Top News :
Home » » Apakah Kaget Bisa Membatalkan Wudlu ?

Apakah Kaget Bisa Membatalkan Wudlu ?

Posted on Tuesday, 24 November 2015 | garis 15:09

Muslimedianews.com ~ Sebagaimana diketahui bawha hal-hal yang membatalkan wudlu antara lain: menyentuh kulit laki-laki ajnabi atau wanita ajnabiyah tanpa adanya penghalang, menyentuh qubul atau dubur dengan telapak tangan, keluar sesuau dari dua jalan (qubul dan dubur), dan hilang akal disebabkan tidur atau sebab lainnya.

Berkaitan dengan hilangnya tamyiz/akal atau hilangnya kesadaran, tidak hanya disebabkan oleh gila, pingsan, tidur atau semacamnya, tetapi juga bisa disebabkan karena kaget.

Didalam kitab Safinatun Najah dijelaskan:

(الثاني ) زوال العقل بنوم أو غيره إلا نوم قاعد ، ممكن مقعده من الأرض
"Hal yang membatalkan wudhu ke-dua adalah hilangnya akal disebabkan karena tidur atau "lainnya" kecuali tidurnya orang yang menetapkan pantatnya pada tanah".

Kaget yang menyebabkan batalnya wudlu' adalah kaget yang berlebihan hingga menghilangkan kesadaran seperti kaget karena tersambar petir. Orang yang tersambar petir, selain merasa ketakutan, kadang pula tidak tahu dimana ia berada. Seperi jelaskan dalam kitab Riyadhul Badi'ah hal 17  :

وينتقض مصعوق ومذعور ومسحور لزوال تمييزهم
"Batal wudhu seorang yang tersambar petir, orang yang sangat kaget, dan orang yang kena sihir karena hilang tamyiz/akal mereka".

Bila kaget dalam taraf normal, maka tidak sampai membatalkan wudlu', seperti kaget karena disengat lebah atau kalajengking dan sebagainya. Contoh, dalam I'anathuth Thalibin Syarh Fath al-Mu'in terdapat keterangan sebagai berikut:

( و ) ثامنها ( جلوس بينهما ) أي السجدتين ولو في نفل على المعتمد  ويجب أن لا يقصد برفعه غيره فلو رفع فزعا من نحو لسع عقرب أعاد السجود
"Rukun shalat yang ke-8 adalah duduk diantara dua sujud meskipun pada shalat sunah menurut pendapat yang dapat dijadikan pegangan (mu’tamad). Dan diwajibkan agar tidak punya tujuan selain duduk diantara dua sujud saat ia bangun dari sujudnya, bila ia bangun dari sujud karena kaget seperti disebabkan oleh sengatan kalajengking maka ulangilah bersujud".


Dalam keterangan diatas, hanya dicukupkan mengulangi sujudnya meskipun kaget oleh sengatan kalajengking. Hal itu karena kaget yang terjadi tersebut tidak sampai menghilangkan kesadaran atau masih dalam taraf normal, sehingga tidak pula membatalkan / merusak shalatnya.

Ibn L' Rabassa/Referensi PISS KTB


Share this post
:
Comments
0 Comments

Post a Comment

 
Konten boleh dicopy dan disebarkan untuk dakwah | Cantumkan www.muslimedianews.com
Copyright © 2013-2014. Muslimedia News - Media Islam | Voice of Muslim - All Rights Reserved
RSS | Sitemap | MMN dan Redaksi | Disclaimer | Contact | Iklan
Support IT : MK | JT | MT and IT Muslimedia News