Top News :
Home » » Strategi Orang Tua Dalam Membentuk Karakter Anak Menurut Islam

Strategi Orang Tua Dalam Membentuk Karakter Anak Menurut Islam

Posted on Monday, 26 October 2015 | garis 08:20

Muslimedianews.com ~ STRATEGI ORANG TUA DALAM MEMBENTUK KARAKTER ANAK MENURUT ISLAM

Latar Belakang
Dalam kehidupan dewasa ini, dengan berbagai macam fasilitas teknologi yang serba mutakhir dimana manusia serba mudah mendapatkan sesuatu informasi ataupun yang lainnya baik hal kebaikan maupun keburukan. Oleh karenanya manusia masa kini perlu mempunyai filter yang ekstra agar dirinya bisa selamat dunia dan akherat. Bukan saja selamat untuk dirinya namun untuk anak , istri dan keluarganya. Adapun fenomena akhir-akhir ini banyak orang tua yang sukses namun itu hanya untuk dirinya akan tetapi tidak untuk keluarganya.
   
Dengan kata lain, banyak kejadian sekarang ini orang tuanya sukses dengan melimpah harta kekayaannya, dan pangkat jabatannya, serta kehormatannya, di tengah-tengah masyarakat, namun pada saat yang bersamaan anaknya suka minum-minuman keras, mengkonsumsi narkoba,  maen perempuan, maen judi, tawuran dan hal – hal negative lainnya.

Bukankah orang tua  nantinya akan di mintai pertanggung jawaban anaknya kelak di yaumil qiyamah ?.  Apakah orang tua kurang peduli pada perkembangan anaknya ?.  Ataukah tokoh agama maupun tokoh  masyarakatnya   yang kurang memberi contoh keteladanan terhadap para anak –  anak atau remajanya ? . Atas dasar fenomena yang terjadi di tengah – tengah masyarakat itulah, penulis bersemangat untuk mencoba menelisik hal – hal apa saja yang  mendasari dan menyebabkan anak tersebut tidak mempunyai karakter.

Pendidikan islam adalah proses penyadaran diri manusia untuk selalu mengikuti Allah dan Rosul-Nya agar mendapat ridho,taufik dan hidayah-Nya supaya selamat di dunia dan akherat.Adapun makna karakter adalah sikap, tindak tanduk atau kepribadian seseorang yang mencerminkan kualitas diri.Dengan demikian yang di harapkan dalam implementasi pembentukan karakter anak oleh orang tua dalam keluarga menurut pendidikan islam adalah bagaimana caranya orang tua biar anaknya itu memiliki akhlak yang terpuji, watak yang baik, sikap yang lurus, tindak tanduk yang sopan dan kepribadian yang menyenangkan.

Pembahasan
Ada beberapa sumber yang bisa di jadikan literatur, referensi atau rujukan strategi orang tua dalam membentuk karakter anak menurut islam adalah :

Menurut Kitab AL HIKAM karangan Syech Ibnu ‘Atha’illah as-Sakandari  ( w. 709 H / 1309 M ) telah memberikan resep kepada orang tua agar bisa mewujudkan anak berkarakter dan sholeh sholehah. Hal inilah menurut penulis menjadi dasar konsep pembentukan karakter dalam pandangan Islam. Menurut Syeich Ibnu ‘Atha’illah as-Sakandari Ada 4 ( empat ) hal yang orang tua harus lakukan terhadap anak, agar anaknya berkarakter dan sholeh sholehah adalah :
  • Tarbiyatul aulad fiddin masukan anak ke pendidikan agama.,
  • Thoamuhu min halaalin hendaklah anak di kasih makan dengan makanan yang halal.,
  • Uswatun khasanah hendaklah orang tua menjadi suri tauladan (contoh yang baik).  
  • Bid dua’i hendaklah orang tua jangan henti-hentinya selalu berdo’a kepada Alloh SWT. Sebab do’anya orang tua terhadap anak seperti do’anya Nabi terhadap umatnya dan do’a adalah intisari Ibadah.
Menurut Amirulloh Syarbini ( 2012 : 64-103 ) bahwa ada 8 (delapan) metode untuk orang tua dalam mendidik anak dirumah biar anaknya memiliki karakter yaitu sebagai berikut :
1. Mendidik melalui keteladanan.
2. Mendidik melalui perhatian.
3. Mendidik melalui kasih saying.
4. Mendidik melalui nasihat.
5. Mendidik melalui curhat.
6. Mendidik melalui pembiasaan.
7. Mendidik melalui cerita dan kisah.
8. Mendidik melalui penghargaan dan hukuman.

Menurut Drs. H. Achfas Tafsir yang merupakan narasumber utama di dalam penelitian tesis penulis, dimana beliau merupakan keluarga teladan tahun 2014 versi Kemenag Kanwil Jawa Tengah bahwa ada beberapa kiat yang harus di upayakan oleh orang tua  untuk mewujudkan anak yang berkarakter , sholeh dan sukses yaitu :

1. Tanamkan Ruh Diniyah utamanya pada umur – umuran emas yaitu pada usia anak umur 1 tahun – 10 tahun.
2. Rosul perintah anak sholat. Di dalam perintah sholat ada hikmah / perintah, pendidik :
a. Kedisiplinan
b. Kejujuran
c. Kebersihan
d. Menghargai waktu
e. Kewiraswastaan
f. Ketaatan
g. Dan lian – lain

3. Sedikit perintah, banyak teladan dari orang tua dan lingkungan.
4. Tepati janji sama anak.
5. Matikan TV saat anak belajar.
6. Bacaan sholat wajib sempurna dikala umur 10 tahun.
7. Ajak ke toko buku sering – sering.
8. Jauhkan dari film karikatur.
9. Orang tua  jangan bertengkar di hadapan anak.
10. Ajak silaturahmi kepada guru, ustadz atau kyai.
11. Carilah teman yang baik.
12. Bahasa jawa kromo jangan di tinggalkan.
13. Umur anak ( priodesasinya )
a. 1 – 7 tahun anak itu raja.
b. 7 – 14 tahun anak itu tawanan.
c. 14 – 21 anak itu teman dan pembantu orang tua.

14. Banyak cerita / qisah / dongeng  yang mendidik pada  anak usia 1 tahun – 10 tahun.
15. Ajari sholat yang betul.
16. Hormat ta’dhim kepada :
a.    Orang Tua
b.    Guru / Ustadz
c.    Kyai


Kesimpulan
Dari uraian di atas dapat disimpulkan bahwa hendaknya orang tua memasukkan pendidikan untuk anaknya mempertimbangkan sejauh mana lembaga pendidikan tersebut memberi porsi lebih banyak terhadap pelajaran agama, nilai-nilai moral dan etika dari pada pelajaran umumnya.

Disamping itu, orang tua hendaknya memberikan teladan, nasihat-nasihat kepada anak agar giat belajar, karena dengan pendidikannya nanti bisa mencapai masa depan yang cerah. Dan tidak kalah penting juga hendaknya orang tua menjaga asupan makanan anaknya dari mana makanan itu berasal dan apa jenisnya makanan tersebut sehingga pembentukan karakter yang di dambakan dapat terwujud dengan mudah.

Daftar Pustaka :
Kitab Al Hikam
Tesis : Implementasi Pembentukan Karakter Anak oleh Orang Tua dalam  Keluarga menurut KH.Achfas Tafsir
Buku : Pendidikan Karekter

Penulis : Ust. Hadi Mulyanto, S.Pd.I., M.Pd.I
Dosen Pendidikan Agama dis POLTEK HARBER Tegal

Share this post
:
Comments
0 Comments

Post a Comment

 
Konten boleh dicopy dan disebarkan untuk dakwah | Cantumkan www.muslimedianews.com
Copyright © 2013-2014. Muslimedia News - Media Islam | Voice of Muslim - All Rights Reserved
RSS | Sitemap | MMN dan Redaksi | Disclaimer | Contact | Iklan
Support IT : MK | JT | MT and IT Muslimedia News