Top News :
Home » » Ini Pesan KH. Fuad Affandi Atas Pendirian Griya Gus Dur

Ini Pesan KH. Fuad Affandi Atas Pendirian Griya Gus Dur

Posted on Sunday, 7 February 2016 | garis 20:26

Bandung, Muslimedianews ~ Pendirian Griya Gus Dur yang berlangsung hari ini di Jakarta mendapat respon khusus dari Ulama terkemuka, K.H Fuad Affandi, Pengasuh Pondok Pesantren Al-Ittifaq Rancabali Kabupaten Bandung. Mang Haji, demikian panggilan akrab KH. Fuad Affandi, menyambut hangat inisiatif tersebut dan mengucapkan selamat kepada keluarga Alm KH. Abdurrahman Wahid. 

“Saya mendengar informasi dan membaca berita sore ini. Yang mengawali niat pendirian itu patut dihargai. Yang menyukseskan acara tersebut juga patut mendapatkan kehormatan. Insya Allah Gusti Allah meridloi karena saya membaca kabar tersebut punya semangat yang baik,” ujarnya melalui sambungan telepon kepada Katakini.com, Ahad, 24/1/2016.

Kiai yang dikenal sebagai pejuang kaum tani itu berharap agar semangat kebangsaan Alm Gus Dur benar-benar mengalir dari Griya tersebut. 

“Saya harap semangatnya. Dulu Gus Dur dalam urusan kenegaraan punya tantangan tersendiri yang berbeda dengan situasi sekarang ini. Karena itu pelajaran yang harus diambil adalah semangat dari Gus Dur. Anak-anak muda ambil semangatnya dan jangan mengekor karena persoalan sekarang dan berbeda. Jangan ambil ikannya, tapi pakai kailnya,” terangnya mewanti-wanti.

Murid Kiai NU legendaris Mbah Maksum Lasem ini memberikan masukan kepada Griya Gus Dur agar dalam mendorong kegiatan-kegiatan kebangsaan harus selalu mengacu pada semangat Islam yang bisa berbuat untuk mengatasi masalah. 

“Setiap masalah ada jalan keluar. Adanya Islam juga karena untuk menjawab persoalan hidup umat manusia. Situasi zaman Nabi Muhammad Saw dengan situasi para ulama pelanjutnya berbeda karena itu muncul perbedaan pengetahuan dan pengalamannya pun berbeda. Islam di zaman Mbah Hasyim Asyari dengan zamannya Pak Menteri Wahid Hasyim juga sudah memiliki perbedaan. Begitu juga di zaman Gus Dur. Nah, sekarang kita pun harus menggunakan akal untuk menjadikan agama ini sebagai rahmat, sebagai solusi. Jangan sampai Islam-nya NU ini hanya jadi beban negara, melainkan kita harus mampu memberikan manfaat kepada umat. Itulah Gus Dur,” jelasnya.

BERPERAN DI JABAR

KH Fuad Affandi berpesan secara khusus agar Griya Gus Dur punya fokus garapan di tanah Pasundan. Sebab menurutnya, di Jawa Barat kelompok Nahdlatul Ulama masih sebatas bergerak dalam ranah kultural ubudiyah dan ada kelemahan dalam hal pergerakan. 

“Sisi muamalah, lebih khususnya harakah NU di Jawa Barat ini masih lemah. Karena itu kalau keluarga Gus Dur tidak keberatan, harus ada fokus tersendiri untuk membantu perbaikan politik kebangsaan di Jawa Barat. Apalagi di sini warisan Islam ekstrem juga masih menjadi persoalan. Sebagai rasa takdzim kami kepada keluarga Gus Dur, saya terbuka, silahkan pondok Al-Ittifaq ini dijadikan kegiatan para Gus Dur muda. Silahkan gunakan tempat ini untuk kegiatan kebangsaan, lintas agama, lintas sektoral, lintas mazhab. Saya akan bantu semampunya,” pungkasnya.-Hasif.





Sumber: KataKini.com.


Share this post
:
Comments
0 Comments

Post a Comment

 
Konten boleh dicopy dan disebarkan untuk dakwah | Cantumkan www.muslimedianews.com
Copyright © 2013-2014. Muslimedia News - Media Islam | Voice of Muslim - All Rights Reserved
RSS | Sitemap | MMN dan Redaksi | Disclaimer | Contact | Iklan
Support IT : MK | JT | MT and IT Muslimedia News