Top News :
Home » » Ziarah Kubur Dalam Tinjauan Islam

Ziarah Kubur Dalam Tinjauan Islam

Posted on Tuesday, 24 November 2015 | garis 13:16

Muslimedianews.com ~ 1) Pada masa awal Islam, Rasulullah SAW memang melarang umat untuk melakukan ziarah kubur. Hal ini dimaksudkan untuk menjaga akidah umat.

2) Rasulullah SAW khawatir kalau ziarah kubur diperbolehkan, umat Islam akan percaya dan menjadi penyembah kuburan.

3) Setelah akidah umat Islam kuat, dan tidak ada kekhawatiran untuk berbuat syirik, Rasulullah membolehkan para sahabatnya berziarah kubur.

4) Rasulullah SAW bersabda, "saya pernah melarang kamu berziarah kubur. Tapi sekarang Muhammad telah diberi izin ziarah ke makam ibunya..

..maka sekarang berziarahlah! Karena perbuatan itu dapat mengingatkan kamu pada akhirat." Kata Rasulullah SAW (Sunan At Tirmidzi, 974).

5) Ziarah Kubur hukumnya boleh bagi laki-laki dan perempuan. Bagaimana dengan Hadits yang secara tegas melarang perempuan ziarah kubur?

6) Ada hadits dari Abu Hurairah bahwa sesungguhnya Rasulullah SAW melaknat wanita yang berziarah kubur (Musnad Ahmad bin Hanbal, 8095).

7) Menyikapi Hadits ini Ulama menyatakan bahwa larangan itu telah dicabut menjadi sebuah kebolehan baik bagi laki-laki dan perempuan.

8) Dalam kitab Sunan At Tirmidzi disebutkan, sebagian Ahli Ilmu mengatakan Hadits itu diucapkan sebelum Nabi SAW membolehkan ziarah kubur.

9) Jadi, setelah Rasulullah SAW membolehkannya, laki-laki dan perempuan tercakup dalam kebolehan itu. (Sunan At Tirmidzi, 976).

10) Bagaimana dengan hukum ziarah kubur ke makam para Wali?

11) Ibnu Hajar al Haitami mengatakan, "berziarah ke makam Wali adalah ibadah yg disunnahkan. Demikian pula dgn perjalanan ke makam mereka."

12) Ketika berziarah, seseorang dianjurkan untuk membaca Al Quran atau lainnya.

13) Dari Mi'qal bin Yasar, ia berkata, Rasulullah SAW bersabda, "bacalah surat Yasin pada orang-orang mati di antara kamu".

14) Maka, ziarah kubur itu memang dianjurkan dalam agama Islam bagi laki-laki ataupun perempuan, sebab di dalamnya terkandung manfaat besar.

15) Baik bagi orang yg telah mati berupa hadiah pahala bacaan Al Quran, ataupun bagi orang yg berziarah itu sendiri. Mengingatkan Akhirat.

16) sekian kultwit singkat ini, semoga bermanfaat. Allahumma Shalli Ala Sayyidina wa Maulana Muhammad.


Kultwit: Pondok Pesantren MHI @ppmhi, 17/11/2015

Share this post
:
Comments
0 Comments

Post a Comment

 
Konten boleh dicopy dan disebarkan untuk dakwah | Cantumkan www.muslimedianews.com
Copyright © 2013-2014. Muslimedia News - Media Islam | Voice of Muslim - All Rights Reserved
RSS | Sitemap | MMN dan Redaksi | Disclaimer | Contact | Iklan
Support IT : MK | JT | MT and IT Muslimedia News