Top News :
Home » » UIN Sunan Kalijaga Bantah Mahasiswanya Ikut Perayaan Natal di Gereja

UIN Sunan Kalijaga Bantah Mahasiswanya Ikut Perayaan Natal di Gereja

Posted on Monday, 28 December 2015 | garis 19:20


Yogyakarta, Muslimedianews ~ Terkait pemberitaan sebuah media (http://m.merdeka.com/peristiwa/14-mahasiswa-uin-yogya-ikut-ibadah-malam-natal-di-gereja-di-solo.html ) kami perlu menyampaikan klarifikasi sebagai berikut:

1. Pemberitaan media tersebut sangat tendensius dan cenderung sensasional bahkan dapat mengarah pada adu domba serta memecah belah umat.

2. Pemberitaan tersebut hanyalah sebagian dari fakta dan kronologi yang ada secara keseluruhan.

3. Mereka yang menyaksikan (tidak mengikuti) prosesi Natal adalah para mahasiswa/i prodi S2 Agama dan Filsafat Fakultas Ushuluddin, konsentrasi Studi Agama dan Resolusi Konflik pada mata kuliah Studi al- Qur'an dan Perbandingan Kitab Suci agama-agama. Mereka sedang melakukan observasi lapangan tentang prosesi Natal sebagai bagian dari proses akademis-ilmiah. Mereka juga melakukan kegiatan demikian pada prosesi Waisak, Nyepi dan Imlek.

4. Dr. Wahyu Nugroho, Pendeta di gereja tersebut adalah dosen Luar Biasa dalam team teaching mata kuliah diatas . Berita yang menyebutkan bahwa beliau alumni UIN Sunan Kalijga yang berpindah agama dan menjadi pendeta adalah TIDAK BENAR . Beliau adalah dosen tetap di Fakultas Teologi Universitas Kristen Duta Wacana (UKDW) Yogyakarta, dalam bidang Islamologi dan Dialog Agama-Agama. Beliau lulusan dari Rostock University Jerman tahun 2014 pada Konsentrasi Religious Studies, khususnya pada Kajian Tasawuf Islam.

5. Perlu kami sampaikan bahwa sebagai lembaga kajian akademik, UIN Sunan Kalijaga menjunjung tinggi objektifitas pengetahuan dari sumbernya. Oleh sebab itu, pada Prodi Perbandingan Agama, para dosen yang mengajar agama Kristen, Katolik, Budha, Hindu dan yang lainya berasal dari masing-masing agama tersebut.

6. www.merdeka.com pada tanggal 25 Desember 2015 telah memberitakan bantahan dari para mahasiswa/i tersebut bahwa mereka mengikuti ibadah Natal.

Kami mengharapkan agar para pihak waspada dengan pemberitaan sensasional semacam itu dan arif menyikapi dengan melakukan check and recheck kebenaran berita tersebut serta tidak memberikan komentar yang dapat menimbulkan keresahan masyarakat.

Demikian klarifikasi ini disampaikan agar dapat meredakan kesalahpahaman dikalangan umat Islam dan ketegangan antar umat beragama di Indonesia. Mari kita bersama-sama saling menghormati dan saling memahami perbedaan secara bijak dan damai dalam semangat kebangsaan Bhineka Tunggal Ika. Mohon kiranya semua pihak dapat membantu menyebarkan klarifikasi ini. Terima kasih atas kerjasamanya.

TTD

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama UIN Sunan Kalijaga Yogykata.

Sumber: Website UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Share this post
:
Comments
0 Comments

Post a Comment

 
Konten boleh dicopy dan disebarkan untuk dakwah | Cantumkan www.muslimedianews.com
Copyright © 2013-2014. Muslimedia News - Media Islam | Voice of Muslim - All Rights Reserved
RSS | Sitemap | MMN dan Redaksi | Disclaimer | Contact | Iklan
Support IT : MK | JT | MT and IT Muslimedia News