Top News :
Home » » Kiai Said Aqil Siradj, Buya Yahya dan Habib Abubakar Al Adniy Bahas Solusi Dinamika Islam Kekinian

Kiai Said Aqil Siradj, Buya Yahya dan Habib Abubakar Al Adniy Bahas Solusi Dinamika Islam Kekinian

Posted on Sunday, 24 January 2016 | garis 16:55


Pasuruan, Muslimedianews ~ Pondok Pesantren Sidogiri, Pasuruan, Jawa Timur, pada Ahad (24/01/2016) pukul 12.00 WIB, menggelar seminar yang bertajuk "Solusi Dinamika Islam Kekinian di Indonesia dan Dunia". Menghadirkan para pembicara dari dalam dan luar negeri, diantaranya Ketua Umum PBNU Prof. Dr. KH. Said Aqil Siradj, Ulama Ahlussunnah Yaman al-Habib Abubakar al-Adniy bin Ali al-Masyhur dan Pengasuh LPD Al Bahjah Cirebon KH. Yahya Zainul Ma'arif yang akrab disapa Buya Yahya.

Ulama asal Hadhramaut Yaman, Habib Abubakar al-Adniy, menyampaikan bahwa perbedaan pendapat itu ada dua. Perbedaan pendapat karena ilmu dan perbedaan pendapat karena fitnah. Perbedaan pendapat karena ilmu itu sudah ada sejak zaman dahulu, karena hal itu sudah merupakan sunnatullah, dan ini memang tidak bisa disatukan. Namun perbedaan pendapat karena fitnah itu yang masih bisa disatukan bila semua fitnah itu bisa dihilangkan.

Penyebab terjadinya pertikaian saat ini dikarenakan bergesernya nilai-nilai fiqh dakwah yang hanya terkungkung pada permasalahan furu'iyyah (cabang-cabang). Padahal fiqh dakwah itu harus dilandasi dengan kebenaran yang menyatukan, yakni kebenaran dari Rasulullah Saw.

Rukun dalam Islam itu ada 4, bukan hanya 3, yakni Iman, Islam, Ihsan, dan mengetahui tanda-tanda akhir zaman. Nabi Muhammad Saw sudah mengetahui bahwa di akhir zaman akan terjadi perpecahan di antara umat Islam, dan Nabi Muhammad Saw sudah mengajarkan bagaimana kita harus menghadapi tanda-tanda akhir zaman.

Tanda-tanda akhir zaman itu ada 3, yakni tanda yang besar, tanda yang sedang, dan tanda yang kecil. Semua itu sudah dijelaskan dalam hadits-hadits Nabi Muhammad Saw. Nabi Saw menjelaskan: "Aku tidak khawatir terhadap fitnah-fitnah Dajjal di akhir zaman, karena aku yakin jika kamu benar-benar beriman niscaya kamu tidak akan terpengaruh dan tersesat olehnya. Tetapi aku lebih mengkhawatirkan para dai dan pemuka agama yang memecah-belah dan menyebarkan kesesatan."




Share this post
:
Comments
0 Comments

Post a Comment

 
Konten boleh dicopy dan disebarkan untuk dakwah | Cantumkan www.muslimedianews.com
Copyright © 2013-2014. Muslimedia News - Media Islam | Voice of Muslim - All Rights Reserved
RSS | Sitemap | MMN dan Redaksi | Disclaimer | Contact | Iklan
Support IT : MK | JT | MT and IT Muslimedia News