Top News :
Home » , » Haul Gus Dur Ke-6 di Tegal Hasilkan Deklarasi Silaturrahim Nasional

Haul Gus Dur Ke-6 di Tegal Hasilkan Deklarasi Silaturrahim Nasional

Posted on Wednesday, 20 January 2016 | garis 11:30


Muslimedianews.com ~ Haul Gus Dur ke-6 pada Selasa malam Rabu (19/01) di Gedung KORPRI Jl. Dr. Soetomo No. 2 Slawi Tegal terbilang unik. Uniknya karena di haul tersebut seluruh elemen bangsa berkumpul jadi satu dalam satu gedung. Sesuai dengan tema yang diangkat yaitu "Kita Semua Bersaudara", merupakan ajang Silaturrahim Nusantara yang diprakarsai oleh PCNU dan Gusdurian Tegal dengan semua elemen masyarakat baik sipil, TNI, Polri dan tokoh-tokoh lintas agama. Hadir sebagai acara inti Mbak Alissa Wahid (putri Gus Dur), Romo Fran Magnis Suseno, dan Maulana Habib Luthfi bin Yahya.

Dalam sambutannya Bupati Tegal, Ki Enthus Susmono, dengan antusias mengatakan, "Gedung KORPRI pada malam hari ini adalah miniatur Indonesia Raya." Ki Enthus  menekankan arti diktum Nabi Saw., "Khairunnas anfa'uhum linnas", menggunakan kata plural "an-nas" bukan saja untuk umat Islam tapi seluruh manusia. Sehingga maknanya selaras dengan cita-cita Gus Dur, "Berbuat manfaat kepada siapapun tanpa membeda-bedakan latarbelakang agamanya. Dan Gus Dur bukan hanya tokoh pluralis tapi juga humanis, seseorang yang memanusiakan manusia seutuhnya." Tutur Bapak Bupati.

Romo Magnis dalam menceritakan kedekatannya dengan Gus Dur, mengungkapkan, "Gus Dur adalah orang yang paling berarti dalam hidup saya. Diantara tokoh-tokoh yang pernah kenal dan dekat dengan saya maka Gus Dur adalah yang nomer satu."

Setelah itu dibacakan dan penandatanganan Deklarasi Silaturrahim Nusantara antar para tokoh lintas agama, yang kemudian giliran Mbak Alissa Wahid naik ke atas panggung untuk mengisi acara. Berikut adalah isi dari deklarasi tersebut:

DEKLARASI "SILATURRAHMI NUSANTARA" KABUPATEN TEGAL

1. Kami umat beragama dan kepercayaan di Kabupaten Tegal sadar bahwa hak beragama dan kepercayaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa adalah hak mendasar pemberian Tuhan Yang Maha Esa, sehingga wajib dihormati oleh semua elemen Bangsa Indonesia dan difasilitasi oleh penyelenggara negara.

2. Kami umat beragama dan kepercayaan di Kabupaten Tegal sepakat bekerjasama demi kemajuan Bangsa dan Negara Indonesia atas dasar prinsip persatuan, kebersamaan, hormat-menghormati, saling mengasihi dan menjaga kerukunan selaras dengan semboyan Bhineka Tunggal Ika.

3. Kami umat beragama dan kepercayaan di Kabupaten Tegal sepakat membantu pemerintah dalam mewujudkan nilai-nilai Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945 dan menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Slawi,19 januari 2016
Perwakilan agama dan kepercayaan:
* Islam: KH. Hambali Usman
* Katolik: Romo Matheus Yatno Yuwono, MSC
* Kristen: Pdt. Sugeng Pribadi S.Th, M.Min, th
* Budha: Khemawati Sunarni, S.Ag
* Hindu: Ida Bagus Nyoman Laksana, SH
* Konghucu: Paulus Tanujaya, SE
* Kepercayaan Terhadap Tuhan Yang Maha Esa: KRT. Rosa Mulya Aji ST.

(Sya'roni As-Samfuriy)

Share this post
:
Comments
0 Comments

Post a Comment

 
Konten boleh dicopy dan disebarkan untuk dakwah | Cantumkan www.muslimedianews.com
Copyright © 2013-2014. Muslimedia News - Media Islam | Voice of Muslim - All Rights Reserved
RSS | Sitemap | MMN dan Redaksi | Disclaimer | Contact | Iklan
Support IT : MK | JT | MT and IT Muslimedia News