Top News :
Home » » Menimbang Makna Hari Pahlawan di Era Modern

Menimbang Makna Hari Pahlawan di Era Modern

Posted on Friday, 13 November 2015 | garis 12:07

Muslimedianews.com ~ Selasa 10 November 2015 semua masyarakat memperingari Hari Pahlawan yang ke – 70 . Yang mana bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa-jasa para pahlawannya. Yaitu dimana sejatinya para pahlawan dulu telah susah payah melawan para penjajah dengan taruhanya harta,keluarga dan nyawa.

Pantas kalau para pahlawan dulu telah susah payah, kemudian kita sebagai penerus perjuangan mereka, kita kini memperingati sebagai momentum mengenang jasa-jasa mereka yang telah gugur di medan perjuangan.

Makna Pahlawan di Era Penjajah
Para Pahlawan adalah mereka yang telah mempersiapkan dirinya untuk mengumpulkan bakti, kiprah dan budi nya agar senantiasa mendapatkan pahala kelak ketika mereka tiada. Sehingga  pantas kalau pahlawan itu orang yang banyak pahalanya.

Pahlawan atau pahalawan yaitu orang yang pekerjaanya ingin senantiasa mendapat pahala. Hal itu sepanjang dalam bakti, kiprah dan budinya senantiasa ikhlas untuk mengharapkan ridha Allah SWT.

Makna Pahlawan di Era Modern
Pahlawan pasca kemerdekaan, atau di era modern sekarang ini
tentu tidak begitu berat seperti para pahlawan dulu yang selalu membawa senjata untuk melawan dan mengusir para penjajah.

Namun hakekat, essensi dan substansi makna pahlawan di era modern sekarang ini adalah orang-orang yang senantiasa bisa melawan hawa nafsu dari perbuatan mungkar. Perbuatan mungkar dalam arti disini adalah sangat luas yaitu korupsi, mencuri, merampok, mengedarkan dan konsumsi narkoba, berperilaku sewenang-wenang, tidak menghormati orang lain meras hebat sendiri, merasa kaya sendiri,merasa pintar sendiri, berkhianat, tidak amanah, bergaya hedonisme, lebih cinta produk luar negeri dan lain sebagainya.

Dengan kata lain, salah satu makna pahlawan di era modern adalah orang-orang yang senantiasa bisa melawan hawa nafsunya dari perbuatan korupsi, dimana korupsi sangat menyengsarakan masyarakat banyak dan membuat negara bangrut.

Oleh karena itu, pergeseran nilai dan makna pahlawan senantiasa untuk mengikuti perkembangan zaman yang ada agar senantiasa generasi muda sekarang ini lebih ke dalama mengimplementasikan nilai-nilai perjuangan yang ada, sehingga tidak kehilangan jati diri dan pijakan dalam setiap langkah dan geraknya.

Di samping itu, keteladanan para pemimpin kita juga sangat perlu di tonjolkan dan ditularkan ke generasi sekarang. Sehingga para generasi kita punya sosok dan figur yang senantiasa dapat menjadi inspirasi dalam bergerak dan berkarya.

Hikmah Hari Pahlawan
1. Senantiasa mengenang perjuangan para pejuang dulu yang telah gigih untuk merebut kemerdekaan dari para penjajah.
2. Menjadi motivasi bagi kaum muda agar tetap berjuang di jalan yang benar.
3. Menjadi landasan dalam perpijak bahwa perjuangan butuh pengorbanan.
4. Menjadi pelajaran bahwa sebuah impian agar meraih kesuksesan yang gemilang, semuanya butuh proses dan proses butuh waktu, tidak instan (ujug-ujug). Sehingga orang yang ingin sukses adalah orang yang mau untuk berproses diri.
5. Dapat mempertebal keimanan kita, dimana orang yang senantiasa berjuang denga ikhlas dan mengharap ridha Allah SWT akan mendapat balasan pahala yang setimpal dengan jerih payahnya yang ia perjuangan.

Semoga di Hari Pahlawan yang ke – 70, Bangsa Indonesia akan lebih dewasa dalam melangkah dan bertindak untuk mensejahterakan masyarakat.

Penulis : Ust. Hadi Mulyanto, S.Pd.I., M.Pd.I
Dosen Pendidikan Agama di Kampus POLTEK HARBER Kota Tegal

Share this post
:
Comments
0 Comments

Post a Comment

 
Konten boleh dicopy dan disebarkan untuk dakwah | Cantumkan www.muslimedianews.com
Copyright © 2013-2014. Muslimedia News - Media Islam | Voice of Muslim - All Rights Reserved
RSS | Sitemap | MMN dan Redaksi | Disclaimer | Contact | Iklan
Support IT : MK | JT | MT and IT Muslimedia News