Top News :
Home » , » Lembaga Keuangan Syariah sebagai Alternatif Lembaga Konvensional

Lembaga Keuangan Syariah sebagai Alternatif Lembaga Konvensional

Posted on Thursday, 12 November 2015 | garis 12:12

Muslimedianews.com ~ Lembaga keuangan syariah telah dipercaya menjadi alternatif bagi lembaga keuangan konvensional. Pertumbuhan lembaga keuangan konvensional tercatat lebih dari 20% dari dekade terakhir.Dampak dari munculnya industri keuangan syariah yang beragam yaitu munculnya akuntansi syariah untuk memenuhi persyaratan akuntansi dan pelaporan transaksi keuangan syariah, shariah governance dalam bentuk audit syariah atau review. Dengan adanya audit shariah untuk lembaga keuangan syariah memberikan jaminan yang independen kepada para pemegang saham mengenai hal-hal yang berkaitan dengan operasi lembaga keuangan syariah berdasarkan prinsip syariah. Akan tetapi  audit syariah ini tak terlepas dari masalah, salah satu masalah dalam audit syariah yaitu terbatasnya sumber daya manusia yang kompeten dalam pengetahuan dan kualifikasi, dan kurangnya kerangka audit syariah yang tepat. Pendidikan memegang kunci untuk mengatasi masalah sumber daya manusia.

Maka dari itu Yaqoob, dkk (2014) melakukan penelitian awal pada mahasiswa Brunei yang diharapkan menjadi bagian dari tenaga kerja audit syariah dimasa depan. Hasil membuktikan bahwahanya 40% dari responden yang berargumen auditor syariah melakukan dua pekerjaan, yang pertama mengaudit keuangan normal dan yang kedua berperan memeriksa kepatuhan syariah lembaga keuangan syariah.hal ini mencerminkan pemahaman mahasiswa terhadap audit syariah masih sangat minim.Selanjutnya Survei menunjukan 91% responden setuju bahwa auditor syariah harus dikembangkan secara tepat dalam kerangka hukum dan struktur harus diperkuat.Mereka memahami dengan baik karakteristik dan pengetahuan yang diperlukan dari auditor syariah. Tetapi mereka tidak mengetahui secara rinci tugas dan peran auditor di lembaga keuangan syariah bahkan lebih parahnya lagi mereka tidak mengetahui bahwa auditor syariah merupakan prospek karir masa depan.

Solusi dari masalah ini yaitu perlu dilakukannya sosialisasi kepada mahasiswa khususnya jurusan akuntansi, keungan dan syariah serta masyarakat pada umumnya bahwa auditor syariah merupakan prospek karir jangka panjang dan sosialisasi tentang tugas dan wewenang yang dilakukan oleh auditor syariah.Selain itu solusinya adalah link match kurikulum yang berkaitan dengan audit dan muamalah di lembaga pendidikan bersangkutan. Dan dibutuhkannya kerjasama antara lembaga pendidikan dengan industri. Disisi lain bagi pihak lembaga pendidikan harus membuat link and match kurikulum sehingga dapat memenuhi kebutuhan sumber daya manusia pada lembaga keuangan syariah dan menghasilkan lulusan ganda yaitu akuntansi dan syariah (Mardian, 2013, hal 179-198)

Penulis : Nadia Farhana Izzatika
Mahasiswi Jurusan Akuntansi Syariah di STEI SEBI, Depok

Referensi :
- Yaacob Hisyam. Shafeek Fathima. Nahar S Hairul. 2014. Exploring Undergraduate Students’ Understanding of Shari’ah Auditing in Brunei.middle-East Journal of Scientific Research. 19 (1): 52-60.
- Mardian, S. 2013. Auditor Syariah: lulusan syariah atau lulusan akuntansi. Kordinat jurnal Komunikasi Antar Perguruan Tinggi Agama Islam Swasta. 8.1, 179-198



Share this post
:
Comments
0 Comments

Post a Comment

 
Konten boleh dicopy dan disebarkan untuk dakwah | Cantumkan www.muslimedianews.com
Copyright © 2013-2014. Muslimedia News - Media Islam | Voice of Muslim - All Rights Reserved
RSS | Sitemap | MMN dan Redaksi | Disclaimer | Contact | Iklan
Support IT : MK | JT | MT and IT Muslimedia News