Top News :
Home » , » Umur dan Lokasi Makam 25 Nabi dan Rasul

Umur dan Lokasi Makam 25 Nabi dan Rasul

Posted on Sunday, 25 October 2015 | garis 00:51

Muslimedianews.com ~ Dari 25 nabi dan rasul Allah yang wajib kita ketahui, sedikit yang mengetahui detail umur dan tempat di mana mereka dimakamkan. Bahkan ternyata dari 25 nabi dan rasul tersebut, ada 3 nabi yang masih hidup sampai sekarang yakni Nabi Idris, Nabi Ilyas dan Nabi Isa As. Ditambah lagi satu nabi (bukan rasul) yang masyhur bagi kita, Nabi Khidir As.

1. Nabi Adam As. Umur 1000 tahun selama mendiami bumi. Makam di India, menurut satu pendapat di Makkah dan pendapat lain di Baitul Maqdis Palestina.
2. Nabi Idris (Akhnukh) As. Pernah diwafatkan 2 kali, saat minta diperlihatkan surga dan saat minta diperlihatkan neraka. Diangkat ke surga dan ke langit 4 saat umur 365 tahun. Bisa masuk dan merasakan kenikmatan surga sekaligus bisa masuk ke langit saat hendak beribadah.

3. Nabi Nuh (Yasykur/Abdul Ghaffar) As. Umur 950 tahun. Makam di Masjid Kufah, menurut satu pendapat di al-Jabal al-Ahmar (Gunung Merah), pendapat lain di kota dekat al-Kurk dan pendapat lain di dalam Masjidil Haram Makkah.

4. Nabi Hud As. Umur 464 tahun. Tinggal di al-Ahqaf Rubu' al-Khali Yaman dan hijrah ke Hadhramaut. Makam di atas sebuah bukit (menurut satu pendapat disebut Jabal 'Ad), di suatu tempat lebih kurang 50 km dari kota Seiwun Hadhramaut Yaman.

5. Nabi Shalih As. Umur 180 tahun. Makam di sekitar Ka’bah dekat Maqam Ibrahim Makkah.

6. Nabi Ibrahim As. Umur 175, pendapat lain 200 tahun. Lahir 1.273 tahun setelah peristiwa banjir bandang masa Nabi Nuh As. Makam di Kota al-Khalil Palestina dimakamkan bersama istri pertamanya, Siti Sarah.

7. Nabi Luth As. Umur belum diketahui. Makam di Gharurah Zaghr, wafat sezaman dengan Nabi Ibrahim As.

8. Nabi Isma’il As. Umur 137 tahun. Saat hendak disembelih berumur 20 tahun. Makam di bawah Mizab Ka'bah, di samping makam ibundanya, Siti Hajar.

9. Nabi Ishaq As. Umur 160 tahun. Lahir 30 tahun setelah lahirnya Nabi Isma'il As. Makam di Kota al-Khalil Palestina bersama ayahandanya, Nabi Ibrahim As.

10. Nabi Ya’qub As. Umur 137 tahun. Wafat di Mesir dan berwasiat kepada salah satu putranya, Nabi Yusuf As., agar jenazahnya dipindah dan dimakamkan di Kota al-Khalil Palestina.

11. Nabi Yusuf As. Umur 120 tahun. Wafat di Mesir dan dimakamkan secara rahasia di sekitaran sungai Nil. Hingga kemudian jenazahnya terkubur di dasar sungai Nil selama 300 tahun. Lalu Allah mewahyukan Nabi Musa As. agar memindahkan jenazah Nabi Yusuf As. dan memakamkannya di samping Nabi Ibrahim As., di Kota al-Khalil Palestina. Nabi Musa lahir 500 tahun dari kewafatan Nabi Yusuf As.

12. Nabi Ayyub As. Umur 73, pendapat lain 100 tahun. Makam di Hauran atau di Desa Syaikh Sa’d, dekat Kota Damasykus Syria.

13. Nabi Syu’aib As. Umur belum diketahui. Makam di Desa Hathin dekat Kota Thabariyah Syria.

14. Nabi Musa As. Umur 120 tahun. Lahir 500 tahun setelah wafatnya Nabi Yusuf As. Wafat di daerah gunung Thursina dan dimakamkan di sana.

15. Nabi Harun As. Umur 122 tahun. Wafat di daerah gunung Thursina dan dimakamkan di sana.

16. Nabi Dzul Kifli As. Umur belum diketahui. Lahir di Mesir dan wafat di daerah gunung Thursina, menurut salah satu pendapat Makamnya di samping ayahandanya di salah satu kota di Syam (Syria).

17. Nabi Dawud As. Umur 100 tahun. Menjadi raja dan nabi saat umur 40 tahun.  Makamnya di Thabariyah Syria, pendapat lain di samping makam ayahnya di Masjid Baitul Maqdis Palestina.

18. Nabi Sulaiman As. Umur 180 tahun. Mewarisi kerajaan ayahandanya saat umur 23 tahun. Makamnya di Masjid Baitul Maqdis Palestina, pendapat lain di 'Antab.

19. Nabi Ilyas As. Dilahirkan setelah masuknya Bani Israel ke Palestina. Nabi Ilyas As. belum wafat sampai sekarang, dan akan diwafatkan bersama Nabi Khidir As. tatkala al-Quran tiada lagi di bumi ini. Setiap tahun Nabi Ilyas As. dan Nabi Khidir As. bertemu saat musim haji di Arafah dan Masjid al-Khaif di Mina.

20. Nabi Ilyasa’ As. Umur belum diketahui. Daerah yang dituju setelah kaumnya ingkar adalah ke Kota Banyas. Makamnya di Palestina.

21. Nabi Yunus As. Umur belum diketahu. Makam di Kufah, pendapat lain di dekat Kota Shaida Syria.


22. Nabi Zakariya As. Umur 300 tahun, pendapat lain kurang dari itu. Memohon kepada Allah Swt. dikaruniai anak lelaki saat umurnya 120 tahun. Wafat dibunuh dengan cara digergaji saat dirinya dilindungi di dalam pohon oleh orang yang telah menyembelih putranya, Nabi Yahya As. Makam di Nablus, lalu dipindahkan ke Halb.

23. Nabi Yahya As. Umur 95 tahun. Lahir di tahun yang sama dengan kelahiran Nabi Isa As. Wafat di Palestina ketika sedang berada di Mihrab dengan cara disembelih oleh utusan seorang wanita jahat dari pihak kerajaan yang dzalim. Tubuhnya dimakamkan di Palestina, kepalanya dimakamkan di Masjid Jami’ al-Amawi Damaskus Syria, tangannya dimakamkan di Beirut, dan kakinya dimakamkan di Shaida Syria.

24. Nabi Isa al-Masih As. Umur 33 tahun di bumi, kemudian Allah mengangkatnya ke langit setelah 3 tahun diangkat menjadi nabi. Dikatakan bahwa ibunda Nabi Isa As., Siti Maryam, hidup 6 tahun setelah Nabi Isa diangkat ke langit. Umur Siti Maryam 53 tahun. Jarak antara Nabi Isa As. dengan Nabi Muhammad Saw. adalah sekitar 600 tahun, pendapat lain 540 tahun.

25. Nabi Muhammad Saw. Lahir di Makkah tahun 570 M dan wafat ketika berumur 63 tahun. Wafat dan dimakamkan di rumah Siti Aisyah di Masjid Nabawi Madinah.

Jika ada yang memiliki refferensi lebih, silakan ditambahi sebagai pelengkap data di atas. Terimakasih. (Sya'roni As-Samfuriy IBJ, disarikan dari Badai' az-Zuhur karya Imam as-Suyuthi dan kitab lainnya).

Share this post
:
Comments
0 Comments

Post a Comment

 
Konten boleh dicopy dan disebarkan untuk dakwah | Cantumkan www.muslimedianews.com
Copyright © 2013-2014. Muslimedia News - Media Islam | Voice of Muslim - All Rights Reserved
RSS | Sitemap | MMN dan Redaksi | Disclaimer | Contact | Iklan
Support IT : MK | JT | MT and IT Muslimedia News