muktamar Ke-20 NU di Surabaya, 8-13 September 1954, yang memutuskan Presiden Soekarno sebagai waliy al-amri al-dlaruri bi al-syawkah atau pemegang pemerintahan dengan kekuasaan penuh.

Dalam buku itu juga dijelaskan titik temu nasionalisme dijelaskan bahwa keputusan itu diambil sebagai antisipasi terhadap ancaman pemberontakan yang ingin menggulingkan Soekarno dan mengganti Pancasila sebagai dasar negara. Keputusan itu juga dilakukan untuk menyatukan para nahdliyin terkait sikap NU dalam mendukung pemerintahan Indonesia.

sumber merdeka
« PREV
NEXT »

No comments