BREAKING NEWS
latest

728x90

468x60

Wednesday, October 21, 2015

Peta Aliran dalam Islam dalam Tarikh al-Madzahib al-Islamiyah

Muslimedianews.com ~ Syaikh al-Azhar, Abu Zahrah, telah mengarang kitab Tarikh al-Madzahib al-Islamiyah, sebuah kitab yang menghimpun secara ringkas dan padat tentang peta aliran-aliran dalam Islam.

Ada aliran yang sejak awal lebih dilatarbepakangi oleh politik, yakni Khawarij (kelompok yang keluar dari barisan pasukan Sayidina Ali) dan Syiah (kelompok yang tidak hanya membela Sayidina Ali, bahkan mereka meyakini Sayidina Ali lah yang berhak menjadi pemimpin umat Islam setelah Rasulullah Saw). Oleh karenanya, tipikal kedua aliran ini selalu berkaitan dengan masalah negara, bahkan Syiah telah memiliki Republik Iran. Akhirnya pun mereka tetap memiliki akidah sendiri.

Di luar masalah politik, ternyata ada pula yang menjadi sebab lahirnya aliran-aliran dalam Islam, yakni masalah akidah (teologi). Termasuk disinilah ranah lahirnya Madzhab Ahlisunnah wal Jamaah, yang hingga kini menjadi golongan terbesar umat Islam sejak ribuan tahun silam hingga kini (di Indonesia Aswaja ini memiliki wadah perjuangan dalam organisasi Nahdlatul Ulama). Mereka yang berada di ranah yang kedua ini umumnya dapat hidup di negara manapun, karena meman idiologi utamanya masalah akidah, bukan sistem kenegaraan dan politik.

Yang menarik di buku ini, Syaikh Abu Zahrah mencantumkan aliran-aliran baru, bagi beliau kala itu masih muncul 3 aliran, yakni Wahabi, Bahaiyah dan Ahmadiyah.

Ust. M. Ma'ruf Khozin

« PREV
NEXT »

No comments