BREAKING NEWS
latest

728x90

468x60

Thursday, October 29, 2015

Robek Poster Erdogan, 2 Bocah Turki Diadili Atas Penghinaan Presiden

Ankara, Muslimedianews.com ~ Dua anak sekolah berumur 12 tahun dan 13 tahun di Turki harus berurusan dengan hukum karena merobek poster Presiden Recep Tayyip Erdogan. Kedua bocah laki-laki itu didakwa atas penghinaan presiden.

Dengan dakwaan penghinaan yang diajukan jaksa penuntut di kota Diyarbakir terhadap kedua bocah itu, maka keduanya terancam hukuman penjara antara 14 bulan hingga empat tahun. Demikian seperti diberitakan surat kabar Turki, Hurriyet dan dilansir AFP, Rabu (28/10/2015).

Disebutkan jaksa, kedua bocah Turki tersebut ditangkap pada Mei lalu usai merobek poster Erdogan di jalanan Diyarbakir. Namun di persidangan, keduanya mengaku tidak tahu kalau gambar tersebut adalah Erdogan.

"Kami tidak memperhatikan siapa yang ada di gambar itu, kami tidak tahu siapa itu," tutur terdakwa berumur 12 tahun yang hanya diidentifikasi dengan inisialnya, K.Y.

Kedua anak tersebut diadili sesuai pasal hukum pidana yang menghukum siapapun yang "merusak gambar" kepala negara dengan hukuman penjara maksimum empat tahun.

Namun kasus ini dianggap terlalu dilebih-lebihkan. "Jika presiden mengadili dua anak yang merobek sebuah poster, ini sangat menyedihkan untuk keadilan," cetus pengacara kedua anak itu, Ismail Korkmaz.

Sebelumnya, beberapa remaja juga telah diadili di Turki atas tuduhan serupa, hingga memicu kekhawatiran akan kebebasan berekspresi di bawah kepemimpinan Erdogan.

Menurut para pengkritik, Erdogan kini semakin otoriter sejak menjadi presiden pada Agustus 2014, setelah lebih dari satu dekade menjadi perdana menteri. Belakangan ini, jumlah kasus hukum atas dakwaan menghina Erdogan telah meningkat. (ita/ita)

sumber via detik
« PREV
NEXT »

No comments