Top News :
Home » , » Balap F1, Rio Haryanto Ingin Tempel Ayat Al Quran di Mobil

Balap F1, Rio Haryanto Ingin Tempel Ayat Al Quran di Mobil

Posted on Tuesday, 22 December 2015 | garis 19:29

Jakarta, Muslimedianews ~ Rio Haryanto ingin menempeli mobil Formula 1 (F1) yang nanti ditungganinya dengan ayat-ayat Al Quran. Kebiasaan itu sudah sudah dilakukan Rio sejak masih menjadi rider di Grand Prix (GP) 2. Bukan sebagai jimat, menurut pemuda 22 tahun tersebut. Stiker ayat Al Quran dipasang agar selalu mengingat Allah. Seperti biasanya, stiker itu dipasang Rio di tempat-tempat strategis.

"Insya Allah kebiasaan (menempel ayat Al Quran) itu tak akan hilang. Saya pastinya bakal menempel ayat-ayat Alquran di mobil. Ini membuat saya lebih tenang dan bisa lebih dekat dengan Allah, bukan sebagai jimat," ungkap Rio.

Ambisi Rio berkompetisi di ajang F1 selangkah lagi menjadi kenyataan. Kini, dia sudah menandatangani kontrak bersama Manor Marussia. Pembalap yang musim lalu membela Campos Racing di GP2 tersebut tinggal menunggu hadir verifikasi dari FIA. Setidaknya, hasil verifikasi bisa diketahui dua pekan berikutnya.

Sementara itu, Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) ingin waktu pembayaran dana sponsor Rio Haryanto kepada tim Manor diundur. Alasannya, pemerintah masih mencari skema pendanaan. "Kemenpora sedang meminta agar ada keleluasaan untuk pengunduran pembayaran. Karena ini akhir tahun dan tentu semuanya sedang menyiapkan laporan (anggaran)," kata Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi usai pertemuan dengan pihak Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) di Jakarta, Jumat (18/12/2015).

Rio harus membawa dana sponsor senilai 15 juta euro atau setara Rp 227,1 miliar, untuk memastikan menjadi pebalap F1 bersama Manor. Dari sponsor utama, Pertamina, Rio telah mendapatkan suntikan dana 5 juta euro. Kemudian sisa pembayaran dijamin oleh Kemenpora melalui surat garansi.

Menpora menyatakan, dana itu bukan berasal dari kantong mereka sendiri, namun dari beberapa pihak. "Kita tak bisa berdiri sendiri, harus ada banyak bantuan dari pihak BUMN atau swasta. Pemerintah bertindak sebagai fasilitator. Hari ini kita sedang mencari cara agar semuanya dapat terencana, terukur dan terlaksana tepat waktu. Apalagi ini masalah uang besar, jadi harus hati-hati," kata Imam.

Belum ada kejelasan tenggat waktu dari Manor, namun sesi pramusim Formula 1 akan dimulai pada Januari 2016. Sehingga Rio harus menyediakan dana sebelum sesi itu dimulai. Mencari tambahan dana untuk menutup kekurangan dana bukan perkara mudah. Pasalnya, tak semua BUMN memiliki dana untuk berpartisipasi dalam pendanaan Rio.

Rio bukan satu-satunya yang mengincar satu kursi pebalap di tim Manor. Rio harus bersaing dengan sejumlah pebalap seperti Alexander Rossi, Will Stevens, Fabio Leimer, Pascal Wehrling, dan Jordan King.(far/joss.today)


Share this post
:
Comments
0 Comments

Post a Comment

 
Konten boleh dicopy dan disebarkan untuk dakwah | Cantumkan www.muslimedianews.com
Copyright © 2013-2014. Muslimedia News - Media Islam | Voice of Muslim - All Rights Reserved
RSS | Sitemap | MMN dan Redaksi | Disclaimer | Contact | Iklan
Support IT : MK | JT | MT and IT Muslimedia News