Top News :
Home » , » Hadiri Seminar Internasional di PP Sidogiri, Kiai Said Menghadap Laiknya Santri

Hadiri Seminar Internasional di PP Sidogiri, Kiai Said Menghadap Laiknya Santri

Posted on Monday, 25 January 2016 | garis 05:29

Muslimedianews.com ~
Kalau kita saksikan foto-foto dalam seminar internasional di PP Sidogiri bertajuk "Solusi Dinamika Islam Kekinian di Indonesia dan Dunia" yang dihadiri oleh al-Habib Abubakar al-Adniy Yaman, Kiai Said Aqil Siradj, Buya Yahya, dll. memberikan gambaran yang kurang lebih menyatakan ketawadhu'an Kiai Said sebagai ketua jam'iyah Islam terbesar di dunia yang terbukti mampu membawa kerahmatan lil 'alaminan Indonesia meski dalam banyak keragaman dan perbedaan. Perhatikan beberapa posisi duduk Kiai Said, beliau berkenan duduk ndepipis di pojokan. Beliau duduk ala santri di hadapan Kiai Nawawi Pengasuh Pesantren Sidogiri tempat berlangsungnya acara tersebut.

Dari rangkaian seminar dapat disimpulkan bahwa kehadiran Kiai Said adalah lebih untuk menjalin silaturrahim kepada Kiai Nawawi. Sementara kebersamaan dalam acara tersebut memberikan penjelasan bahwa tidak ada perbedaan prinsipil antara Kiai Said dan tokoh-tokoh ulama senior maupun ulama muda Ahlussunnah wal Jama'ah an-Nahdliyah. Semoga menjadi berkah bagi Islam Nusantara menuju Indonesia mercusuar Dunia. Aamiin.

Cak Usma, selaku Ketua PPM Aswaja, menulsikan bahwa Kiai Said saat menghadap ke Kiai Nawawi menuturkan dengan sopan, "Saya ke Sidogiri niat silaturrahim ke Njenengan, Kiai. Kalau seminar nomer sekian. Karena ada Habib Abubakar al-Adni, mumpung beliau safari dakwah ke Indonesia."

Acara ini juga wujud kecintaan ulama dan habaib Pasuruan terhadap NU. Maksudnya, termasuk mengundang Kiai Said untuk tabayyun terhadap kabar-kabar negatif terhadap beliau. Ini termasuk usulan Habib Taufiq bin Abdul Qadir Assegaf, bahwa kalau itu benar ya kita ingatkan beliau, jangan sampai NU keluar dari khittahnya. Kalau kabar itu tidak benar, berarti selama ni adalah fitnah terhadap beliau.

Dan sebelumnya Kiai Nawawi sudah tabayyun ke Kiai Said langsung. Bahkan Kiai Nawawi sampai menasehati Kiai Said untuk sabar memimpin NU. Selama ini komunikasi Kiai Nawawi dengan Kiai Said cukup sering. Saat Kiai Nawawi ke Jakarta kadang mampir ke Kantor PBNU, dan terkadang Kiai Said yang merapat ke tempat Kiai Nawawi di Jakarta. Bahwa ada alumni-alumni Sdogiri yang tidak sependapat dengan Kiai Said memang benar, tapi beliau menyarankan dalam batas-batas kesopanan. Bagaimanapun manusia pasti punya salah, dan Kiai Said itu ulama, pemimpin NU, jadi harus menghormati beliau sebagai ulama dan sebagai pemimpin NU. (Dimoderasi dari tulisan Ust. Abdu L Wahab).

Share this post
:
Comments
0 Comments

Post a Comment

 
Konten boleh dicopy dan disebarkan untuk dakwah | Cantumkan www.muslimedianews.com
Copyright © 2013-2014. Muslimedia News - Media Islam | Voice of Muslim - All Rights Reserved
RSS | Sitemap | MMN dan Redaksi | Disclaimer | Contact | Iklan
Support IT : MK | JT | MT and IT Muslimedia News