Top News :
Home » » GP Ansor NU Ziarahi Makam Pendiri Muhammadiyah KH. Ahmad Dahlan

GP Ansor NU Ziarahi Makam Pendiri Muhammadiyah KH. Ahmad Dahlan

Posted on Tuesday, 24 November 2015 | garis 23:30

Muslimedianews.com ~ Gerakan Pemuda Ansor (GP Ansor) akan menggelar Kongres XV pada 25-27 November 2015 di Yogyakarta. Kongres merupakan forum tertinggi dalam organisasi kepemudaan di bawah Nahdlatul Ulama ini.

Kongres GP Ansor akan digelar di Pesantren Ki Ageng Pandanaran, Jl Kaliurang Km 12,5, Sardonoharjo, Sleman, Yogyakarta. Kongres akan diikuti oleh sekitar 3.000 utusan dari unsur pimpinan pusat, pimpinan wilayah, dan pimpinan cabang se-Indonesia.

Sebelum Kongres digelar, panitia juga menggelar sejumlah kegiatan di antaranya pada hari ini Senin (23/11) dilaksanakan Ziarah ke Makam Sejumlah Tokoh dan Alim Ulama di Yogyakarta.

Ziarah yang diikuti oleh Kader GP Ansor, khususnya Barisan Ansor Serbaguna (BANSER) yakni ke makan KH Moenawir, KH Ali Maksum, KH Mufid (Krapyak), Sultan Agung dan para raja-raja Mataram (Imogiri), Raden Santri (Muntilan), dan makam sesepuh pesantren Ki Ageng Pandanaran (Sleman).

KH Moenawir adalah pendiri Pesantren Krapyak. Ia pulang dari Makkah pada 1909 M., lantas mendakwahkan Al-Quran di sekitar kediaman beliau di Kauman. KH Ali Maksum adalah Rais Aam PBNU ketika Gus Dur menjadi Ketua Umum PBNU.

Raden Santri adalah seorang ulama yang menyebarkan agama Islam di sekitar gunung Merapi, Merbabu, Andong, Sumbing, dan deretan pegunungan Menoreh di sepanjang Kali Progo. Raden Santri adalah putra Ki Ageng Pamanahan dan bergelar Kanjeng Pangeran Singosari.

GP Ansor juga akan menziarahi makan pendiri dan tokoh Muhammadiyah yakni KH Ahmad Dahlan di Mergangsan, dan Ki Bagus Hadikusumo di Kuncen. “Ini adalah bagian dari tradisi GP Ansor dan NU untuk selalu menghormati dan menghargai para pendahulu kita yang telah banyak berjasa,” kata Alfa Isnaeni, Ketua Satuan Koordinasi Nasional BANSER di sela-sela acara Ziarah, Senin (23/11/2015).

Selalu mendoakan para tokoh-tokoh tersebut, kata Alfa, melalui ziarah ini kader-kader Ansor dan Banser berharap dapat barokah, mengambil hikmah sejarah  dan inspirasi dari perjuangan mereka untuk umat, bangsa, negara dan agama.

“Kami berharap Kongres XV GP Ansor di Yogyakarta nanti berjalan sukses, mampu menghasilkan gagasan-gagasan baru untuk bangsa Indonesia, dan ummat,” kata Alfa.

sumber nu.or.id

Share this post
:
Comments
0 Comments

Post a Comment

 
Konten boleh dicopy dan disebarkan untuk dakwah | Cantumkan www.muslimedianews.com
Copyright © 2013-2014. Muslimedia News - Media Islam | Voice of Muslim - All Rights Reserved
RSS | Sitemap | MMN dan Redaksi | Disclaimer | Contact | Iklan
Support IT : MK | JT | MT and IT Muslimedia News