Top News :
Home » » Wasiat Ulama Salaf Agar Membaca Al-Qur'an Dikuburnya

Wasiat Ulama Salaf Agar Membaca Al-Qur'an Dikuburnya

Posted on Monday, 16 November 2015 | garis 16:30

Muslimedianews.com ~ Membaca al-Qur'an dibilang haram, bid'ah sesat?, tetapi nekat dan tanpa malu mengaku sebagai pengikut salafush shaleh??.

Orang-orang seperti biasanya dari orang yang kurang mengerti agama dari orang Wahhabi atau orang-orang awam yang terjebak pemikiran Wahhabi.

Bila anda masih memiliki pola pikir seperti diatas, itu artinya tidak ada kemajuan didalam anda ber-Islam. Sebab, ulama salaf atau salafush shaleh (generasi terbaik umat Islam ini) bukan hanya membolehkan dan menganjurkan membaca al-Qur'an dikuburan, bahkan mereka sendiri berwasiat agar dibacakan al-Qur'an dikuburnya. Tentu saja, mereka tidak akan berwasiat dalam hal ma'siat. Artinya mereka berwasiat demikian, karena mereka mengerti bahwa amaliyah tersebut merupakan amaliyah yang legal didalam hukum Islam.

Terkait dengan wasiat ini, Imam Muhammad bin Abu Bakr bin Ayyub bin Sa’ad Syamsuddin Ibnu Qayyim al-Jauziyah [w. 751 H], yang biasa dikenal dengan Ibnul Qayyim Al-Jauziyah didalam kitabnya, Ar-Ruh fil Kalami ‘alaa Arwahil Amwat wal Ahya’ bid-Dalaili minal Kitab was Sunnah menyebutkan sebagai berikut:

وَقد ذكر عَن جمَاعَة من السّلف أَنهم أوصوا أَن يقْرَأ عِنْد قُبُورهم وَقت الدّفن قَالَ عبد الْحق يرْوى أَن عبد الله بن عمر أَمر أَن يقْرَأ عِنْد قَبره سُورَة الْبَقَرَة وَمِمَّنْ رأى ذَلِك الْمُعَلَّى بن عبد الرَّحْمَن وَكَانَ الامام أَحْمد يُنكر ذَلِك أَولا حَيْثُ لم يبلغهُ فِيهِ أثر ثمَّ رَجَعَ عَن ذَلِك
"Sungguh telah disebutkan dari sekelompok salafush shalih bahwa mereka berwasiat agar dibacakan al-Qur’an disisi qubur mereka waktu dimakamkan, Abdul Haq berkata : telah diriwayatkan bahwa Abdullah bin ‘Umar (bin Khaththab) memerintahkan agar dibacakan surah al-Baqarah disisi quburnya (haditsnya Hasan) dan diantara yang meriwayatkan demikian adalah al-Mu’alla bin Abdurrahman, sedangkan awalnya Imam Ahmad mengingkari yang demikian karena atsar tentang hal itu tidak sampai kepadanya namun kemudian Imam Ahmad ruju’ dari yang demikian (membolehkan membaca al-Qur'an dikuburan)”.


Ibnu Manshur

Share this post
:
Comments
0 Comments

Post a Comment

 
Konten boleh dicopy dan disebarkan untuk dakwah | Cantumkan www.muslimedianews.com
Copyright © 2013-2014. Muslimedia News - Media Islam | Voice of Muslim - All Rights Reserved
RSS | Sitemap | MMN dan Redaksi | Disclaimer | Contact | Iklan
Support IT : MK | JT | MT and IT Muslimedia News