Top News :
Home » » Ini 8 Alasan Bangga Menjadi Pelajar Al-Azhar

Ini 8 Alasan Bangga Menjadi Pelajar Al-Azhar

Posted on Friday, 11 September 2015 | garis 12:00

Muslimedianews.com ~ Para pelajar/santri baru Al-Azhar mulai berdatangan dari seluruh penjuru dunia Islam, baik yang menempuh pendidikan jenjang menengah pertama, menengah atas, S-1, S-2 maupun S-3. Mereka semua adalah delegasi-delegasi pilihan dari negara mereka masing-masing yang setelah merampungkan jenjang pendidikan di Al-Azhar mereka akan menjadi delegasi-delegasi Al-Azhar ke negara masing-masing guna menyebarkan dakwah Islam yang rahmatan lil ‘alamin.

Siapapun  yang sedang menempuh pendidikan di Al-Azhar, ia harus sadar bahwa ia adalah orang pilihan dari sekian ribu bahkan juta warga di negaranya. Oleh karenanya, niat awal untuk belajar dan menimbah keberkahan dari institusi Islam tertua di dunia harus tetap terpelihara hingga ia kembali lagi ke negaranya.

Berikut 8 alasan mengapa Anda harus bangga menjadi pelajar Al-Azhar.

1- Al-Azhar adalah satu-satunya institusi Islam tertua di dunia yang masih sangat eksis di dunia pendidikan lebih dari 1000 tahun, usia yang sangat matang bagi sebuah lembaga pendidikan.

2- Al-Azhar telah terbukti berhasil melahirkan ulama-ulama besar dunia, semisal Syaikh Mutawalli Sya’rawi, Syaikh Abdul Halim Mahmud, Syaikh Muhammad Ghazali, Syaikh Muhammad Said Ramadhan al-Bauthi, Syaikh Hasan Hitu, Syaikh Wahbah Zuhaili, Sayyid Muhammad bin Alawi al-Maliki, Syaikh Ali Gomaa, Syaikh Yusuf al-Qardhawi, dan lainnya.

3- Al-Azhar adalah lembaga pendidikan bertarap internasional yang terbuka dan dapat diakses oleh seluruh kalangan masyarakat, dari anak menteri hingga petani.

4- Al-Azhar merupakan lembaga Islam terbesar yang senantiasa berkomitmen menjaga mazhab Ahlussunnah Wal Jamaah; Asy’ari dan Maturidi (akidah), Hanafi, Maliki, Syafii, dan Hambali (Fikih), dan al-Junaid/al-Ghazali (tasawuf).

5- Al-Azhar secara lengkap mengajarkan ilmu-ilmu wasail (sarana/alat) dan maqashid (sasaran/tujuan).

6- Al-Azhar senantiasa mengajarkan materi muqaranah al-madzahib (perbandingan mazhab) sehingga melahirkan generasi-generasi yang toleran dan mau menerima perbedaan.

7- Al-Azhar mengajarkan tasawuf (al-ihsan) baik secara verbal (perkataan/tulisan) maupun keteladanan dari para masyayihknya, sehingga generasi yang lahir selalu amanah dan takut kepada Allah SWT. dalam menyebarkan dakwah Islam ke seluruh penjuru dunia.

8- Al-Azhar adalah institusi Islam terdepan yang membela kepentingan umat Islam di tengah berbagai problematika yang terjadi dewasa ini.

Demikianlah 8 alasan mengapa Anda harus bangga menjadi pelajar Al-Azhar, karena Anda benar-benar orang pilihan untuk menyebarkan risalah Islam yang suci ke berbagai penjuru dengan pemahaman yang benar. Delapan alasan yang kami tulis sesuai jumlah pintu surga ini semoga menjadi penyemangat kita bersama selama belajar di Al-Azhar hingga kelak kita berkumpul bersama di surga Allah Ta’ala.

Ahmad Dzulfikar Fawzi
Direktur Ruwaq Azhar Center

Share this post
:
Comments
0 Comments

Post a Comment

 
Konten boleh dicopy dan disebarkan untuk dakwah | Cantumkan www.muslimedianews.com
Copyright © 2013-2014. Muslimedia News - Media Islam | Voice of Muslim - All Rights Reserved
RSS | Sitemap | MMN dan Redaksi | Disclaimer | Contact | Iklan
Support IT : MK | JT | MT and IT Muslimedia News