BREAKING NEWS
latest

728x90

468x60

Thursday, October 29, 2015

Kisah Ulama Pecinta Kitab Shahih Al-Bukhari dengan Anaknya

Muslimedianews.com ~ Syaikh Abdul Wakil Abdul Haq al-Hasyimi, pengajar shohih al-Bukhory di Masjidil Haram bertutur tentang kisah ayahnya, Syaikh Abdul Haq al-Hasyimi yang begitu mencintai Kitab hadits Shohih al-Bukhory.

Beliau berkisah bagaimana membekasnya kecintaan kepada Shahih al-Bukhary dibawa ayahnya sampai wafat. Pada suatu hari, Syaikh Abdul Wakil ditanya tentang sebuah hadits di dalam riwayat al-Bukhari, namun dia tidak tahu di bab mana hadits itu berada. Lalu, beliau pulang dan tidur sambil memendam kecewa karena tidak menjawab pertanyaan itu.

Pada saat tidur, ia bermimpi bertemu dengan sang ayah, Syaikh Abdul Haq. Di dalam mimpi itu, ia bertanya kepada ayahnya, " wahai ayah di mana keberadaan hadits ini?" Sang ayah pun menjawab," bukanlah sudah aku wasiatkan kepadamu jangan tinggalkan belajar shahih al-Bukhari? Imam al-Bukhari menempatkan hadits itu di salah satu bab di dalam kitabul Jihad!"

Masya Allah, ternyata kecintaan kepada ilmu itu dibawa sampai mati. Buktinya, sudah mati saja bisa memberi tahu di mana letak haditsnya. Bagaimana selama masih hidup.

Dikutip dari Adatul Imam al-Bukhari, hal.11

Ust. Abdi Kurnia Djohan
« PREV
NEXT »

No comments