Top News :
Home » » 5 Fakta Tentang Populasi Muslim di Eropa Berdasarkan Pew Research Center

5 Fakta Tentang Populasi Muslim di Eropa Berdasarkan Pew Research Center

Posted on Saturday, 21 November 2015 | garis 13:00

Muslimedianews.com ~ Peristiwa pembuhunan yang terjadi di Paris akhir-akhir ini, serta kedatangan ratusan ribu pengungsi yang sebagian besar terdiri umat Islam ke Eropa telah menarik perhatian baru terkait dengan populasi Muslim di benua tersebut.

Di banyak negara Eropa, termasuk Perancis, Belgia, Jerman, Inggris dan Belanda, merasakan kekhawatiran tentang perkembangan komunitas Muslim. Tapi seberapa besar kah penduduk Muslim di Eropa, dan seberapa cepat pertumbuhannya.

Pew Research Center, dengan menggunakan perkiraan populasi umat Islam terbaru, mengungkap setidaknya 5 fakta menarik tentang umat Islam di Eropa, antara lain :


Pertama, Jerman dan Perancis ternyata memiliki populasi umat  Islam terbesar di antara negara-negara anggota Uni Eropa (European Union). Pada 2010, ada 4,8 juta Muslim di Jerman (5,8% berasal dari penduduk negara itu) dan 4,7 juta Muslim di Perancis (7,5%). Bagaimana pun, di Eropa secara keseluruhan, populasi umat Islam di Rusia yang berjumlah 14 juta Muslim (10%) adalah yang terbesar di benua itu.

Kedua, Umat Islam dari total populasi Eropa mengalami peningkatan terus. Dalam beberapa dekade terakhir, penduduk muslim di seluruh Eropa tumbuh sekitar 1 persen dalam satu dekade, dari 4% pada tahun 1990 menjadi 6% di tahun 2010. Pola ini diperkirakan akan terus berlanjut hingga tahun 2030, ketika umat Islam diproyeksikan untuk menjadi 8% dari populasi Eropa.

Ketiga, Umat Islam masih lebih muda daripada penduduk Eropa lainnya. Pada tahun 2010, usia rata-rata umat Islam di seluruh Eropa adalah 32 tahun, delapan tahun lebih muda dari rata-rata untuk semua orang Eropa (40) tahun. Sebaliknya, usia rata-rata penganut agama tidak terafiliasi di Eropa, termasuk ateis, agnostik dan mereka yang tidak beragama khususnya, adalah 37 tahun. Usia rata-rata orang Kristen Eropa adalah 42 tahun.

Keempat, Cara pandang terhadap umat Islam bervariasi diantara negara-negara Eropa. Sebuah survei Pew Research yang dilakukan musim semi lalu menemukan bahwa mayoritas di Perancis Inggris dan Jerman memiliki pandangan positif terhadap umat Islam. Pandangan itu tersebar di Spanyol, sementara pandangan negatif terhadap muslim tersebar di Italia, Yunani dan Polandia.

Kelima, pada tahun 2010, Uni Eropa adalah rumah bagi sekitar 13 juta imigran Muslim. Populasi Muslim asing lahir di Jerman, khususnya terdiri dari imigran Turki, tetapi juga mencakup banyak lahir di Kosovo, Irak, Bosnia Herzegovina dan Maroko. Diperkiran ada 3 juta Muslim kelahiran asing di Perancis yang sebagian besar dari bekas koloni Perancis dari Aljazair, Maroko dan Tunisia.

Pew Research Center merupakan sebuah lembaga di Amerika nonpartisan yang berbasis di Washington, DC, yang memberikan informasi tentang isu-isu sosial, opini publik, dan tren demografi membentuk Amerika Serikat dan dunia.

Ibnu Manshur

Share this post
:
Comments
0 Comments

Post a Comment

 
Konten boleh dicopy dan disebarkan untuk dakwah | Cantumkan www.muslimedianews.com
Copyright © 2013-2014. Muslimedia News - Media Islam | Voice of Muslim - All Rights Reserved
RSS | Sitemap | MMN dan Redaksi | Disclaimer | Contact | Iklan
Support IT : MK | JT | MT and IT Muslimedia News