Top News :
Home » » PMII Kota Malang Munculkan Tri Dharma Kaderisasi Dalam MUSPIMNAS di Ambon

PMII Kota Malang Munculkan Tri Dharma Kaderisasi Dalam MUSPIMNAS di Ambon

Posted on Friday, 20 November 2015 | garis 05:09

Muslimedianews.com ~ Di Ambon (18-22/11/2015), PMII Kota Malang siap munculkan Tri Dharma Kaderisasi dalam upaya mengembangkan PMII. Tri Dharma Kaderisasi diantaranya bidang pendidikan, penelitian, dan pemberdayaan masyarakat. Memang dalam perumusan seperti Tri Dharma Perguruan Tinggi, tetapi ini lebih pada ranah mewujudkan citra diri PMII. Pertama, dalam bidang pendidikan PMII lebih mengatur pada kurikulum kaderisasi formal, dan itu pun gejala sosial yang diambil terkesan ketinggalan zaman. Bentuk – bentuk pelatihan sebagai kaderisasi non formal juga perlu adanya pengaturan yang mana didasarkan dengan kerangka berpikir kader-kader PMII. Di sini yang harusnya di atur adalah bagaimana bentuk pelatihannya bukan saklek pada apa pelatihannya. Kalau pada apa pelatihannya justru akan mengkerdilkan jangkauan kreatifitas kader PMII. Kaderisasi non formal lebih membebaskan pada kebutuhan lokal kader-kader PMII saat ini. PMII hanya kesulitan kreatifitas bentuk pelatihan yang baru dan mudah untuk diterima hakikat pelatihan-pelatihan tersebut. Dari sini PMII Kota Malang tidak sepakat dengan tawaran PB PMII yang saklek terhadap materi pelatihannya,  itu di anjurkan saja. Tapi PB PMII harus merumuskan pola doktrinasi PMII, bentuk pelatihan-pelatihan dalam PMII, dan strategi pengembangan Soft Skill dan High Skill kader PMII serta memunculkan ciri khas PMIInya.

Kedua, penelitian atau riset  yang kurang di PMII sehingga PMII tertinggal ribuan langkah dari beberapa organisasi yang lain. Berapa banyak buku tentang pemikiran PMII yang ada di toko-toko buku? Berapa banyak pula hasil-hasil penelitian PMII terhadap gejala sosial terkini  yang diketahui banyak masyarakat ? semua itu akan terjawab jika PMII memiliki badan atau lembaga riset. Adanya lembaga riset PMII, akan menjadikan PMII memiliki data-data valid dalam mengawal gerakan dan kaderisasinya. Baik skala Nasionan maupun Internasional. Melemahnya data yang dimiliki kader PMII serta produk-produk penelitian di PMII dipandang perlu adanya lembaga riset atau penelitian di PMII.

Ketiga, dalam pemberdayaan masyarakat PMII harus mampu menemukan hal baru. Saat ini PMII sangat jarang terjun langsung ke masyarakat, justru hanya dijadikan senjata masyarakat untuk mendobrak para birokrat untuk turun ke masyarakat. Pertanyaannya, apakah PMII tidak bisa memberdayakan masyarakat ? sangat bisa. Potensi kader PMII de segala bidang sangat mumpuni dalam memberdayakan masyarakat, missal skala nasional dalam pertarungan kapitalis. PMII membantu masyarakat wujudkan ekonomi kerakyatan, dengan memperkuat Usaha Kecil Menengah dan membantu branding produk lokal. Dalam pergolakan ekonomi kita kalah dengan negara-negara maju karena organ gerakan mahasiswa tidak memiliki kecintaannya terhadap produk lokal. Dari situ PMII berperan sebagai motor penggerak cinta produk lokal untuk mewujudkan ekonomi kerakyatan. Berangkat dari permasalahan tersebut PMII Kota Malang mengusulkan bahwa seluruh tingkatan PMII dari PB PMII sampai Cabang wajib hukumnya memiliki desa binaan dan komisariat dan rayon hanya sebatas anjuran. Gunanya untuk memperkuat ekonomi bangsa dan kemandirian organisasi serta kemanfaatan organisasi PMII di masyarakat. Terserah binaan itu berbentuk apa, baik wilayah hukum, ekonomi, atau pun teknologi yang terpenting PMII melindungi masyarakat menengah ke bawah untuk menjadikan benteng pertahanan Kapitalis. Jika PMII ada 228 Cabang maka aka nada 228 desa yang terberdayakan di Negara ini, jika 1 Cabang memiliki 2 desa binaan, sudah dikatakan PMII sangat berperan penting di Masyarakat dan menjadi satu-satunya penyebab Indonesia maju.

Tri Dharma kaderisasi diatas sebagai bentuk peran kader PMII saat ini. Selain menyuarakan aspirasi PMII juga harus terjun perkuat kualitas kader serta perkuat masyarakat dengan pemberdayaan desa binaan. Semoga gagasan ini bermanfaat. Wallahul mowaffiq. (*)

Kontributor : Paidi W.


Share this post
:
Comments
0 Comments

Post a Comment

 
Konten boleh dicopy dan disebarkan untuk dakwah | Cantumkan www.muslimedianews.com
Copyright © 2013-2014. Muslimedia News - Media Islam | Voice of Muslim - All Rights Reserved
RSS | Sitemap | MMN dan Redaksi | Disclaimer | Contact | Iklan
Support IT : MK | JT | MT and IT Muslimedia News