Top News :
Home » , » Ini Beda MMN dan NUGL Menurut Ust. Muhammad Idrus Ramli

Ini Beda MMN dan NUGL Menurut Ust. Muhammad Idrus Ramli

Posted on Thursday, 25 February 2016 | garis 23:57

Muslimedianews.com ~ Berikut ini merupakan jawaban yang diberikan oleh Ust. Muhammad Idrus Ramli (MIR) terkait dengan pertanyaan yang menyinggung nama media Islam Aswaja MuslimediaNews (MMN).

Dalam suatu kesempatan, Ust. MIR ditanya mengenai media-media terkait dengan NU, diantara MMN, Moslemoderat dan NUGL. Dalam jawabannya, setidaknya ada dua point utama yang dikemukakan oleh  Ust. MIR, yaitu :

Pertama, NUGL dikelola oleh alumni pesantren, dan MMN dikelola oleh anak-anak NU dan bukan alumni pesantren. Kedua, MMN berusaha menjaga kewibawaan struktural NU, sedangkan NUGL, berusaha menjaga kemurnian ideologi NU Ahlussunnah wal Jama'ah.

Tulisan Ust. MIR lengkapnya sebagai berikut:
Kemarin saya (MIR) mengisi acara Forum Silaturrahmi Warga Nahdliyyin (FOSWAN) di Bekasi. Ada pertanyaan menarik: Menurut Kiai, polemik antara media online NU GL vs MMN dan MM, apakah keduanya memang orang NU atau bukan?

Saya (MIR) jawab: Sekarang ini ada dua arus media kultural NU, pertama MMN dan MM. Ini di kelola oleh anak-anak NU yang bukan alumni pesantren. Kalau melihat sebagian adminnya. Kedua, NU GL, yang dikelola oleh anak-anak alumni pesantren. Bedanya, kalau MMN dan MM berusaha menjaga kewibawaan struktural NU. Sedangkan NU GL, berusaha menjaga kemurnian ideologi NU yang berhaluan Ahlussunnah Waljamaah.
Tentunya, jawaban Ust. MIR ini menjadi angin segar bagi kalangan "NUGL". Sebenarnya rekan-rekan di MMN ada yang berpendapat agar tidak ditanggapi. Dan sebagaimana dikatakan oleh salah seorang rekan di MMN bahwa jawaban Ust. MIR adalah jawaban yang sembrono.

Tulisan ini pun hanya sekedar mengabarkan bahwa apa yang ditulis oleh Ust. Idrus Ramli tersebut sebenarnya sudah didiskusikan di MMN sebelum diposting oleh pengelola situs NUGL. Meskipun demikian, Ust. MIR memang agak sembrono dalam jawabannya tersebut. Ini adalah screenshotnya :

Tulisan Ust. MIR, via WA

Apapun persepsi Ust. MIR terhadap MMN, posisi MMN tetap menaruh hormat dan ta'dhim kepada beliau sebagai pejuang Aswaja (Ahlussunnah wal Jama'ah) al-Nahdliyyah. Bagaimana pun Ust. MIR termasuk yang "diperjuangkan" oleh rekan-rekan MMN, bahkan jauh sebelum adanya MMN.

Beda MMN dan NUGL
Pertama, MMN tidak menggunakan nama NU, sedangkan NUGL menggunakan nama "NU" yang ditambahkan dengan "Garis Lurus". Dan perlu diketahui bahwa NU yang asli adalah NU (atau Jam'iyyah Nahdlatul Ulama), bukan NUGL.
Kedua, MMN adalah media Islam sebagaimana media-media Islam lainnya namun membawa ruh Aswaja al-nahdliyyah ditengah maraknya media-media Wahhabi. Sedangkan NUGL adalah situsnya orang-orang yang merasa sebagai orang NU yang paling benar.

Ketiga
, semangat MMN adalah semangat ikut memperkuat dan menjaga "organisasi keagamaan Ahlussunnah wal Jama'ah" secara keseluruhan dengan mengedepankan sikap moderat (tawasuth), sedangkan NUGL, wallahu a'lam.

Ibnu L' Rabassa


Share this post
:
Comments
0 Comments

Post a Comment

 
Konten boleh dicopy dan disebarkan untuk dakwah | Cantumkan www.muslimedianews.com
Copyright © 2013-2014. Muslimedia News - Media Islam | Voice of Muslim - All Rights Reserved
RSS | Sitemap | MMN dan Redaksi | Disclaimer | Contact | Iklan
Support IT : MK | JT | MT and IT Muslimedia News