Top News :
Home » , , » Thala'al Badru 'Alaina Menggema Sambut Kedatangan Pengungsi Suriah di Kanada

Thala'al Badru 'Alaina Menggema Sambut Kedatangan Pengungsi Suriah di Kanada

Posted on Tuesday, 15 December 2015 | garis 17:20


Toronto, Muslimedianews ~ Sambutan luar biasa ditunjukan Kanada saat menyambut kedatangan para pengungsi Suriah. Pesawat pertama yang membawa para pengungsi itu mendarat di Toronto, Kanada, pada Jumat, (11/12/2015). Perdana Menteri Kanda Justin Trudeau secara pribadi berkesempatan hadir di bandara guna menyambut 163 pendatang baru itu yang terbang dari Beirut, Lebanon, dan langsung membantu mendistribusikan mantel musim dingin yang hangat.

Tak mau kalah dengan Perdana Menterinya, anak-anak Kanada pun ikut menyambut gembira pengungsi Suriah. Pada Sabtu (12/12/2015), paduan suara anak-anak Kanada dari berbagai latar belakang suku dan ras mengumandangkan qashidah shalawat Thala’al Badru ‘Alaina yang khusus dinyanyikan untuk menyambut kedatangan para pengungsi Suriah di negaranya.

Qashidah shalawat Thala’al Badru ‘Alaina sendiri merupakan salah satu qashidah tertua dalam Islam. Dahulu, qashidah ini dilantunkan oleh para sahabat Anshar dengan diiringi tabuhan rebana guna menyambut kedatangan Rasulullah dan sahabatnya saat peristiwa Hijrah dari Makkah ke Madinah. Bisa dikatakan, Thala’al Badru ‘Alaina yang di dalamnya mengandung pesan sambutan dan harapan adalah sebagai tonggak sejarah kemunculan dan berkembangnya qashidah atau hadrah hingga saat ini.

Melihat sambutan anak-anak Kanada dengan lantunan qashidah shalawat yang diunggah di Youtube itu, banyak para netizen media sosial menanggapi positif, senang, dan kagum. Bahkan beberapa diantara mereka tak kuasa menahan haru hingga menangis meneteskan air mata.

Akun Med Zeghmen mengaku takjub dan menyatakan itu sebagai hal terbaik yang pernah ia lihat di Youtube. Ia pun berterimakasih kepada Kanada.

“Ini hal terbaik yang pernah saya lihat di YouTube hari ini. Melihat sebuah negara, pemerintah, dan anak-anak yang dari berbagai negara digabungkan. Lagu klasik Islam untuk ucapan sambutan sungguh sangat menakjubkan. Terimakasih Kanada, berikan pelajaran bagi tetangga anda!”, tulis akun sosial media Youtube Med Zeghmen, Ahad (13/12/2015).

Senada dengan Med Zeghmen, salah seorang pengguna yang berasal dari Arab dengan akun DrSaraLove menyatakan rasa terimaksihnya kepada Kanada. Ia pun menangis melihat video sambutan anak-anak Kanada itu.

“Saya adalah orang Arab, video ini membuat saya menangis. Saya belum pernah menangis seperti ini dalam waktu yang lama. Terima kasih Kanada. Warga yang baik. Aku benci pemerintah Arab kami bahkan lebih dari itu sekarang”, ungkap DrSaraLove, Ahad (13/12/2015).

Sambutan hangat Kanada, yang jaraknya ribuan mil dari Suriah ini, seakan menusuk negara-negara Arab tetangganya yang justru lebih asyik dalam perdebatan mengenai penampungan imigran yang mencari suaka tanpa tindakan nyata. Tidak heran, para pengungsi Suriah lebih menjatuhkan pilihannya ke negara-negara Eropa dan Amerika ketimbang negara Timur Tengah yang bergelimangan kekayaan dan kemakmuran seperti Arab Saudi dan Qatar. Kanada telah membuktikan, tanpa basa-basi menyambut kedatangan imigran dari Suriah.

“Negara ini menunjukan kepada dunia bagaimana untuk membuka hati kita,” Trudeau dengan bangga mengatakan seperti dikutip BBC, Jumat (11/12/2015) ketika menyambut 163 pengungsi tersebut.

Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau Bersama Anak Pengungsi Suriah
Justin Trudeau yang terpilih sebagai Perdana Menteri Kanada bulan lalu itu telah berkomitmen bahwa pemerintahan Liberal yang dipimpinnya akan menyambut 25.000 imigran lagi sampai bulan Februari 2016. Menteri Imigrasi Kanada John McCallum menyatakan tidak ada perdebatan untuk menampung para imigran ini. Seluruh 10 provinsi Kanada secara bulat setuju untuk menerima kedatangan imigran yang negara asalnya ini dikoyak oleh perang saudara berkepanjangan.

“Ini adalah saat yang membanggakan bagi Kanada, ini menunjukan bagaimana jiwa warga Kanada. Ini adalah kebanggaan nasional.“

McCallum mengatakan bahwa sekitar 800 pengungsi yang akan datang telah menjalani pemeriksaan latar belakang mendalam di Lebanon dan Yordania sebelum diterbangkan ke Kanada.

Lihat cuplikan video paduan suara anak-anak Kanada yang melantunkan qashidah shalawat Thala’al Badru ‘Alaina dalam menyambut tetangga barunya para pengungsi Suriah di website Ngaji Yuk!.



Share this post
:
Comments
0 Comments

Post a Comment

 
Konten boleh dicopy dan disebarkan untuk dakwah | Cantumkan www.muslimedianews.com
Copyright © 2013-2014. Muslimedia News - Media Islam | Voice of Muslim - All Rights Reserved
RSS | Sitemap | MMN dan Redaksi | Disclaimer | Contact | Iklan
Support IT : MK | JT | MT and IT Muslimedia News